Pengaruh Metode Demonstrasi Choking Management terhadap Pengetahuan Guru di TK

Authors

  • Ibrahim Suleman Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32583/jgd.v5i1.1120

Keywords:

choking management, metode demonstrasi, pengetahuan

Abstract

Tersedak merupakan masalah kegawatdaruratan yang memerlukan penanganan cepat dan tepat. Pada anak usia dini diantara cedera yang tidak disengaja, tersedak merupakan salah satu penyebab utama kematian. Guru TK yang sebagai tenaga pendidik anak usia dini memiliki peran disekolah untuk menjaga anak dari kesehatan dan keselamata. Olehnya diperlukannya guru TK yang memahami terkait pencegahan dan penanganan tersedak pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Metode Demonstrasi Choking Management terhadap Pengetahuan Guru di TK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan jenis desain control group pre test post test. Populasi sebanyak 42 responden dan menggunakan probability sampling dengan teknik purposive sampling sehingga sampel 40 responden yang terdiri dari 20 responden kelompok intervensi metode demonstrasi dan 20 responden kelompok kontrol leaflet. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengaruh metode demonstrasi choking management terhadap pengetahuan guru di TK se- Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh p-value 0.000.

References

Alhidayat, N. S, Dwi E. H, Alamsyah. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Bantuan Hidup Dasar Pada Kasus Choking di SMP Negeri 3 Parangloe Satap Jenemadinging Kab. Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 2 Nomor 1. Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia.

Anggeriyane, E, Suci Fitri Rahayu. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama pada Anak Tersedak (Choking) DI Madrasah Ibtidaiyah Al Firqan Muhammadiyah Cabang 3 Banjarmasin. Jurna Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Budiman, Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner: Pengethuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ernawati R, Siti Khoiroh Muflihatin, Marjan Wahyuni. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Guru Tk Aba Terhadap Tanggap Bahaya Tersedak (Choking). Journal of Community Engagement in Health. Vol 4, No.1.

Ernawati R, Siti K. M, Marjan W. (2021). Timdakan untuk mengatasi masalah tersedak perlu dilakukan saat pertama kali menemukan korban. Journal of Community Engagement in Health Vol. 4, No.1.

Mahmuda N, Risa H, Emma W. F. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Tentang Choking Management Anak Usia Toddler Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Ibu. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Mukrimah, S. S. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesi.

Musdalifah, Irmayanti A, Marwanty. (2021). Efektivitas Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tatalaksana Diare Pada Balita Di Kota Palopo. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Notoatmodjo S. (2017). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan dan keperawatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraidah, Tety Novianti (2022) Pengaruh Edukasi Penanganan Tersedak Pada Anak Usia Di Bawah Lima Tahun (BALITA) Terhadap Pengetahuan Orang Tua. Jurnal Ilmiah Wijaya. Volume 14 Nomor 2

Nurhamidah Rahman, Rikayoni, Sari Setiarini. (2017). Pengabdian Masyarakat Tentang Penanganan. Jurnal Abdimas Sainti Volume 3 Nomor 1.

Nursalam (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (5th ed.). Salemba Medika

Oktaviani, A. S. (2019) Efektivitas Pemberian Penyuluahan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Ibu Dalam Penanganan Tersedak Pada Anak Usia 2-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Ngawi. Madiun

Pro Emergency. (2018). Modul Basic Trauma & Cardiovaskular Life Support (BTCLS). PT. Emergency

Rifai A, Sugiyarto. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Simulasi Pertolongan Pertama (Management Airway) Pada Penyintas Dengan Masalah Sumbatan Jalan Napas pada Masyarakat Awam di Kec.Sawit Kab. Boyolali. (Jkg) Jurnal Keperawatan Global, 81-88.

Safitri, A. E. (2020). Konsep Pengembangan Profesi Guru TK/PAUD. Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Bogor.

Suartini E, Kusniawati. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak dengan Google Form dan Pantom pada Orang Tua di TK Taman Sukaria terhadap Kemampuan Keluarga. Medikes (Media Informasi Kesehatan),Volume 7, Nomor 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Supariasa, N. I. (2013). Pendidikan & Konsultasi Gizi. Jakarta: EGC

The American National Red Cross. (2014). First Aid/CPR/AED Participant's Manual. Staywell Health & Savety Solution.

Yoany Maria V.B.Aty, Magdalena K. D. (2021). Literatur Review: Edukasi Penanganan Tersedak pada Anak Yoany. Bima Nursing Journal. Vol.2 No.2.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Suleman, I. (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Choking Management terhadap Pengetahuan Guru di TK . Jurnal Gawat Darurat, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.32583/jgd.v5i1.1120