Pengaruh Metode Video SADARI Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v13i1.661Keywords:
keterampilan, karyawan, pengetahuan, SADARI, videoAbstract
Prevalensi kanker payudara di Indonesia tahun 2018 sebesar 42,1/100.000 penduduk. Namun program deteksi dini kanker payudara di Indonesia belum efektif, sehingga mengakibatkan terlambatnya penanganan dan mortalitas akibat kanker payudara tinggi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh metode video SADARI terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan di RSUD Cempaka Putih Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2022. Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan pendekatan pretest posttest one group desain. Jumlah sampel yaitu 59 karyawan yang didapatkan dengan teknik purvorsive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan checklist keterampilan. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon. Hasil Penelitian: Hasil penelitian pengetahuan sebelum pemberian video didapatkan nilai rerata 15,05, sedangkan sesudah pemberian video didapatkan rerata 15,75. Hasil penelitian keterampilan sebelum pemberian video didapatkan nilai rerata 13,81, sedangkan sesudah pemberian video didapatkan rerata 70,00. Hasil uji Wilcoxon didapatkan rerata pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian video mengalami kenaikan sebesar 0,70 dan rerata keterampilan sebesar 56,19 dengan P-value 0,000. Kesimpulan dan Saran: Pemberian video SADARI mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan tentang SADARI. Diharapkan media video dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan tentang SADARI.
References
Alini, & Indrawati. (2018). Efektifitas promosi kesehatan melalui audio visual dan leaflet tentang sadari (pemeriksaan payudara sendiri) terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang sadari di SMAN 1 Kampar tahun 2018. Jurnal Ners, 2(2).
American Cancer Society. Kanker Fakta & Angka 2011. (2012). Atlanta: American Cancer Society.
Ariani. (2014). Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fauziah, A. N., Maesaroh, S., & Sulistyorini, E. (2017). Penggunaan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri. Gaster, 15(2).
Herawati, N., Damris, M., & Marshal, J. (2017). Studi Perbandingan Promosi Kesehatan Antara Leaflet Dengan Video Terhadap Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dan Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara (SADARI) Pada Remaja Putri Di Jurusan Kebidanan Poltekkes Jambi Tahun 2016. . Tekno-Pedagogi, 7(2).
Imran, F. A., & Hasnah, H. (2017). Pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media video terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang dampak abortus provokatus kriminalis di kelas x SMAN 2 Gowa. Jurnal Kesehatan, 10(2).
KemenkesRI. (2015a). Infodatin: Situasi Penyakit Kanker. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
KemenkesRI. (2015b). Pedoman Teknis Pengendalian Kanker Payudara Dan Kanker Leher Rahim. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
KemenkesRI. (2018). Hasil Utama Riskesdas Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Lubis, U. L. (2017). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Dengan Perilaku SADARI. Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 81-86.
Nisman, W. A. (2011). Lima Menit Kenali Payudara Anda. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pratama, L. A. (2014). Efektifitas pendidikan kesehatan terhadap nilai pengetahuan mengenai pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada remaja putri di SMPN 3 Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten.
Rochmaedah, S. (2019). Efektivitas health education tentang sadari dengan media audio visual terhadap tingkat pengetahuan siswi MAN Seram Bagian Barat. Global Health Science, 4(1).
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ulfa, S. M., & Azrida, R. (2018). Efektivitas penyuluhan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) dengan metode ceramah dan video terhadap tingkat pengetahuan tentang deteksi dini kanker payudara pada remaja putri di SMA Muhammadiyah 01 Medan tahun 2016. Jurnal Ibnu Sina Biomedika, 2(2).
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.