Keefektifan dan Kepuasan Video Ajar sebagai Metode Alternatif Pembelajaran di Era Pandemi
Keywords:
era pandemi, skill lab, video ajarAbstract
Kompetensi seorang dokter adalah dapat melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik pasien dengan baik. Salah satu metoda ajar pada proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran adalah skill laboratory. Namun karena masa pandemi, maka dilakukan inovasi dalam proses pembelajaran yaitu dengan metoda video ajar.Mengetahui keefektifan dan kepuasan metoda skill laboratory dengan video ajar. Rancangan penelitian potong lintang dengan pendekatan deskriptif dan data sekunder. Penelitian dilaksanakan selama bulan Mei hingga Juni tahun 2022 yang bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia. Kuesioner telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas dengan uji korelasi dan Cronhbach’s Alpha. Data survey selanjutnya dilakukan pengolahan dan tabulasi. Analisis perbandingan nilai OSCE antara skill lab dengan video ajar dan tanpa video ajar menggunakan uji Mann-Whitney. Diperoleh bahwa pendapat mahasiswa terhadap kegiatan skill lab dengan metoda video ajar di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan mayoritas merespon dengan sangat setuju yaitu 40,83%, setuju 56,15%, tidak setuju 2,68% dan sangat tidak setuju 0,34%. Nilai OSCE pada grup skill lab menggunakan video ajar memiliki rerata 76,84, sedangkan rerata grup skill lab tanpa video ajar yaitu 92,50. Uji probabilitas didapatkan nilai p= 0,000 (p <0,05). Pelaksanaan skill lab; dengan metoda video ajar secara daring sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif serta antusias penuh oleh para mahasiswa.
References
Febri Endra Budi Setyawan, Komunikasi Medis: Hubungan Dokter-Pasien Medical Communications: Doctor-Patient Relations; Bagian Ilmu Kedokteran Keluarga,Industri dan Keislaman, Fakultas Kedokteran,Universitas Muhammadiyah, Malang.
Febriantoro, J. (2020). Relasi, Interaksi dan Komunikasi Interpersonal Dokter-Pasien dalam Pelayanan Kesehatan. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 1(1), 8-14.
https://www.pixel.web.id › Tips Fotografi, akses 1 Juni 2022,pk.10.06 WIB
Lisa, U. F., Yulizawati, Y., & Safaringga, M. (2021). Effect of Implementation of Blended Learning Method on Student Learning Outcomes At Block 5a. Professional Ethics and Health Law in Undergraduate Midwifery Program, Faculty of Medicine Andalas University. Journal of Midwifery, 6(1), 66-73.
Riyadi, M. H., Widyanti, R., & Anhar, D. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dokter-Pasien dan Kualitas Pelayananterhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Rsud Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 55-71.
Setyawan, F. E. B. (2017). Komunikasi Medis: Hubungan Dokter-Pasien. MAGNA MEDIKA: Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 1(4), 51-57.
Standarisasi Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012.
Suparti, S. (2022). The Correlation of Motivation on Blended Learning Towards Knowledge and Learning Satisfaction among Nursing Students. JKKI: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia.
Veratiwi , Nanan Sekarwana dan Ike Rostikawati Husen, The Effect of Blended Learning Toward Memory Retention- Rates of Neonatal Resuscitation Skills and Student’s Perception, Volume 8 No. 2 July 2019, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia - The Indonesian Journal of Medical Education.
Wardana, I. N. G. (2021). Effectiveness Of Blended Learning In Human Anatomy Courses. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 209-219.
Widiyanto, A., Murti, B., & Soemanto, R. B. (2018). Multilevel analysis on the Socio-Cultural, lifestyle factors, and school environment on the risk of overweight in adolescents, Karanganyar district, central Java. Journal of Epidemiology and Public Health, 3(1), 94-104.
Widiyanto, A. (2017). Hubungan Kepatuhan Minum Obat dengan Kesembuhan Pasien Tuberkulosis Paru BTA Positif di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 7-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.