Perilaku Caring Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien yang Menjalani Hemodialisis pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
caring, covid-19, hemodialisis, tingkat kepuasanAbstract
Perawat sebagai tenaga medis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat dituntut untuk selalu menjaga mutu pelayanan, karena mutu pelayanan keperawatan merupakan indikator kualitas pelayanan kesehatan. Pada masa pandemi Covid-19 pelayanan keperawatan tetap harus dijalankan secara profesional dengan mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan. Sikap caring perawat sebelum pandemik maupun saat masa pandemik covid-19 tentunya harus memberikan nilai kepuasan bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien yang menjalani hemodialisis pada masa pandemik covid-19 di RS Islam Metro tahun 2021. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani hemodialisa di RS Islam Metro sebanyak 39 orang. Namun dalam proses penelitian pasien yang sesuai dengan kriteris sampel adalah sebanyak 31 orang. Pengumpulan data variabel independen dilakukan menggunakan instrumen Caring Behavior Inventory (CBI) yang dikembangkan oleh Wolf yang terdiri dari 33 butir pernyataan yang didasari oleh 10 faktor karatif Watson. Analisis bivariat digunakan uji korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara caring perawat dengan kepuasan pasien HD di masa pandemic covid-19 (p-value=0,032).
References
Haskas, Y. (2020). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasiein. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 296–299.
Hidayat, A. A. (2015). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Kalsum, U. (2016). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Kepeawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati 2016. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Karlsson, M., & Pennbrant, S. (2020). Ideas of caring in nursing practice. Nursing Philosophy, 21(4), 1–5. https://doi.org/10.1111/nup.12325
Kemenkes RI. (2020). Panduan Teknis Pelayaan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jakarta: Direktorat Pelayanan Kesehaan Rujukan; Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.
Mailani, F., & Fitri, N. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Rasidin Padang. Jurnal Endurance, 2(2), 203. https://doi.org/10.22216/jen.v2i2.1882
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan (Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika.
Permenkes RI No 17. (2013). Perubahan atas Perawaturan Menteri Kesehatan No. HK.02.02/Menkes/148/I/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktk Keperawatan. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Pernefri. (2020). Panduan Pencegahan Transmisi Covid-19 di Unit Dialisis. Bandung: Perhimpuan Nefrologi Indonesia.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2014). Fundamental of Nursing: Fundamental Keperawatan. In D. N. Fitriani, O. Tampubolon, & F. Diba (Trans.), Buku 1 (Edisi 7). Singapura: Elsevier Inc.
WHO. (2018). Global strategic directions for strengthening nursing and midwifery 2016–2020. France: World Health Organization.
Xie, M., & Chen, Q. (2020). Insight into 2019 novel coronavirus — An updated interim review and lessons from SARS-CoV and MERS-CoV. International Journal of Infectious Diseases, 94, 119–124.
Yunita, S., & Hariadi, P. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Permata Bunda Medan Tahun 2019. Indonesian Trust Health Journal, 2(1), 162–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.