Hubungan Intensitas Bermain Media Sosial dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v14i3.2121Keywords:
intensitas bermain media sosial, motivasi belajar, mahasiswa kedokteran, prestasi belajarAbstract
Prestasi belajar mencerminkan kemampuan mahasiswa yang telah dikembangkan, kemudian dinilai dan diukur melalui penilaian numerik dan pernyataan. Tingkat keterlibatan dalam media sosial diidentifikasi dari sikap seseorang, yang tercermin dalam banyak waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan platform tersebut. Motivasi belajar, sebagai elemen psikologis internal, memiliki dampak signifikan pada prestasi belajar karena mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi cenderung bersemangat menghadapi tantangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain media sosial dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian menggunakan analisis observasional dengan desain cross-sectional dan teknik pengambilan sampel dengan metode stratified random sampling menghasilkan 92 responden. Analisis data menggunakan uji chi-square menunjukkan hasil signifikan, dengan nilai P sebesar 0,003 dan nilai OR 4,155 penurunan sebesar 4,2 kali terhadap prestasi belajar yang baik setiap kali peningkatan intensitas penggunaan media sosial. Analisis data motivasi belajar didapatkan P 0,012 dan OR dengan nilai 2,433 mengindikasikan peningkatan sebesar 2,4 kali dalam mencapai prestasi belajar yang baik setiap kali peningkatan motivasi belajar. Hal ini mengindikasikan adanya korelasi positif antara intensitas bermain media sosial, motivasi belajar, dan prestasi belajar. Terdapat hubungan antara intensitas bermain media sosial dan motivasi belajar dengan prestasi belajar belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran.
References
Abdelrahman, R. M. (2020). 'Metacognitive awareness and academic motivation and their impact on academic achievement of Ajman University students.' Heliyon, 6(9).
Abidah, A., & Aziz, A. (2020). 'Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa.' In Acta Psychologia, 2(2).
Adhiyaksa Sugiyanto, E., & Malik, R. . (2023). Hubungan media sosial dengan prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara angkatan 2020. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 756–792.
Andreassen, C. S., Pallesen, S., & Griffiths, M. D. (2017). "The relationship between addictive use of social media, narcissism, and self-esteem: Findings from a large national survey." Addictive Behaviors, 64, 287–293.
Ashraf, M. A., Khan, M. N., Chohan, S. R., Khan, M., Rafique, W., Farid, M. F., & Khan, A. U. (2021). "Social media improves students’ academic performance: exploring the role of social media adoption in the open learning environment among international medical students in China." Healthcare (Switzerland), 9(10).
Astuti, E. R., Zakaria, R., Kebidanan, J., & Gorontalo, K. (2015). "Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Relationship of Learning Motivation With Academic Achievement." Journal Health and Science ; Gorontalo Journal Health & Science Community, 5.
Bakar, N. A., Alsmadi, M. S., Ali, Z., Shuaibu, A., & Solahudin, M. H. "Influence of Students’ Motivation on Academic Achievement Among Undergraduate Students in Malaysia." In Journal of Positive School Psychology, 2022(2).
Bayoumy, H. M. M., & Alsayed, S. (2021). "Investigating relationship of perceived learning engagement, motivation, and academic performance among nursing students: A multisite study." Advances in Medical Education and Practice, 12, 351–369.
Bhandarkar, A. M., Pandey, A. K., Nayak, R., Pujary, K., & Kumar, A. (2021). "Impact of social media on the academic performance of undergraduate medical students." Medical Journal Armed Forces India, 77, S37–S41
Chandra, K., Manoppo, F. P., & Mewo, Y. M. (2023). Peran Motivasi Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Medical Scope Journal, 4(2), 115–123.
Chandrasena, P. P. C. M., & Ilankoon, I. M. P. S. (2022). "The impact of social media on academic performance and interpersonal relations among health sciences undergraduates." Journal of Education and Health Promotion, 11, 117. DOI: 10.4103/jehp.jehp_603_21. PMID: 35677283; PMCID: PMC9170224.
Claramita, M., Rahayu, G. R., Surayya, R., Bakar, A., Mandawati, M., Leman, M. A., & Emilia, O. (2017). "Area of Interest of Indonesian Researches in Medical and Health Professions Education: Future Direction." Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia-The Indonesian Journal of Medical Education, 6(2).
Hardaway, C. R., Sterrett-Hong, E. M., De Genna, N. M., & Cornelius, M. D. (2020). "The Role of Cognitive Stimulation in the Home and Maternal Responses to Low Grades in Low-Income African American Adolescents’ Academic Achievement." Journal of Youth and Adolescence, 49(5), 1043–1056.
Hari Mukti, W., & Suhartadi, S. (2017). "Hubungan antara percaya diri dalam belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan teknik mesin fakultas teknik universitas negeri malang."25(1).
Konan, N., Durmuş, E., Bakır, A. A., & Türkoğlu, D. (2018). "The Relationship between Smartphone Addiction and Perceived Social Support of University Students’." International Online Journal of Educational Sciences, 10(5).
Maghalian, M., Ghafari, R., Tabrizi, S. O., Nikkhesal, N., & Mirghafourvand, M. (2023). Predictors of Academic Success in Students of Tabriz University of Medical Sciences: A Cross-Sectional Study. Journal of Advances in Medical Education and Professionalism, 11(3), 155–163.
Miranda, V., Faslah, R., & Rachmadania, R. F. (2020). Self-efficiency and achievement motivation on student learning independence.
Muntean, L. M., Nireștean, A., Sima-Comaniciu, A., Mărușteri, M., Zăgan, C. A., & Lukacs, E. (2022). The Relationship between Personality, Motivation and Academic Performance at Medical Students from Romania. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15).
Nasiri E , Pour A, Taheri M, Sedighi A,Asadi A.(2017). Presenting the students’ academic achievement causal model based on goal orientation. In Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, October 5(4).
Novelia, E., Effendi, I., & Syahputri, Y. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Linkaja Dengan Technology Acceptance Model Pada Grapari Telkom Group Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(2), 117–128.
Rahman, S. (2020). "Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar." Dalam Prosiding Seminar Internasional Pendidikan Dasar "Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0". Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. ISBN: 978-623-98648-2-8.
Ria sabekti, Ah yusuf, Retnayu pradanie . (2019). Aktualisasi Diri dan kecederungaan narsisme pada remaja akhir pengguna media sosial. Jurnal edukasi, Vol. 1,no. 1 .
Steinmayr, R., Weidinger, A. F., Schwinger, M., & Spinath, B. (2019). "The importance of students’ motivation for their academic achievement-replicating and extending previous findings." Frontiers in Psychology, 10(JULY).
Wati Ayu Karunia. (2019). "Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan, Pendidikan Ekonomi, & Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar." Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813.
Wen, X., & Li, Z. (2022). "Impact of Social Support Ecosystem on Academic Performance of Children From Low-Income Families: A Moderated Mediation Model." Frontiers in Psychology, 13.
Wild, S., & Neef, C. (2023). "Analyzing the associations between motivation and academic performance via the mediator variables of specific mathematic cognitive learning strategies in different subject domains of higher education." International Journal of STEM Education, 10(1).
Wu, H., Li, S., Zheng, J., & Guo, J. (2020). "Medical students’ motivation and academic performance: the mediating roles of self-efficacy and learning engagement." Medical Education Online, 25(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.