Hubungan Fungsi Keluarga dan Kesehatan Mental dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran

Authors

  • Yusuf abdullah Aziz Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nida Faradisa Fauziyah Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Erna Herawati Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Burhannudin Ichsan Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v14i3.2120

Keywords:

fungsi keluarga, kesehatan mental, prestasi belajar

Abstract

Era globalisasi telah menjadi sebuah realitas yang harus dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Dalam era globalisasi ini, dunia pendidikan memiliki persaingan yang semakin ketat. Mahasiswa memiliki tuntutan prestasi yang sangat tinggi dalam kehidupan sosial. Prestasi mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesehatan mental maupun fungsi keluarga. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui hubungan antara fungsi keluarga dan kesehatan mental dengan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif observasional analitik dengan pendekatan studi  cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling  yang dilakukan pada bulan November 2023. Besar subjek penelitian berjumlah 92 responden. Pengambilan data fungsi keluarga menggunakan kuesioner APGAR family, data kesehatan mental menggunakan kuesioner DASS-21, dan data prestasi belajar dengan IPK. Data dianalisis menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan uji chi-square, dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik. Analisis dengan uji chi-square memperoleh hasil yang signifikan pada kedua variabel. Sedangkan uji regresi logistik  diperoleh data fungsi keluarga Exp(B)=3,681 dan nilai p 0,013, nilai p<0,05 menunjukkan hubungan bermakna. Sedangkan pada variabel kesehatan mental diperoleh nilai Exp(B)=5,432 dan nilai p 0,010, nilai p<0,05 yang berarti bermakna. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara fungsi keluarga dan kesehatan mental dengan prestasi belajar mahasiswa.

References

Agustina, Y. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif ( Ipk ) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Strata 1’, Jurnal Sains Ekonomi dan Eukasi, IV(1).

Badaruddin A, Erlamsyah, Said A. (2016) ‘Menurut Merriam Webster, Kesehatan mental merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, dimana individu yang dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi,berfungsi dalam komunitasnya, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kondisi me’, Konselor, 5(1), p. 50.

Bakhtiyar (2018) ‘Peran Keluarga Sebagai Pendamping Belajar Anak Dalam Meraih Prestasi Belajar Di Sekolah Melalui Pemanfaatan Layanan Jasa Informasi Perpustakaan: Suatu Kajian Dalam Perspektif Sosio Kultural’, Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 8 no 1, pp. 37–45.

Charenina S, Robitoh I, Puspita M, Salsabilla S, Saraswati J. (2022) ‘Kesehatan Mental Mahasiswa Analysis Of The Effect CGPA On Student Mental Health’, (December). Available at: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27404.18569.

Djannah, M. (2020) ‘Pengaruh kesehatan mental di tengah wabah Covid-19 terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah dasar’, Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 4(1), pp. 2403–2414. Available at: https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/321.

Fredy F, Kakupu A, Sormin S. (2022) ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), pp. 314–320. Available at: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i3.1937.

Harahap, F.S.D. (2022) ‘The Influence Of Mental Health On Student SMP Negeri 1 Jebus’, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 13, pp. 25–30. Available at: https://doi.org/10.23887/jibk.v13i1.43679.

Kalimatusyaro, M. (2021) ‘Pengaruh Kesehatan Mental, Motivasi Belajar, Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Bahauddin Taman Sepanjang Sidoarjo’, Journal Elmentary Education P.Issn, 1(1), pp. 48–63. Available at: http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/.

KemenkesRI (2019) Laporan Nasional Riskesdas 2018, Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB.

Prasetio, C.E. and Triwahyuni, A. (2022) ‘Gangguan Psikologis pada Mahasiswa Jenjang Sarjana: Faktor-Faktor Risiko dan Protektif’, Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 8(1), p. 56. Available at: https://doi.org/10.22146/gamajop.68205.

Rahmawati, S. and Indriayu, M. (2017) ‘Pengaruh Tekanan Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret’, Universitas sebelas maret, (1), pp. 1–14.

Rambe, N.M. (2019) ‘Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, pp. 930–934.

Rustianti (2015) ‘Pendidikan Nasional dan Tantangan Globalisasi’, Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 16, pp. 1–24.

Sholeh, A. (2019) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang', Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis.

Syamsudin, Rachmawanto W, astuti W. 2022) ‘Dampak dukungan keluarga terhadap prestasi belajar’, Keperawatan Karya Bhakti, 8(2), pp. 70–77.

Wang Q, Liu H, Ren Z, Xiong W, He M, Li N, Fan X, Guo X, Li X, Zha S. (2020) ‘The associations of family functioning, general well-being, and exercise with mental health among end-stage renal disease patients’, Psychiatry Investigation, 17(4), pp. 356–365. Available at: https://doi.org/10.30773/pi.2019.0204.

Wieka A, Kartika A, Masdalena, Handoko E. (2022) ‘Hubungan Perubahan Pola Belajar Terhadap Stres Dan Prestasi Akademik Pada Masa Pandemi Covid-19’, Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 8(1), pp. 52–58. Available at: https://doi.org/10.22487/htj.v8i1.486.

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Aziz, Y. abdullah ., Fauziyah, N. F. ., Erna Herawati, & Ichsan, B. . (2024). Hubungan Fungsi Keluarga dan Kesehatan Mental dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(3), 1181–1188. https://doi.org/10.32583/pskm.v14i3.2120