Pengaruh Intervensi Psikoedukasi terhadap Distress Diabetes pada Lanjut Usia dengan Diabetes Melitus

Authors

  • Vionna M Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
  • Rika Sabri Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas
  • Mahathir Mahathir Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v14i1.1512

Keywords:

distress diabetes, lansia, psikoedukasi

Abstract

Penyakit diabetes melitus tipe 2 menjadi penyakit menahun, bahkan dikatakan sebagai penyakit seumur hidup. Penatalaksanaan penyakit diabetes melitus tipe 2 yang tidak cermat akan menimbulkan berbagai komplikasi yang sangat merugikan dibandingkan dengan penyakit lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intervensi psikoedukasi terhadap distress diabetes pada lanjut usia dengan diabetes mellitus di Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien lansia diabetes mellitus yang berada di Puskesmas Tanjung Bingkung dan di Puskesmas Sungai Lasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability dan besarnya sampel dalam penelitian ini untuk kelompok intervensi sebanyak 19 orang kelompok intervensi dan 19 orang kelompok kontrol.Instrumen penelitian  menggunakan The Diabetes Distres Scare Short Form (DDS). kuesioner dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai Cronbach’s alpha dalam rentang 0,78 – 0,83. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan uji statistik wilcoxon test dan uji Mann Whitney dan didapatkan nilai p-value 0,000 (<0,05) maka dapat ditarik      kesimpulan Psikoedukasi dapat menurunkan distress diabetes pada lanjut usia dengan diabetes melitus dibandingkan dengan kelompok control yang tidak diberikan priskoedukasi.

References

Abdurasyid. (2018). Distress Diabetic Merupakan Faktor Yang Paling Berhubungan Dengan Kualitas Hidup Diabetisi Tipe 2. Ijohns, 3 Nomor 2, 96.

Amirudin, I., & Yunitasari, E. (2021). Diabetes Distress Dan Risiko Penyakit Kardiovaskular Pada Penderita Diabetes Melitus Type Ii. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6, 187–191. Https://Doi.Org/10.30604/Jika.V6is1.784

Arifin B, Asselt Adi, Setiawan D, Atthobari J, Postma Mj, C. Q. (2019). Diabetes Distress In Indonesian Patients With Type 2 Diabetes: A Comparison Between Primary And Tertiary Care. Bmc Health Services Research [Revista En Internet] 2019 [Acceso 29 De Octubre De 2021]; 19(1): 1-11. Bmc, 1, 1–11.

Chew, B. H., Vos, R., Mohd-Sidik, S., & Rutten, G. E. H. M. (2016). Diabetes-Related Distress, Depression And Distress-Depression Among Adults With Type 2 Diabetes Mellitus In Malaysia. Plos One, 11(3), 1–16. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0152095

Haryati, O., & Nurdiana, N. (2018). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Pengetahuan Dan Tingkat Kecemasan Pasien Dengan Hipertensi. Jkep, 3(2), 119–130. Https://Doi.Org/10.32668/Jkep.V3i2.207

Haskas, Y., Suarnianti, S., & Restika, I. (2020). Efek Intervensi Perilaku Terhadap Manajemen Diri Penderita Diabetes Melitus Tipe 2: Sistematik Review. Jurnal Kesehatan Andalas, 9(2), 235. Https://Doi.Org/10.25077/Jka.V9i2.1289

Kamalah, A. D., Ahsan, A., & Kristianto, H. (2020). Efektivitas Psikoedukasi Keluarga Dalam Menurunkan Beban Keluarga Pada Keluarga Pasien Ulkus Diabetes Melitus. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(1), 9. Https://Doi.Org/10.32584/Jikj.V3i1.339

Lancaster, S. &. (2016). Public Health Nursing : Population Centered Health Care In The Community.

Lestari. (2012). Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga Terhadap Pengetahuan Dan Tingkat Ansietas Keluarga Dalam Mera Wat Anggota Keluarga Yang Mengalami Tuberculosis Paru Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(1). Https://Doi.Org/10.35952/Jik.V1i1.105

Mardiana, Nofrianti, A. S. U., & Hamka. (2021). Efektivitas Psikoedukasi Keluarga Terhadap Penurunan Ansietas Pada Pasien Ulkus Diabetikum. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(1), 51.

Muntamah. (2019). Prevalensi Diabetes Distress Dan Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diabetes Distress Pada Pasien Dm Tipe 2 Di Puskesmas Kabupaten Semarang. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang (Sinov), 2, 59–66. Https://Doi.Org/Issn: 2656-520x E-Issn: 2797-8044

Nanayakkara, N., Pease, A., Ranasinha, S., Wischer, N., Andrikopoulos, S., Speight, J., De Courten, B., & Zoungas, S. (2018). Depression And Diabetes Distress In Adults With Type 2 Diabetes: Results From The Australian National Diabetes Audit (Anda) 2016. Scientific Reports, 8(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.1038/S41598-018-26138-5

Nurhasanah. (2017). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Koping Orangtua Dalam Merawat Anak Dengan Thalasemia Di Kota Banda. Idea Nursing Journal, 8(2), 56–62.

Nurhidayah, D., Wijaya, A., & Kusuma, W. (2023). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Dm Tipe 2 Usia Pra-Pensiun. Jurnal Penelitian Keperawatan Vol, 9(1), 122–128.

Okafor, C. I., & Ugwueze, C. V. (2020). Diabetes Distress And Associated Factors In Patients With Diabetes Mellitus In South East Nigeria. 31–37. Https://Doi.Org/10.1159/000508706

Perkeni. (2021). Pedoman Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Indonesia 2021.

Perrin, N., Bodicoat, D. H., Davies, M. J., Robertson, N., Snoek, F. J., & Khunti, K. (2019). Effectiveness Of Psychoeducational Interventions For The Treatment Of Diabetes-Specific Emotional Distress And Glycaemic Control In People With Type 2 Diabetes: A Systematic Review And Meta-Analysis. Primary Care Diabetes, 13(6), 556–567. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pcd.2019.04.001

Polonsky, W. H., Fisher, L., Earles, J., Dudl, R. J., Lees, J., Mullan, J., & Jackson, R. A. (2005). Assessing Psychosocial Distress In Diabetes. Diabetes Care, 28(3), 626–631. Https://Doi.Org/10.2337/Diacare.28.3.626

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar Nasional. In Riskesdas.

Rofi’i, A. Y. A. B., & Su’udi. (2023). Pengaruh Psikoedukasi Aktivitas Fisik Terhadap Kualitas Hidup. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 7(1), 62–67.

Siswoaribowo, A., Adi, M. S., & Muin, M. (2017). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Kemampuan Caregiver Dalam Perawatan Penderita Diabetes Mellitus Tipe Ii. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 4(September), 247–251.

Sun, H., Saeedi, P., Karuranga, S., Pinkepank, M., Ogurtsova, K., Duncan, B. B., Stein, C., Basit, A., Chan, J. C. N., Mbanya, J. C., Pavkov, M. E., Ramachandaran, A., Wild, S. H., James, S., Herman, W. H., Zhang, P., Bommer, C., Kuo, S., Boyko, E. J., & Magliano, D. J. (2022). Idf Diabetes Atlas: Global, Regional And Country-Level Diabetes Prevalence Estimates For 2021 And Projections For 2045. Diabetes Research And Clinical Practice, 183, 109119. Https://Doi.Org/10.1016/J.Diabres.2021.109119

Supratiknya, A. (2011). Merancang Modul Psikoedukasi. Universitas Samata Jogjakarta.

Wardian, J., & Sun, F. (2014). Factors Associated With Diabetes-Related Distress: Implications For Diabetes Self-Management. Social Work In Health Care, 53(4), 364–381. Https://Doi.Org/10.1080/00981389.2014.884038

Wijaya, Y. D., & Widiastuti, M. (2020). Psikoedukasi Untuk Meningkatkan Manajemen Diri Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Kebon Jeruk. Jurnal Psikologi, 16(2), 75–82. Https://Ejurnal.Esaunggul.Ac.Id/Index.Php/Psiko/Article/View/2667

Yunalia, E. M., Soeharto, I. P. S., Eureka, S., Sulistyawati, W., & Nurma, A. N. (2021). Pemberian Psikoedukasi Sebagai Upaya Penatalaksanaan Ansietas Pada Lansia Dengan Diabetes Melitus Tipe-Ii. Jaim Unik, 4(2), 59–65.

Zhou, H., Zhu, J., Liu, L., Li, F., Fish, A. F., Chen, T., & Lou, Q. (2017). Diabetes-Related Distress And Its Associated Factors Among Patients With Type 2 Diabetes Mellitus In China. Psychiatry Research, 252(April 2016), 45–50. Https://Doi.Org/10.1016/J.Psychres.2017.02.049

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

M, V., Sabri, R., & Mahathir, M. (2023). Pengaruh Intervensi Psikoedukasi terhadap Distress Diabetes pada Lanjut Usia dengan Diabetes Melitus . Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(1), 173–182. https://doi.org/10.32583/pskm.v14i1.1512