Faktor yang Berhubungan dengan Kesadaran Pekerja Melaporkan Kejadian Nyaris Celaka

Authors

  • Fadya Fausia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Rizki Amelia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Fatmah Afrianty Gobel Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Rezky Aulia Yusuf Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i3.1117

Keywords:

kejadian nyaris celaka, pelatihan, pengetahuan, sikap

Abstract

Kesadaran pekerja merupakan hal yang sangat penting dalam iklim perusahaan, termasuk upaya preventif untuk melaporkan hal hal yang beresiko menyebabkan kejadian atau kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan kesadaran Pekerja melaporkan kejadian nyaris celaka di PT. Charoen Pokphand Makassar. Metode penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 74 pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data analisis mengunnakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara variabel pengetahuan dengan kesadaran melaporkan kejadian nyaris celaka dengan nilai  p = 0,000, adanya hubungan pada variabel peraturan dengan kesadaran melaporkan kejadian nyaris celaka dengan nilai p = 0,001.

 

References

Khaqiiqudin, M. G., Wahyuni, I., & Kurniawan, B. (2019). Relationship Among Characteristic of Workers Housekeeping, Availability and Use Personal Protective Equipment Against Minor Injury Events. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) FKM UNDIP, 7(4), 239–245.

Khariah, S., & Widajati, N. (2020). Analisisimplementasipenanggulangan Kejadianluar Biasa Difteri di Wilayah Kerja Dinas Kesehatanprovinsi Jawa Timur. MTPHJournal, 4(2).

Prasetyo, S. W. (2021). Strategi Penurunan Kecelakaan Kerja PT United (Issue 84). Universitas Sahid.

Siagian, F. A. (2021). Faktor Yang Berhubungan dengan Kesadaran Melaporkan Kejadian Nyaris Celaka di PT. Charoen Pokphand Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Triwati, I. T., H, H., & A, A. (2022). Analisis Hubungan Stress Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal terhadap Kinerja Karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Makassar. An Idea Health Journal, 2(02), 93–96. https://doi.org/10.53690/ihj.v2i02.10

Bilqis, K., Sultan, M., & Ramdan, I. M. (2021). Hubungan Antara Budaya Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Dengan Perilaku Tidak Aman Pekerja Konstruksi Di Pt. X Kabupaten Kutai.

Endriastuty, Y., & Adawia, P. R. (2018). Analisa hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan tentang K3 terhadap budaya K3 pada perusahaan manufaktur. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, Vol 2 No 2.

Irawanti, Y., Novianus, C., & Setyawan, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pelaporan Kecelakaan Kerja pada Pekerja Bagian Produksi PT. X Tahun 2020. Jurnal Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan, 2(1), 55-63.

Jaidi, A. M., Setyaningsih, Y., & Wahyuni, I. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kesadaran Pelaporan Kecelakaan Kerja pada Pekerja Konstruksi Proyek Pembangunan Gedung. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(1), 598-606.

Khariah, S., & Widajati, N. (2020). Analisisimplementasipenanggulangan Kejadianluar Biasa Difteri Di Wilayah Kerja Dinas Kesehatanprovinsi Jawa Timur. Mtphjournal, Vol 4 No 2.

Khaqiiqudin, M. G., Wahyuni, I., & Kurniawan, B. (2019). Relationship Among Characteristic Of Workers Housekeeping, Availability And Use Personal Protective Equipment Against Minor Injury Events. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Fkm Undip, Vol 7 No 4, Hal 239–245.

Nurhayati, D. (2019). Hubungan Antara Faktor Pembentuk Budaya Keselamatan Kerja dengan Safety Behaviour pada Pekerja di PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Banjarmasin Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan).

Palupi, M. S. (2019). Analisis Pengendalian Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Peningkatan Ruas Jalan Yogyakarta-Barongan (Imogiri) (Analysis Of Risk Control Occupational Health And Safety In Yogyakarta-Barongan (Imogiri) Road Improvement Project). Universitas Islam Indonesia.

Putri, A. Syalsa Rizkyah Imasya (2022) Penerapan Prosedur Kerja Aman, Penggunaan Apd, Pelatihan Dan Pengetahuan K3 Terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Di Bagian Produksi Di Pt. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Skripsi Thesis, Universitas Hasanuddin.

Prasetyo, S. W. (2021). Strategi Penurunan Kecelakaan Kerja PT United (Issue 84). Universitas Sahid.

Siagian, F. A. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesadaran Melaporkan Kejadian Nyaris Celaka Di PT. Charoen Pokphand Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Suprapto, S. W. (2017). Hubungan sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan pengetahuan terhadap intensi pelaporan kecelakaan kerja perawat rawat inap tulip dan melati di rumah sakit x kota bekasi tahun 2016 (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017).

Triwati, I. T., H, H., & A, A. (2022). Analisis Hubungan Stress Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal terhadap Kinerja Karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Makassar. An Idea Health Journal, 2(02), 93–96. https://doi.org/10.53690/ihj.v2i02.104

Zuliardi., Hadi, M., Arofiati, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kejadian Nyaris Cedera Dan Kejadian Tidak Diharapkan Pada Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Fausia, F., Amelia, A. R., Gobel, F. A. ., & Yusuf, R. A. . (2023). Faktor yang Berhubungan dengan Kesadaran Pekerja Melaporkan Kejadian Nyaris Celaka . Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 991–1000. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i3.1117