Perbedaan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Haji Sebelum dan Sesudah Edukasi dengan Media Edukatif “Kaji Siap Ntek Haji” Berbasis Local Specific
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v13i3.1041Keywords:
kesehatan haji, media edukatif, pengetahuanAbstract
Ibadah haji adalah ibadah fisik, sehingga jamaah haji dituntut mampu secara fisik dan rohani agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan lancar. Banyak masalah kesehatan yang dihadapi oleh jamaah haji yang dapat mengganggu perjalanan menuju istithaah. Oleh karena itu perlu ada media yang dapat digunakan dan dipelajari oleh jamaah haji sebagai persiapan sebelum berangkat haji. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan desain studi pre-posttest without control group design. Penelitian berbasis pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada secara online. Sejumlah 100 orang terlibat dalam penelitian menggunakan teknik consecutive sampling. Hasil dianalisis dengan uji Wilcoxson dan dibahas secara deskriptif. Hasil test menunjukan ada peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah sosialisasi terkait kesehatan haji yang dilaksanakan. Rata-rata peningkatannya yaitu 24,4 dari 65,7 menjadi 90,1 dan perbedaan dilaporkan secara statistik signifikan (p=0,007). Kesimpulan penelitian adalah bahwa edukasi kesehatan haji menggunakan media edukatif “kaji siap ntek haji” meningkatkan pengetahuan calon jemaah haji terkait kesehatan haji.
References
Al Owaifeer, A. M., Alrefaie, S. M., Alsawah, Z. M., Al Taisan, A. A., Mousa, A., & Ahmad, S. I. (2018). The effect of a short animated educational video on knowledge among glaucoma patients. Clinical Ophthalmology (Auckland, N.Z.), 12, 805–810. https://doi.org/10.2147/OPTH.S160684
Housten, A. J., Kamath, G. R., Bevers, T. B., Cantor, S. B., Dixon, N., Hite, A., Kallen, M. A., Leal, V. B., Li, L., & Volk, R. J. (2020). Does Animation Improve Comprehension of Risk Information in Patients with Low Health Literacy? A Randomized Trial. Medical Decision Making : An International Journal of the Society for Medical Decision Making, 40(1), 17–28. https://doi.org/10.1177/0272989X19890296
Kepmenkes RI. (2009). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 442/Menkes/SK/VI/2009.
Knapp, P., Benhebil, N., Evans, E., & Moe-Byrne, T. (2022). The effectiveness of video animations in the education of healthcare practitioners and student practitioners: a systematic review of trials. Perspectives on Medical Education, 11(6), 309–315. https://doi.org/10.1007/S40037-022-00736-6/FIGURES/2
Masters, K. (2020). Edgar Dale’s Pyramid of Learning in medical education: Further expansion of the myth. Medical Education, 54(1), 22–32. https://doi.org/¬https://¬doi.¬org¬-/10.1111/medu.13813
Rahmi, S. A., Mulia, R. J., Sara, F., & Rahman, W. A. (2023). Penggunaan Media Yang Efektif Dalam Promosi Kesehatan. 1, 203–209.
Rustika, Kusnali A., Puspasari H W.,Oemiyati R., Ristrini, Musadad D A., Syam P. (2019). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan: Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Jemaah Haji terkait Istithaah Kesehatan di Indonesia. https://doi.org/¬10.22435-/hsr.v22i4.2244
Widiyanto, A., Pradana, K. A., Hidayatullah, F., Atmojo, J. T., Putra, N. S., & Fajriah, A. S. (2020). Efektifitas kompres hangat daun kelor terhadap nyeri asam urat pada lansia di desa kenteng, nogosari, boyolali. Avicenna: Journal of Health Research, 3(2).
Widiyanto, A., & Alviani, E. L. (2023). Implementasi Pemberian Sawi Putih Gulung Tahu “Saluhu “Sebagai Terapi Non Farmakologi Pencegahan Osteoporosis Di Dusun Ngablak, Kemuning, Ngargoyoso Karanganyar. Jurnal Pengabdian Komunitas, 2(01), 8-15.
Wouters, T., Soomers, J., Smink, M., Smit, R. A., Plaisier, M., Houterman, S., Bekkers, R. L., Schiffer, A. A., Pop, V. J., & Piek, J. M. J. (2019). The effect of an animation video on consultation time, anxiety and satisfaction in women with abnormal cervical cytology: Animation video reduces colposcopy time. Preventive Medicine Reports, 13, 238–243. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2019.01.005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.