Gambaran Tingkat Stres Remaja Santriwati Salafiyah dan Khalafiyah
Keywords:
khalafiyah, remaja, santriwati, salafiyah, tingkat stresAbstract
Konsidi beradaptasi yang dilakukan oleh para santriwati menuntut mereka untuk selalu berinteraksi dengan orang lain. Mekanisme ini erat kaitanya dengan para santriwati berusia remajad dimana mereka akan mulai dihadapkan dengan permasalahan yang ada di dalam pesantren dimana hal ini akan menjadikan mereka stres. Dengan demikian pemenuhan kebutuhan santriwati harus dilakukan agar santriwati dapat beradaptasi dengan orang lain dan dapat mengurangi stres yang dialaminya. Capaian yang ingin dilakukan oleh peneliti mengarahkan pada keingintahuan terkait tingkat stres yang dialami remaja santriwati Salafiyah serta jhalafiayah di Pondok Pesantren Wasilatul Huda. Guna menjawab berbagai permasalahan yang ada maka desain yang digunakan adalaah deskriptive survey dimana penggunaan sampel adalah 235 yang diambil dari seluruh total populasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menekankan pada rata-rata usia pada santriwati salafiyah 16 tahun dan santriwati khalafiyah 14 tahun, tingkat pendidikan salafiyah yaitu MTs (45%) dan khalafiyah yaitu SD (57%). Tingkat stres santriwati salafiyah mayoritas mengalami stres ringan (71%) dan santriwati khalafiyah mayoritas mengalami stres ringan (54%).
References
Alvin, D. P. (2017). Gambaran Faktor Resiko Kejadian Vitiligo Di Rumah Sakit Dr. M. Djamin Padang Periode 1 Januari 2014-30 Juni 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Anitasari, B., & Fitriani. (2021). Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Dengan Santriwati Salafiyah : Literature Review. Jurnal Fenomena Kesehatan, 4(1), 463–477. https://stikeskjp-palopo.e journal.id/JFK/article/view/134/13
Arumningtyas, Anggita Vella. Bimbingan Melalui Terapi Al-Qur'an Untuk Mengurangi Stress Masa Pandemi Pada Siswa Sma Di Desa Sroyo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. 2021.
Bau, N. A., Kadir, L., & Abudi, R. (2022). Hubungan Tingkat Stres Remaja Dengan Kemampuan Beradaptasi Di Asrama Pondok Pesantren Sabrun Jamil. Jambura Journal of Epidemiology, 1(1), 29-37
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2018, 4(1), 1).
Izmi, F. N., Utami, S., & Dewi, Y. I. (2023). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Pencegahan Kanker Serviks Melalui Audiovisual Terhadap Pengetahuan Wanita Usia Subur. Jurnal Vokasi Keperawatan, 6(1), 7–17. https://doi.org/10.33369/jvk.v6i1.26679
Kadir, A., & Nursyamsi, N. (2022). Hubungan Persepsi Santri Tentang Strategi The Power Of Two Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Santri. Mau'izhah, 12(1), 209-224.
Lakhan, Ram; Agrawal, Amit; Sharma, Manoj. Prevalence Of Depression, Anxiety, And Stress During COVID-19 Pandemic. Journal Of Neurosciences in Rural Practice, 2020, 11.04: 519-525. DOI: 10.1055/s-0040- 1716442).
Priyoto. (2014). Konsep manajemen stres. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rakhman, Arif, Dwi Budi Prastiani,and Gina Sonia. "Penerapan Terapi Kombinasi Relaksasi Benson dengan Aromaterapi Lavender Terhadap Kualitas TidurMahasiswa." Bhamada:Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal) 14.2 (2023): 95-102.
Ramandani, J., Agustin, W. R., & Suryandari, D. (2021). Gambaran Peran Perawat Dalam Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pada Pasien Paliatif Di Ruang Intensive Care Unit RSUD Dr. Moewardi. Artikel Ilmiah. http://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/2453/1/Naspub juita.pdf.
Renata, D., Nisa, A., & Dachmiati, S. (2023). Deskripsi Stres Akademik Pada Santri Pondok Pesantren Kader Uswatun Hasanah Pagaden. Jurnal Mercusuar: Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 3(1), 55-62.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2018a). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Wiley.
Suharsono, Yudi; Anwar, Zainul. Analisis stres dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 2020, 8.1: 1-12).
World Health Organization (WHO) 2019. (2019, desember). Retrieved from World Health Organization (WHO) 2019.