Hubungan Harga Diri dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i4.2201Keywords:
harga diri, perilaku bullying, pola asuhAbstract
Perilaku bullying pada remaja terkait dengan adanya faktor harga diri yang rendah dan juga pola asuh orang tua yang membuat siswa merasa tidak diperhatikan atau terlalu diatur. Berdasarkan hasil laporan status global dari UNESCO, tahun 2020 tentang kekerasan yang terjadi di sekolah dan bullying di beberapa negara, didapatkan bahwa korban bullying mencapai 22,8% hingga 48,2%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga diri dan pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada remaja. Desain penelitianyang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yang telah dilakukan pada tanggal 11-12 Agustus tahun 2023. Populasi semua orang siswa sebanyak 534 orang dengan jumlah sampel 84 orang siswa dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner bulying, kuesioner harga diri dan pola asuh. Pengumpulan data di olah dengan menggunakan uji statistik Chi-Square adalah untuk melihat adanya hubungan antara harga diri terhadap perilaku bullying (p=0,005) dan adanya hubungan antara pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa (p = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara harga diri dan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja.
References
Ahkam M & Nurfitriany Fakhri N. (2017). Bullying Pada Siswa SMA. Jurnal Talenta Psikologi Volume 2 No 2. p-ISSN: 2460-8750 e-ISSN: 2615-1731.
Apriliantiwi Y, Trisnani RP & Beny Dwi Pratama BD. (2022). Gambaran harga diri siswa Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA). Volume 1, 628-634.
Asran & Fadillah M. (2021). Gambaran Karakteristik Perilaku Bullying Pada Siswa Di Smp Islam Masjid Raya Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
Damanik GNA & Djuwita R. (2019). Gambaran Perundungan pada Siswa Tingkat SMA di Indonesia. Jurnal Psikogenesis, Volume 7, No.1.
Kartono. (2017). Personality, Employe Engagement, Emotional Intellegence, Job Burnout Pendekatan Dalam Melihat Turnover Intention. Deepublish, Yogyakarta.
KPAI. (2022). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Bwgini Kata Komisioner KPAI. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnaicatatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Noor RVM, Mariskha SE & Siti Khumaidatul Umaroh SK. (2019). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Remaja Perokok Ditinjau Dari Teori Diana Baumrind. Motivasi. Vol. 7 No.1.
Nurraafi B, Tarri and Muttaqin, Zaenal and Muryati, Muryati and Rukman, Rukman (2020) Gambaran Harga Diri Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Kota Bandung. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES BAND
Olweus, D. (2013) ‘School Bullying: Development and Some Important Challenges’, Journal of Annual Review of Clinical Psychology. doi: 10.1146/annurev-clinpsy-050212-185516.
Santrock, John W. (2012). Life-span Development. 13 th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill.
Taqwim, Z. (2018). Hubungan Harga Diri Remaja Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Sma Dharma Wanita 01 Bululawang Malang Tugas Akhir. 13.
UNICEF (United Nations Children’s Fund). (2021). Profil Remaja 2021. Unicef, 917(2016), 1–2. https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil Remaja.pdf
Wulandari, S., & Sakti, H. (2022). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kecenderungan Bullying Pada Siswa Sma Masehi 1 Yayasan Pengampu Sekolah Dan Asrama Kristen (Psak) Semarang. Jurnal EMPATI, 11(1), 8–13. https://doi.org/10.14710/empati.2022.33355
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.