Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran

Authors

  • Anis Ansyori ITSK RS Dr. Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.897

Keywords:

pelayanan, rumah sakit, tingkat kepuasan

Abstract

Pelayanan yang baik dari suatu Rumah Sakit akan membuktikan bahwa Rumah Sakit tersebut bermutu baik. Pelayanan kesehatan bermutu yaitu yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien agar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit dengan melakukan pelayanan prima

Peran tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit menjadi sangat penting, karena kinerja petugas kesehatan akan menentukan persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dan kepuasan atas pelayanan yang diterima. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah kepuasan pasien. Penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif, Pengambilan sampel yang digunakan dengan jenis teknik Quota Sampling. Pengaruh tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada dimensi tangible, emphaty, assurance, reliability dan responsiveness diketahui bahwa signifikan masing – masing 0,000 , maka dengan p<α (α=5%)= Ho ditolak. Artinya secara serentak variebel bebas independen (tangible, emphaty, assurance, reliability dan responsiveness) berpengaruh terhadap variable dependent (kepuasan pasien) di Rumkitban Malang.

References

Aditama T. (2010). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Edisi kedua. Jakarta: UI Press.

Agustina, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Perawatan Satui (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Creswell, John W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

DepKes RI. (2006). Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia. Revisi 1I, Direktorat Jenderal Pelayanan Medik

Dona R. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Surya Insani Pasir Pengaraian Riau.

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-48.

Heryana, A. (2020) “Uji Chi Square,” Universitas Esa Unggul, (May), hal. 1–20. doi: 10.13140/RG.2.2.23266.15047.

Kotler, Philp. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Lestari, Y., & Nurcahyanto, H. (2017). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan (Studi kasus pada pasien rawat jalan di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang). Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 441-454.

Mailintina, Y., Dewi, S., & Hutapea, F. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loylitas Pelanggan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhayangkara Brimob tahun 2018. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 9(1), 37- 49.

Masturoh, I., dan N. Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta

Menkes RI 2008. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 129/MEMKES/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Nofiana, H., & Sugiarsi, S. (2011). Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftarandengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Karanganyar. Rekam Medis, 5(1).

Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (1998), SERVQUAL: A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality, Journal Of Retaling, Vol. 64 No, 1, Pp. 12-40.

PerMenKes RI. 2004. Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

Rizqi M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisi Kota Batu

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Shofari B. (2002). Pengelolaan Sistem Rekam Medik 01. Perhimpunan Perekam Medik dan Informasi Kesehatan Indonesia. Semarang

Sudibyo. (2013). Buku Ajar Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta:Trans Info Media

Widiyanto, A., Murti, B., & Soemanto, R. B. (2018). Multilevel analysis on the Socio-Cultural, lifestyle factors, and school environment on the risk of overweight in adolescents, Karanganyar district, central Java. Journal of Epidemiology and Public Health, 3(1), 94-104.

Widiyanto, A., Atmojo, J. T., & Darmayanti, A. T. (2019). Pengaruh faktor kerawanan pangan dan lingkungan terhadap stunting. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 61-66.

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Ansyori, A. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2), 557–570. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.897