Digitalisasi dan Validasi Instrumen Ketahanan Diri Remaja (SDQ) sebagai Deteksi Dini Perilaku Maladaptif Remaja di Sekolah

Authors

  • Febriantika Febriantika Universitas Negeri Semarang & Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Irwan Budiono Universitas Negeri Semarang
  • Feddy Setio Pribadi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v15i4.3802

Keywords:

digitalisasi, ketahanan diri, perilaku maladaptif, remaja, sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kesulitan pengumpulan data secara manual yang memerlukan waktu lama serta tantangan guru dalam melakukan deteksi dini gangguan perilaku pada siswa sekolah menengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengadaptasi dan memvalidasi instrumen Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) dalam bentuk digital guna membantu guru melakukan deteksi dini perilaku maladaptif remaja secara lebih cepat, efektif, dan akurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengujian validitas dan reliabilitas terhadap instrumen SDQ digital yang dikembangkan. Data dikumpulkan dari 63 siswa sekolah menengah pertama yang mengisi instrumen SDQ dalam dua versi: versi manual (kertas) dan versi digital (berbasis aplikasi mobile). Setiap siswa mengisi kedua versi instrumen dengan jeda waktu untuk menghindari efek pengulangan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengisian versi digital dan manual. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk, semua variabel penelitian menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (p<0,05), artinya data tidak berdistribusi normal. Hal ini menunjukkan bahwa data penelitian ini perlu menggunakan analisis statistik non-parametrik dalam pengujian lanjutannya, sementara reliabilitas diukur menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDQ digital memiliki validitas konstruk yang baik dan reliabilitas internal yang lebih tinggi (α = 0,73) dibandingkan versi manual (α = 0,50). Selain itu, waktu pengumpulan data dan skoring pada versi digital jauh lebih singkat dan efisien dibandingkan metode manual. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan SDQ digital dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi keterbatasan metode manual, sekaligus meningkatkan akurasi deteksi dini perilaku maladaptif pada siswa sekolah menengah. Kontribusi penelitian ini terhadap sains berupa inovasi metode pengumpulan dan analisis data kesehatan secara digital yang terbukti lebih efisien dan akurat dibandingkan metode manual.

 

References

Alavi, N. (2020). Web-based mental health intervention with SDQ tracking. JMIR Mental Health, 7(6), e16487. https://doi.org/10.2196/16487

Armitage, C. J. (2025). Validating SDQ emotional subscale for depression and anxiety in adolescents. Journal of Adolescence, 101, 75–84. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2024.10.003

Balasundaram, S. R. (2025). Mindcraft: Smartphone-based behavioral prediction of SDQ risk. ArXiv Preprint, arXiv:2501.08851.

Becker, A. (2019). Screening mental health in children with SDQ: A German study. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 13, 20. https://doi.org/10.1186/s13034-019-0283-2

Cornish, K. (2021). Using technology to improve behavioral screening in schools. School Psychology International, 42(1), 21–37. https://doi.org/10.1177/0143034320960435

Costa-Balla, C. (2023). SDQ dimensionality and reliability in Uruguayan children. Psychology in the Schools, 60(4), 635–646. https://doi.org/10.1002/pits.22884

Duku, E. K. (2020). Cross-informant agreement on SDQ: Child, teacher, parent. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 61(1), 46–54. https://doi.org/10.1111/jcpp.13113

Goodman, R. (2020). A brief history and update of SDQ applications. European Child & Adolescent Psychiatry, 29(6), 747–750. https://doi.org/10.1007/s00787-020-01492-9

Kankaanpää, R. (2023). Is it time to revise the SDQ? International Journal of Methods in Psychiatric Research, 32(4). https://doi.org/10.1002/mpr.1956

Leighton, J. (2022). Machine learning applied to SDQ in clinical settings. Nature Digital Medicine, 5, 42. https://doi.org/10.1038/s41746-022-00567-2

Liegmann, P. (2024). Evaluating SDQ in children aged 6–10 years: A self-report perspective. Child Psychiatry & Human Development. https://doi.org/10.1007/s10578-023-01632-1

Loh, L., Prem-senthil, M., Constable, P. A., Loh, L., & Prem-senthil, M. (2024). Visual acuity and reading print size requirements in children with vision impairment impairment. Clinical and Experimental Optometry, 107(7), 709–715. https://doi.org/10.1080/08164622.2023.2279190

Masten, A. S., & Cicchetti, D. (2021). Resilience in development. Developmental Psychopathology, 1(1), 129–154. https://doi.org/10.1002/9781119125556.devpsy104

Ogundele, M. O. (2020). Impact of digital questionnaires on mental health screening. BMJ Open, 10(6), e036612. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2019-036612

Pelizza, L., Rossi, E., Zambelli, U., Violante, E., Scarci, M., Mammone, E., Adriani, A., Pupo, S., Paulillo, G., Leuci, E., & Pellegrini, P. (2024). Articoli di ricerca Psychological screening service for newly-admitted inmates in the Parma Penitentiary Institutes : process analysis after 1 year of clinical activity Servizio di screening psicologico per i nuovi giunti negli istituti penitenziari di Parma : analisi di processo dopo un anno di attività clinica. 136–143. https://doi.org/10.7347/RIC-022024-p136

Rahman, A. (2019). WHO’s mental health gap action program: Use of SDQ. World Psychiatry, 18(1), 53–54. https://doi.org/10.1002/wps.20584

Shibuya, S. (2021). Digital mental health assessment in schools using SDQ. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(6), 2948. https://doi.org/10.3390/ijerph18062948

Taylor, J. (2023). SDQ and peer relationship outcomes in adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 52, 1994–2007. https://doi.org/10.1007/s10964-023-01788-2

Theunissen, M. H. C. (2024). Psychometric properties of the SDQ-SR among adolescents with differing educational backgrounds. Frontiers in Psychology, 15, 1289158. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1289158

Vugteveen, J. (2021). The psychometric performance of the SDQ across gender and age. Assessment, 28(5), 1431–1443. https://doi.org/10.1177/1073191119858416

Zhang, X. (2022). Discriminant validity in multidomain primary care instruments. BMC Fam Pract, 23, 78.

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

Febriantika, F., Budiono, I. ., & Pribadi, F. S. . (2025). Digitalisasi dan Validasi Instrumen Ketahanan Diri Remaja (SDQ) sebagai Deteksi Dini Perilaku Maladaptif Remaja di Sekolah. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 15(4), 745–752. https://doi.org/10.32583/pskm.v15i4.3802

Most read articles by the same author(s)