Masalah Perilaku Remaja Siswa SMP Saat Menjalani School from Home pada Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Tini Tini Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Andi Lis Arming Gandini Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Gajali Rahman Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.934

Keywords:

covid-19, perilaku seksual, remaja, school from home

Abstract

Pandemi Covid-19 di berbagai Negara termasuk Indonesia mengakibatkan Pemerintah membuat kebijakan lock down dan pembatasan sosial dengan berkerja, belajar dan beribadah dari rumah. Kebijakan school from home membuat remaja yang menempuh pendidikan formal menggantikan metode pembelajaran tatap muka dikelas menjadi pembelajaran online di rumah. Hal ini dinilai dapat memberikan dampak bagi psikologis remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah perilaku remaja siswa SMP di Kota Samarinda saat menjalani School From Home di Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan analitik deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional pada remaja siswa SMP dan sederajat di kota Samarinda yang dipilih secara multi stage cluster random dan pada sekolah yang terpilih diambil sebanyak 122 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel perilaku remaja diukur dengan menggunakan instrumen Strength and Difficulty Questionare yang memiliki nilai reliabilitas konsistensi internal α Cronbach sebesar 0,77 dan ICC > 0,60. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square dengan taraf signifikansi 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya masalah emosional yang dialami oleh remaja. Terdapat hubungan antara gejala emosional dan perilaku prososial dengan gender remaja (p value < 0,05). Begitu pula dengan aspek kesulitan dan aspek kekuatan yang dimiliki oleh remaja juga memiliki hubungan dengan gender remaja (p value < 0,05).

References

Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, Ratna Setyowati Putri, & priyono Budi santoso. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. In Penebar Media Pustaka.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2015). Perkembangan Media Informasidan Teknologi Terhadap Perkembangan Anak. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization,” 2, 400.

Andini Mukti, G., Pratomo, H., Khotimah Elfiyani, N., Dhahifa Wahyuni, R., Safitri Widayanti Putri, dan, & Peminatan Kesehatan, P. (2020). Dampak Sosial Emosional Remaja Selama Social Distancing : Literature Review Social Emotional Impact in Adolescents During Social Distancing: Literature Review. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 121–128.

Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Perkembangannya. 2(1), 36–46. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/50/49

Bayarmaa, V., Tuya, N., Batzorig, B., Guljanat, Y., Altanzul, N., Soyolmaa, B., Chimedsuren, O., & Nasantsengel, L. (2017). Prevalence of Emotional and Behavioral Problems among Adolescence and Some Risk Factors. Journal of Mental Disorders and Treatment, 03(01). https://doi.org/10.4172/2471-271x.1000136

Bozzini, A. B., Bauer, A., Maruyama, J., Simões, R., & Matijasevich, A. (2021). Factors associated with risk behaviors in adolescence: a systematic review. Brazilian Journal of Psychiatry, 43(2), 210–221. https://doi.org/10.1590/1516-4446-2019-0835

Devita Yeni. (2019). Prevalensi Masalah Mental Emosional Remaja Di Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Priority, 2(1), 33–43.

Ediati, A. (2018). Studi Eksploratif Problem Perilaku Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Seminar Nasional: Penguatan Peran Keluarga Indonesia Di Era Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, 29–30.

Giannakopoulos, G., Dimitrakaki, C., Papadopoulou, K., Tzavara, C., Kolaitis, G., Ravens-Sieberer, U., & Tountas, Y. (2013). Reliability and validity of the Strengths and Difficulties Questionnaire in Greek adolescents and their parents. Health, 05(11), 1774–1783. https://doi.org/10.4236/health.2013.511239

Gillham, J., Adams-Deutsch, Z., Werner, J., Reivich, K., Coulter-Heindl, V., Linkins, M., Winder, B., Peterson, C., Park, N., Abenavoli, R., Contero, A., & Seligman, M. E. P. (2011). Character strengths predict subjective well-being during adolescence. Journal of Positive Psychology, 6(1), 31–44. https://doi.org/10.1080/17439760.2010.536773

Ginige, P., Tennakoon, S. U. B., Wijesinghe, W. H. M. K. J., Liyanage, L., Herath, P. S. D., & Bandara, K. (2014). Prevalence of behavioral and emotional problems among seven to eleven year old children in selected schools in Kandy District, Sri Lanka. Journal of Affective Disorders, 167, 167–170. https://doi.org/10.1016/j.jad.2014.05.062

Hamid, S., Mir, M. Y., & Rohela, G. K. (2020). Novel coronavirus disease (COVID-19): a pandemic (epidemiology, pathogenesis and potential therapeutics). New Microbes and New Infections, 35, 100679. https://doi.org/10.1016/j.nmni.2020.100679

Huang, Y., Procházková, M., Lu, J., Riad, A., & Macek, P. (2022). Family Related Variables’ Influences on Adolescents’ Health Based on Health Behaviour in School-Aged Children Database, an AI-Assisted Scoping Review, and Narrative Synthesis. Frontiers in Psychology, 13(August). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.871795

Kurniasanti, K. S., Assandi, P., Ismail, R. I., Nasrun, M. W. S., & Wiguna, T. (2019). Internet addiction: A new addiction? Medical Journal of Indonesia, 28(1), 82–91. https://doi.org/10.13181/mji.v28i1.2752

Levani, Y., Hakam, M. T., & Utama, M. R. (2020). Potensi Adiksi Penggunaan Internet pada Remaja Indonesia di Periode Awal Pandemi Covid 19. Hang Tuah Medical Journal, 17(2), 102. https://doi.org/10.30649/htmj.v17i2.437

Liu, S. K., Chien, Y. L., Shang, C. Y., Lin, C. H., Liu, Y. C., & Gau, S. S. F. (2013). Psychometric properties of the Chinese version of Strength and Difficulties Questionnaire. Comprehensive Psychiatry, 54(6), 720–730. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2013.01.002

Mundy, L. K., Canterford, L., Olds, T., Allen, N. B., & Patton, G. C. (2017). The Association Between Electronic Media and Emotional and Behavioral Problems in Late Childhood. Academic Pediatrics, 17(6), 620–624. https://doi.org/10.1016/j.acap.2016.12.014

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( Covid-19 ) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Pgsd, 6(1), 39–49. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS

Ortuño-Sierra, J., Aritio-Solana, R., & Fonseca-Pedrero, E. (2018). Mental health difficulties in children and adolescents: The study of the SDQ in the Spanish National Health Survey 2011–2012. Psychiatry Research, 259, 236–242. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2017.10.025

Peterle, C. F., Fonseca, C. L., de Freitas, B. H. B. M., Gaíva, M. A. M., Diogo, P. M. J., & Bortolini, J. (2022). Emotional and behavioral problems in adolescents in the context of COVID-19: a mixed method study. Revista Latino-Americana de Enfermagem, 30(Special Issue). https://doi.org/10.1590/1518-8345.6273.3744

RI, K. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2O2O Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 (p. 300).

RI, K. K. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi COVID-19. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 75. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/Coronavirus/DOKUMEN_RESMI_Pedoman_Kesiapsiagaan_nCoV_Indonesia_28 Jan 2020.pdf

RI, K. K. (2021). Situasi Terkini Perkembangan (COVID-19). In Kemenkes (Issue Oktober, pp. 1–4). https://covid19.kemkes.go.id/download/Situasi_Terkini_050520.pdf

Umami, I. (2019). Psikologi Remaja. IDEA Press Yogyakarta, 82–143.

Wiguna Tjhin, Manengkei Paul Samuel Kris, Pamela Christa, Rheza Agung Muhammad, & Hapsari Windi Atika. (2010). Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak dan Remaja di Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja RSUPN dr. Ciptomangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sari Pediatri, 12(4), 270–277.

World Health Organization. (2022). COVID-19 Weekly Epidemiological Update. World Health Organization, August, 1–33. https://www.who.int/publications/m/item/covid-19-weekly-epidemiological-update

Wulandari, E., & Satiningsih. (2018). Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku prososial pada siswa kelas Xi di Man 1 Tuban. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(3), 1–6.

Yuliana. (2020). Wellness and Healthy Magazine. 2(2), 309. https://wellness.journalpress.id/wellness

Zaharah, Z., Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 269–282. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104

Downloads

Published

03/26/2023

How to Cite

Tini, T., Gandini, A. L. A., & Rahman, G. . (2023). Masalah Perilaku Remaja Siswa SMP Saat Menjalani School from Home pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 15(2), 537–546. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.934