Intervensi Terapi Bermain Pasca Bencana pada Anak: Literatur Review

Authors

  • Maulyda Azzahra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anis Partiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aulia Azzahra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dinda Cantika Rahma Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.891

Keywords:

anak-anak, bencana, intervensi psikologis, terapi bermain

Abstract

Bencana menimbulkan masalah psikologis khususnya pada usia rentan seperti anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intervensi yang dapat diberikan kepada anak-anak untuk mengatasi masalah psikologis pasca bencana dengan terapi bermain. Metode yang digunakan adalah systematic literature review pada artikel jurnal peer-reviewed 5 tahun terakhir di dua database, yaitu PubMed dan Google Scholar. Pada proses screening menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) guidelines ditemukan 1.349.715 artikel, dimasukkan kedalam inklusi dengan hasil akhir 6 artikel sebagai sumber utama. Penilaian kualitas artikel dilakukan dengan menggunakan Critical Appraisal Skills Programme (CASP) dan Joanna Briggs Institute (JBI). Berdasarkan hasil telaah kritis pada 6 artikel, didapatkan hasil yang baik untuk keseluruhan artikel. Hasil review menunjukkan bahwa terdapat beberapa intervensi terapi bermain yang efektif dilakukan, seperti dengan menggambar, bercerita, permainan tradisional, konseling traumatik, permainan instruksional, permainan blok, dan terapi bermain kelompok.

References

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Play therapy in perspective theory of eco systemic therapy. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 119. https://doi.org/10.26539/1222

Ardini, P. P., Arifin, I. N., & Pupala, B. (2022). Games Monopoli : Permainan Berbasis Windows Power Point untuk Mengenalkan Konsep Mitigasi Bencana Gempa di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Lonto Leok, 4(1), 65–75.

Astuti, N. L. S., Saifudin, I. M. M. Y., Firdaus, A., Nancy, M. Y., & Andriana, H. T. (2022). Efektivitas Intervensi Berbasis Psikososial terhadap Penanggulangan Trauma Pasca Bencana: A Systematic Literature Review. Jurnal Keperawatan, 14(4), 1069–1080.

Darmayanti, N., Ekawati, D., & Rachmat, A. (2020). Traditional sundanese games as play therapy for traumatic risk reduction of child earthquake victims: A cultural and psychological study. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(2), 479–494.

Ekawati, D., Darmayanti, N., & Rachmat, A. (2021). Pelatihan Pemulihan Trauma Pangandaran Melalui Permainan Tradisional. 4(2).

Endang Sri Maruti, Nur Samsiyah, Suharni, & Fida Rahmantika Hadi. (2021). Upaya Penyembuhan Trauma Pascabencana pada Anak-anak Desa Banaran Ponorogo dengan Permainan Tradisional dan Tembang Dolanan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 88–97. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.486

Firdausi, I. A., Mulyasih, R., Santi, E. T., Marthalena, Mardiana, S., Pitasari, D. N., Annisarizki, Rizka, D., & Putri, L. D. (2022). Pendampingan Trauma Healing dan Edukasi Bencana Pada Anak-Anak Korban Bencana Banjir di Kelurahan Kasunyatan Kasemen Kota Serang. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 91–98. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i2.5864

Hunainah, R. D. (2021). Indonesian Journal of Early Childhood: Traumatic Counseling For Children Affected By the Tsunami Disaster. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 10(1), 11–19.

Jiwandono, I. S., Setiawan, H., Witono, A. H., & Hazmi, H. Y. (2020). Pendampingan Rehabilitasi Psikososial Penyintas Gempa Lombok Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(3), 326–334. https://doi.org/10.29303/jwd.v1i3.76

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 76–146. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726

Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak. (2019). Buku Panduan Dukungan Psikososial Bagi Anak Korban Bencana Alam. Kemenpppa.Go.Id, 4; 48.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Modul bimbingan teknis pemulihan trauma (trauma healing). 1–101.

Mariah Handayani, S., Handayani, S. M., Sudirman, Susanti, S., & Nainggolan, E. (2019). Instructional Games “Remang” for Child Victims of Sinabung Mountain Eruption in Karo Regency. 208(Icssis 2018), 208–212. https://doi.org/10.2991/icssis-18.2019.42

Maspupatun, I. (2017). Keefektifan Play Thrapy untuk Penanganan Stress Pasca Trauma Bencana Alam. Proceedings International Conference, 100–109.

Nengrum, L. S., & Ramadhani, D. A. (2021). Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Puzzle Terhadap Trauma Pada Anak Prasekolah Pasca Bencana Banjir Bandang Di Kota Batu Jawa Timur The Effect Of Puzzle Play Therapy On Trauma To Preschool Children After The Flash Flood Disaster In East Java Batu City. Borneo Journal of Medical Laboratory Technology, 3(2), 347–352.

Pramardika, D. D., Hinonaung, J. S. H., Mahihody, A. J., & Wuaten, G. A. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Trauma Healing Pada Anak Korban Bencana Alam. Faletehan Health Journal, 7(02), 85–91. https://doi.org/10.33746/fhj.v7i02.131

Purnamasari, A., Andas, A. M., Prima, A., & Harahap, D. (2022). Efektivitas Terapi Bermain Menggambar terhadap Kecemasan Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit. Jurmal Surya Medika, 8(1), 188–193. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/jsm.vxix.xxx.

Rahmat, H. K., Nurmalasari, E., & Basri, A. S. H. (2018). Implementasi Konseling Krisis Terintegrasi Sufi Healing Untuk. Prosiding Pit Ke-5 Riset Kebencanaan Iabi Universitas Andalas, May, 671–678.

Rusmana, N., Hafina, A., & Suryana, D. (2020). Group Play Therapy for Preadolescents: Post-Traumatic Stress Disorder of Natural Disaster Victims in Indonesia. The Open Psychology Journal, 13(1), 213–222. https://doi.org/10.2174/1874350102013010213

Santia, G., Shaleh, K., & Suhendi, H. (2021). Dakwah Peningkatan Pemahaman Agama Melalui Kegiatan Traumatic Healing. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 72–78. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i2.374

Setiawan, H., Jiwandono, I. S., Witono, A. H., Oktaviyanti, I., & Purnama, I. (2021). Pendampingan Trauma Pascagempa Berbasis Kearifan Lokal di Desa Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdimas PHB, 4(1), 115–122.

Sonartra, E. N. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesehatan Mental Anak Dan Remaja : Literatur Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(1), 25. https://doi.org/10.26753/jikk.v17i1.507

Sulastri, S., Rohayati, R., & Febriaty, S. (2021). Bermain Buku Pop-Up sebagai Terapi Gangguan Mental Emosional Pasca Bencana Tsunami. Jurnal Kesehatan, 12(3), 404. https://doi.org/10.26630/jk.v12i3.2815

Thoyibah, Z., Dwidiyanti, M., Mulianingsih, M., Nurmayani, W., & Wiguna, R. I. (2019). Gambaran Dampak Kecemasan dan Gejala Psikologis pada Anak Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok. Holistic Nursing and Health Science, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.14710/hnhs.2.1.2019.31-38

Triasari, L., Yusuf, A. h., Retno, S., Triyana, P., & Abidin, Z. (2020). Play Therapy to Reduce Traumatic Stress in Earthquake-affected Children in North Lombok, West Nusa Tenggara. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 3(1), 133–140. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i1.209

Wang, X., Takashima, K., Adachi, T., & Kitamura, Y. (2021). Can playing with toy blocks reflect behavior problems in children? Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3411764.3445119

Wuaten, G. A. (2020). Pengaruh terapi Bermain terhadap. Faletehan Health Journal, 7(2), 85–91.

Downloads

Published

04/18/2023

How to Cite

Azzahra, M. ., Partiwi, A., Azzahra, A. ., & Rahma, D. C. (2023). Intervensi Terapi Bermain Pasca Bencana pada Anak: Literatur Review. Jurnal Keperawatan, 15(3), 1119–1130. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i3.891