Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas X dalam Menjalani Pembelajaran Sistem Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ariani Sulistyorini Program Studi Pendidikan Profesi Ners, STIKES Karya Husada Kediri
  • Enur Nurhayati Program Studi Pendidikan Profesi Ners, STIKES Karya Husada Kediri
  • Dodik Arso Wibowo Program Studi Pendidikan Profesi Ners, STIKES Karya Husada Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.87

Keywords:

covid-19, motivasi, pembelajaran daring, siswa SMA

Abstract

Pandemi yang dialami semua negara termasuk Indonesia, membuat kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan. Pemerintah menganjurkan aktivitas bertatap muka secara langsung dibatasi, termasuk aktifitas pendidikan dilakukan secara daring yang  berdampak pada motivasi belajar siswa. Terdapat faktor internal dan external  yang berhubungan dengan motivasi siswa dalam pembelajaran daring selama pandemi.Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa SMA kelas X dalam menjalani pembelajaran sistem daring pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Blitar Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Desain penelitian menggunakan Observasional Analitic. Populasi sebanyak 381 siswa, jumlah sampel 38 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Variabel penelitian adalah Faktor yang berhubungan dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas X dan Motivasi Siswa dalam pembelajaran Daring. Instrument penelitian berupa kuesioner (online form). Penelitian dilakukan tanggal 15-30 Desember 2020. Data dianalisa dengan analisis Corelation yaitu uji Rho Spearman dan Coefisien Kotigensi dengan nilai Alpha 5%. Analisis Corelation didapatkan hasil, faktor usia p value 0.719, Jenis Kelamin p value 0.329, tinggal serumah p value 0.123 dimana dari ketiga faktor tersebut p value ≥ 0,05 berarti faktor usia, jenis kelamin dan tinggal serumah dengan siapa  tidak berhubungan dengan motivasi belajar siswa pada masa pandemi. Faktor Jaringan Internet didapatkan p value 0,015 dimana jika p value ≤ 0,05 berarti faktor jaringan internet berhubungan dengan motivasi belajar siswa selama masa pandemi.  Faktor Usia, jenis kelamin dan Teman /tinggal serumah dengan siapa adalah  faktor yang  tidak berhubungan dengan motivasi belajar siswa, dan layanan jaringan Internet merupakan faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa selama masa pandemi.

References

Astuti, P. & Febriana, F (2019). Blended Learning Syarah : Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa . Jurnal Gantang, 4 (2), 111119, http://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560.

BPBD. (2020, 16 Agustus 2020). Update Persebaran Covid-19 di Wilayah Kabupaten Blitar.

Cahyani, A. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al Qur'an) : Jurnal Pendidikn Islam, 3(01), 123-140, https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

DetikNews. (2020, 21 September 2020). Tahapan Penyaluran Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap IMplementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar . Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89, 55-61.

Dito Aditia D N, E. E. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, Vol 5, Issue 2,, 212-224.

Dyah Lukita, N. S. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi BElajar Siswa DiEra Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, P-ISSN 2089-4341 , E-ISSN 2655-9633, https;//uia.e-Journal.id/akademika/article/1271.

Ferismawati. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19. Automatic Classification And Segmentation Of Brain Tumor In CT Images Using Optimal Dominant Gray LLvel Run Length TExture Features, 2 (10) , 53-59, https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Fitriyani, Y. F. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7 (1), https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973, 121-132.

Fitriyani, Y. I. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 . Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973, 121-132.

Gusti Ayu, N. D. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar ditinjau dari Jenis Kelamin dan Urutan Kelahiran di SMA 1 Tabanan dengan System Full Day School. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khisus Psikologi Pendidikan, 145-155, e-ISSN : 26544024 : p-ISSN : 23545607, https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52513/31041.

Harandi, S. (2015). Effect of E-Learning on Students Motivations. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 181, https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905, 423-430.

Hurlock, E. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

JatimNow. (2020, 16 April 2020). 92,29 Persen Pelajar di Jatim Senang Belajar Daring Kreatif.

Kemdikbud, R. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah Covid-19 di lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), 3, 1-1. Jakarta.

Kompas. (2020, 13 Juli 2020). Sekolah Pelosok Tak Bisa Gelar Pembelajaran Daring.

Nakayama, M. M. (2014). Impact of Learner's Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of E- Learning, 12 (4). www.ejel.org, 394-408.

Sadikin, A. &. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 . Biodik, 6 (2), https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759, 109-119.

Sadirman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Samir Abou El-Seoud, M. a. (2014). E-Learning and Students' Motivations : A Research Study On The Effect Of E-Learning on HIgher Education. International Journal of Emerging Technologies in learning, 9 (4), 20-26.

Schunk, D. M. (2014). Motivation in EDucation : Theory, REsearch, And Applications (4th Ed). Pearson.

Sousa, D. (2012). How The Brain Learn. Amerika: Corwin Publisher.

WHO. (2020). Pesan dan Kegiatan Utma Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah. Unicef, 1, ibender@unicef.org, 1-14.

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Sulistyorini, A. ., Nurhayati, E., & Wibowo, D. A. . (2022). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas X dalam Menjalani Pembelajaran Sistem Daring pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Keperawatan, 14(1), 241–252. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.87