Hubungan Kesiapan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Semester V di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Wahyu Prihantoro Nursing Program, Universitas Widya Husada Semarang
  • Dwi Nur Aini Nursing Program, Universitas Widya Husada Semarang
  • Dyah Restuning Prihati Nursing Program, Universitas Widya Husada Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.78

Keywords:

covid-19, kesiapan pembelajaran jarak jauh, mahasiswa keperawatan, tingkat kecemasan

Abstract

Pada 11 Februari 2020, WHO secara resmi mengumumkan penamaan baru virus penyebab pneumonia misterius itu dengan nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) dan nama penyakit yang ditimbulkannya adalah Coronavirus Disease 2019. Dengan adanya pandemi Covid-19 pembelajaran jarak jauh diterapkan untuk mengurangi kasus penyebaran Covid-19 serta mengurangi tingkat kematian yang disebabkan Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kesiapan pembelajaran jarak jauh dengan tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan Semester V di Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan coss sectional. Penelitian ini dilakukan pada 52 sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Responden sebagian besar memiliki kesiapan pembelajaran jarak jauh baik berjumlah 40 orang (76,1%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 40 orang (76,1) dalam kategori kecemasan ringan. Hasil uji statistic p value = 0,000 dan rhitung = 0,675. Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada Hubungan Kesiapan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Semester V di Masa Pandemi Covid-19

References

Abidin, Zainal, Hudaya, Adeng dan Anjani, Dinda. 2020. Efektivitasan pemelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Jakarta : Research and Development Journal of Education: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 2020. 2406-9744.

Anggita, Ika Nur. 2020. Analisis kesiapan pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa. 2020.

Fadhil, & Fidyah Nanda Alditia, F. N. 2020. Lawan Virus Corona studi nutrisi untuk kekebalan tubuh. Surabaya : Airlangga University Press., 2020.

Handayani, Dyah. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jakarta : Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,, 2020.

Hanoatubun, Silpa. 2020. Dampak covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. s.l. : Universitas Kristen Satya Wacana, 2020. Vol. 2. 2716-4446.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi Covid-19. s.l. : Jurnal Pendidikan, 2020. Vol. 1.

Hasanah, Uswatun & Ludiana. 2020. Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran selama Pandemi Covid-19. Semarang : Jurnal Keperawatan Jiwa, 2020. 2338-2090.

Hasbi, Muhammad dan Sumarni, Woro. 2020. Pemanfaatan Platfrorm Digital di Masa Pandemi Covid. Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2020.

Hastuti, Retno dan Puwaningsih, Puji;. 2021. Hubungan media penyampaian materi pembelajaran daring dengan kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid 19 . Semarang : Repository : Universitas Ngudi Waluyo, 2021.

Hastuti, Retno Yuli; Arumsari, Ayu. 2015. Pengaruh Terapi Hipnotis Lima Jari Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Stikes Muhammadiyah Klaten. Klaten : Motorik : Jurnal Ilmu Kesehatan, 2015. Vol. 10.

Kartika, A. R . 2018. Model Pembelajaran Daring. s.l. : Journal of Early Childhood Care & Education, 2018. 27.

Kartika, Difa. 2020. Faktor-faktor kecemasan akademik selama pembelajaran daring pada siswa SMA di Kabupaten Serolangun. 2020. 2614-3097.

Kemendikbud, RI. 2020. PEDOMAN PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Jakarta : S.N., 2020.

Kemenkes. 2021. https://www.kemkes.go.id/article/view/20012900002/Kesiapsiagaan-menghadapi-Infeksi-Novel-Coronavirus.html. 2021.

Khusniyah, Hakim. 2019. Efektifitas pembelajaran berbasis daring : sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. s.l. : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 2019. Vol. 17 No 1.

Kurniawan, Kanita & Maria Wisnu. 2021. Pengaruh Virtual Reality terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir di Masa Pandemi Covid-19. Surakarta : Fakultas Ilmu Kesehatan Profesi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Universitas Kusuma HUsada Surakarta, 2021.

Kusumawardhani, Oktavy Budi. 2020. Gambaran Faktor Penyebab Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Menghadapi Tugas Akhir di Stikes 'Aisyiyah Surakarta. Surakarta : University Researh Colloquium, 2020.

Masrul, L.A. 2020. Pandemik Covid-19 : Persoalan dan Refleksi di Indonesi. Medan : Yayasan Kita Menulis, 2020.

Matdio, S. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jakarta : Jurnal Kajian Ilmiah, 2020.

Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. 2020. Efektifitas Whatshapp Sebagai Media Belajar Daring . s.l. : Jurnal Basic Edu, 2020.

Mustofa, Chodzirin & Sayekti, L. 2019. Formulasi Model perkuliahan daring Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. s.l. : Indonesia Languange Education and Literature, 2019. 01.

Notoadmodjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta, 2018.

Nurcita, Boenga; Susantiningsih, Tiwuk. 2020. E-Jurnal Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Dan Physical Distancing Pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. 2020. 2621-9514.

Nurhalimah. 2016. Modul Bahan Ajar Cetak : Keperawatan Jiwa. Jakarta : Pusdik SDM Kesehatan Kemenkes RI, 2016.

Nurrahmawati & Riza. 2021. Pengaruh Kesiapan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Surabaya : Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021. 2656-8071.

Oktawirawan, Hardani Dwi. 2020. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jambi : s.n., 2020. 1411-8939.

Pemprovjateng. 2021. https://corona.jatengprov.go.id/. 2021.

Pradipta, Jaka AM. 2020. ANTIPANIK! Buku Panduan Virus Corona. Jakarta : PT Elex Media Komputindo, 2020.

Putri, Rizky Muharani; Oktaviani, Anissa Dwi dkk. 2020. Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan tingkat stress mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta : Indonesian Journal of Health Promotion Behavior, 2020.

Rachmawati, Dkk. 2020. Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan Ipa saat Pandemi Covid-19 di UIN Sunan Ampel. Surabaya : Indonesian Journal of Science Learning, 2020. Vol. 1.

Downloads

Published

05/06/2022

How to Cite

Prihantoro, W., Aini, D. N., & Prihati, D. R. (2022). Hubungan Kesiapan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Semester V di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 189–198. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.78