Pengaruh Stres Mannagement and Relogious Therapy (SMART) terhadap Kecemasan dan Stres Mahasiswa Ners pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Adhin Al Hasanah STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Kartika Kartika STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i1.738

Keywords:

kecemasan, mahasiswa ners, relaksasi nafas dalam, smart, stres

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada segala sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan kesehatan. Mahasiswa profesi ners merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami masalah ini. Paparan  stres dan kecemasan  jangka  panjang  dan  tak  terkendali pada mahasiswa ners dapat  berdampak  negatif pada kesehatan, penurunan konsentrasi, masalah dalam pengembangan identitas  professional, kehilangan motivasi, dan ancaman drop out selama masa pendidikan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan manajemen stres pada mahasiswa ners. Salah satu program yang dapat dilakukan adalah Stress Management and Religious Therapy (SMART). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi SMART terhadap stres dan kecemasan mahasiswa ners pada masa pandemic covid-19. Metode Penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian yang adalah  quasi experimental pre-post test with control group dengan intervensi SMART. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian adalah Pandemic-Related Perceived Stress Scale of COVID-19 (PPSS) dan Covid-19 Anxiety Scale (CAS). Data yag didapatkan dianalisis menggunakan paired t test, wilcoxon  dan mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa kelompok yang mendapat terapi SMART dan terapi nafas dalam keduanya mengalami penurunan skor stress dan kecemasan. Hasil perbandingan antar kelompok menunjukkan bahwa kelompok dengan terapi SMART memiliki penurunan skor stress dan kecemasan yang lebih signifikan dibandingkan dengan keompok terapi nafas dalam.

 

References

Ando, M., Morita, T., Akechi, T., Ito, S., Tanaka, M., Ifuku, Y., & Nakayama, T. (2009). Therapy on Anxiety , Depression , and Spirituality. Journal of Paliative Medicine, 12(12).

Ariviana, I. S., Wuryaningsih, E. W., & Kurniyawan, E. H. (2021). Tingkat Stres, Ansietas, Dan Depresi Mahasiswa Profesi Ners Di Masa Pandemi Covid-19 Iis. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4 (November), 741–752. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj%0ATINGKAT

Campo-Arias, A., Pedrozo-Cortés, M. J., & Pedrozo-Pupo, J. C. (2020). Pandemic-Related Perceived Stress Scale of COVID-19: An exploration of online psychometric performance | Escala de estrés percibido relacionado con la pandemia de COVID-19: una exploración del desempeño psicométrico en línea. Revista Colombiana de Psiquiatria, 49(4), 229–230. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7366950/pdf/main.pdf

Chandratre, S. (2020). Medical Students and COVID-19 : Challenges and Supportive Strategies. 4–5. https://doi.org/10.1080/09

Dhamayanti, T. P., & Yudiarso, A. (2019). The Effectiveness of Mindfulness Therapy for Anxiety : A Review of Meta Analysis. https://doi.org/10.24167/psidim.v19i2.2734

Fauziyah, N. F., & Aretha, K. N. (2021). Hubungan Kecemasan , Depresi Dan Stres Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas. HERB-MEDICINE JOURNAL, 4(April), 42–50.

Gallego-Gómez, J. I., Campillo-Cano, M., Carrión-Martínez, A., Balanza, S., & Rodríguez-González-Moro, M. T. (2020). The COVID-19 Pandemic and Its Impact on Homebound Nursing Students. INTERNATIONAL JOUNAL oF ENVIRONMENTEL RESEARCH, 17, 1–12.

Huang, L., Xu, F., & Liu, H. (2020). Emotional responses and coping strategies of nurses and nursing college students during COVID-19 outbreak.

Indriyani, P., Supriyatno, H., & Santoso, A. (2010). Nurse Media Journal of Nursing. Nurse Media Journal of Nursing, 1(2), 89–99. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/medianers/article/view/717/586

MacGregor, S. (2011). Piece Of Mind: Menggunakan Kekuatan Pikiran Bawah Sadar Untuk Mencapai tujuan.

Shanafelt, T., Ripp, J., Sinai, M., & Trockel, M. (2020). Understanding and Addressing Sources of Anxiety Among Health Care Professionals During the COVID-19 Pandemic. 2019, 2019–2020. https://doi.org/10.1001/jama.2020.5893

Silva, W. A. D., de Sampaio Brito, T. R., & Pereira, C. R. (2022). COVID-19 anxiety scale (CAS): Development and psychometric properties. Current Psychology, 41(8), 5693–5702. https://doi.org/10.1007/s12144-020-01195-0

Sögüt, S., Dolu, İ., & Cangöl, E. (2021). The relationship between COVID-19 knowledge levels and anxiety states of midwifery students during the outbreak: A cross-sectional web-based survey. Perspectives in Psychiatric Care, 57(1), 246–252. https://doi.org/10.1111/ppc.12555

Triwahyuni, L., & Zukhra, R. M. (2021). Anxiety In The Laboratory Skill Examination. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 10(2), 175–182.

Verawaty, K., & Hunun, S. (2020). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas dalam Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Semester II dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester di Akademi Perawatan RS PGI Cikini. Jurnal Keperawatan Cikini, 1(1), 16–21.

WHO. (2020a). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020.

Downloads

Published

01/12/2023

How to Cite

Hasanah, A. A., & Kartika, K. (2023). Pengaruh Stres Mannagement and Relogious Therapy (SMART) terhadap Kecemasan dan Stres Mahasiswa Ners pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Keperawatan, 15(1), 7–12. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i1.738