Pengaruh Kelas Ibu Hamil terhadap Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan

Authors

  • Jomarna L E Maniagasi Universitas Hasanuddin
  • Werna Nontji Universitas Hasanuddin
  • Mardiana Ahmad Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.691

Keywords:

kelas ibu hamil, menghadapi buruh, tingkat kecemasan pada ibu hamil

Abstract

Pelayanan kesehatan ibu hamil termasuk kelas antenatal dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan atau kekhawatiran dalam menghadapi persalinan dan mempermudah proses persalinan dengan memberikan motivasi dan edukasi kepada ibu hamil. Selain itu, rasa cemas dan nyeri dapat diminimalisir dengan meningkatkan kemampuan ibu untuk rileks selama masa kehamilan dan persalinan serta persiapan fisik dan psikis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Klinik AHBS Papua Kabupaten Jayapura tahun 2022. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 54 partisipan penelitian kualitatif dengan Desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat kecemasan. Kuesioner yang digunakan adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Hasil dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pelaksanan kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan sebelum dan sesudah mengikuti kelas ibu hamil di Klinik AHBS Papua Kabupaten Jayapura Tahun 2022 serta ada perbedaan tingkat kecemasan ibu hamil setelah pelaksanaan kelas ibu hamil dengan rerata nilai 19,44 dibandingkan sebelum pelaksanaan kelas ibu hamil 12,28.

References

Infodatin. (2018). Retrieved december Wednesday, 2019, from Pusat data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI: https://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-diabetes.pdf

Adhiwijaya, A. (2021). Populasi dan sampel penelitian kesehatan. In P. P. R. Yohannes (Ed.), Metodologi penelitian kesehatan (pp. 88–109). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Agten, A. K., Xia, J., Servante, J. A., Thornton, J. G., & Jones, N. W. (2021). Routine ultrasound for fetal assessment before 24 weeks’ gestation. Cochrane Database of Systematic Reviews, 8.

Anderson, P. J. (2014). Neuropsychological outcomes of children born very preterm. Seminars in Fetal and Neonatal Medicine, 19(2), 90–96. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24361279

Aniroh, U., & Fatimah, R. F. (2019). Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida dalam Menghadapi Persalinan Ditinjau dari Usia Ibu dan Sosial Ekonomi. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas, 2(2), 1–6.

Anniverno, R., Bramante, A., Mencacci, C., & Durbano, F. (2013). Anxiety Disorders in Pregnancy and the Postpartum Period. New Insights into Anxiety Disorders. https://doi.org/10.5772/52786

Araji, S., Griffin, A., Dixon, L., Spencer, S.-K., Peavie, C., & Wallace, K. (2020). An overview of maternal anxiety during pregnancy and the post-partum period. Journal of Mental Health & Clinical Psychology, 4(4).

Bernstein, H. B., & VanBuren, G. (2013). Chapter 6. Normal pregnancy and prenatal care. Current diagnosis and Treatment: obstetrics and gynecology. 11e. McGraw Hill.

Biaggi, A., Conroy, S., Pawlby, S., & Pariante, C. M. (2016). Identifying the women at risk of antenatal anxiety and depression: a systematic review. Journal of Affective Disorders, 191, 62–77.

Boxer, J., Weddell, S., Broomhead, D., Hogg, C., & Johnson, S. (2019). Home pregnancy tests in the hands of the intended user. Journal of Immunoassay and Immunochemistry, 40(6), 642–652.

Brockington, I. (2011). Maternal rejection of the young child: Present status of the clinical syndrome. In Psychopathology (Vol. 44, Issue 5). https://doi.org/10.1159/000325058

Cai, C., Busch, S., Wang, R., Sivak, A., & Davenport, M. H. (2022). Physical activity before and during pregnancy and maternal mental health: A systematic review and meta-analysis of observational studies. Journal of Affective Disorders, 309, 393–403. https://doi.org/10.1016/J.JAD.2022.04.143

Care, N. I. for H. and. (2015). Antenatal and postnatal mental health: clinical management and service guidance. Essentially MIDIRS, 6(1).

Downloads

Published

12/25/2022

How to Cite

Maniagasi, J. L. E. ., Nontji, W., & Ahmad, M. (2022). Pengaruh Kelas Ibu Hamil terhadap Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil dalam Menghadapi Persalinan . Jurnal Keperawatan, 14(4), 1037–1046. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.691