Efektifitas Pelaksanaan Metode Games PHBS Protokol Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Varian Baru Dimasa Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Authors

  • Zulkarnain Zulkarnain STIKES Yahya Bima Talabiu
  • Sahriana Sahriana STIKES Yahya Bima Talabiu

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.690

Keywords:

coronavirus 19, GERMAS, PHBS, sumber informasi

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan kedaruratan kesehatan masyarakat. Dalam situasi seperti ini Pemerintah, dan masyarakat perlu ada upaya untuk perbaikan strategi pencegahan dan penanganan Covid-19. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam penanggulangan penyebaran covid-19 namun masyarakat masih banyak yang belum menyadari bahaya covid-19 dan masih belum tertib dalam mengikuti himbauan dari pemerintah terutama menjalankan protokol kesehatan dan penerapan PHBS sebagai solusi pencegahan disaat masa new normal terutama pada anak-anak yang akan melaksanakan aktifitas saat pemberlakuan sekolah Ofline. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pelaksanaan metode games PHBS Protokol Kesehatan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Varian Baru Dimasa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan rancangan penelitian menggunakan jenis penelitian Deskriptif, desain penelitian Quasi Eksperimental, teknik pengambilan data menggunakan metode Random Sampling. Sebanyak 120 responden diberikan intervensi kemudian di lakukan pengukuran didapatkan hasil terdapat peningkatan pengetahuan dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 varian baru pada siswa sebelum dan sesudah intervensi dilakukan ditandai dengan nilai p value 0,000. Penyebaran kasus Covid-19 sejak tahun 2021 terus berangsur menurun, meskipun demikian tetap ada kewaspadaan yang tinggi terhadap penyebaran dan potensi penularan penyakit menular terutama covid-19 dengan varian baru yang dapat mengganggu stabilitas Kesehatan masyarakat.

References

Abuhammad, S. (2021). Parents’ Knowledge and Attitude Towards Covid‐19 in Children: a Jordanian Study. International journal of clinical practice, 75(2), e13671.

Anhusadar, L. O. Islamiyah.(2021). Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini penerapan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di tengah pandemi covid, 19, 463-475.

Donsu, J. D. T. (2016). Metodologi penelitian keperawatan.

Felicia, F. V. (2020). Manifestasi klinis infeksi covid-19 pada anak. Cermin dunia kedokteran, 47(8), 420-423.

Hidayati, N., Puspawaty, N., Mardiyono, M., & Soebiyanto, S. (2022). Penyuluhan kesehatan “pola makan sehat untuk mencegah covid-19” di desa triyagan kecamatan mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Adi widya: jurnal pengabdian masyarakat, 6(1), 85-91.

Indonesia, K. P. R. (2020). Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Wrus D/Sease 2019 (Ccovid 19) Sebagai Bencana Nasional.

Lastriyana, L.(2016) Hubungan pengetahuan, sikap dan motivasi keluarga dengan perilaku hidup bersih dan sehat (Phbs) tatanan rumah tangga di kecamatan murung pudak kabupaten tabalong. uniska.

Kaharuddin, K. A. (2021). Pertanggungjawaban pidana bagi pelaku penimbunan masker pada masa pandemi covid-19 (studi di polres kota madiun) (doctoral dissertation, UPN" veteran'jawa timur).

Maryunani, A. (2013). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Makatita, S. H. (2021). Upaya pencegahan covid-19 melalui edukasi PHBS pada masyarakat Desa Saliong. Bakti: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(1), 17-27.

Nuryawati, L. S., & Irawan, A. T. (2022). Hubungan peran orang tua dengan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi pada anak usia dini (3-6 tahun) di desa Tanjungmedar Puskesmas Tanjungmedar. Medisina, 8(2), 73-81.

Nursalam, J. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Jakarta: Salembang Medika.

Downloads

Published

12/25/2022

How to Cite

Zulkarnain, Z., & Sahriana, S. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Metode Games PHBS Protokol Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Varian Baru Dimasa Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Jurnal Keperawatan, 14(4), 1029–1036. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.690