Edukasi Kesehatan dengan Metode Simulation Game terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Penyakit Hepatitis Akut Pada Orang Tua

Authors

  • Ferawati Ferawati ISTeK ICsada Bojonegoro
  • Mei Fitria Kurniati ISTek ICsada Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.614

Keywords:

edukasi kesehatan, hepatitis akut, pencegahan, simulasi game

Abstract

Penyakit hepatitis dapat memberikan kerugian ekonomi dan social karena lamanya proses masa penyembuhan. Bentuk pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara memberikan edukasi menjaga Kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Edukasi Kesehatan dengan metode simulation game Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Penyakit Hepatitis Akut Pada Orang Tua Di TK Pertiwi Bojonegoro. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Juli 2022. Peneliti menggunakan metode penelitian pra-eksperimental dengan pendekatan one-group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa siswi sejumlah 32 jiwa non probability sampling dengan total sampling. Proses analisa data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, hasil uji Wilcoxon menunjukan hasil nilai P- value pada kolom sig (2 tailed ) didapatkan nilai 0.001 lebih kecil dari level of significant α 0,05 ( 0,001 < 0,05 ). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pengaruh Edukasi Kesehatan dengan metode simulation game Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Penyakit Hepatitis Akut Di TK Pertiwi Bojonegoro. Peningkatan derajat kesehatan merupakan salah satu penilaian dalam indeks pembangunan manusia. Hali ini didasari oleh sebuah perilaku setiap individu, tatanan rumah tangga, kantor, tempat umum dan sebagainya, khususnya kepada anak-anak.

References

Aulina, Choirun Nisak. 2018. “Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo.” AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1): 50. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1480.

Azizah, H. A. N., Amelia, C. R., & Dewi, M. (2018). Perbedaan Pengaruh Metode Simulation Game (SIG) dengan Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri di SMK Negeri 1 Pujon. Journal Of Issues In Midwifery, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2018.002.02.1

Bawole, B. B., Umboh, J. M. L. and Sumampouw, O. J. (2018) ‘Hubungan antara TIngkat Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Murid Sekolah Dasar GMIM 9 dan Sekolah Dasar Negeri Inpres Pinangunian Kota Bitung’, 7(5).

Cahyono, S. B. 2010. Vaksinasi Cara Ampuh Cegah Penyakit Infeksi. Yogyakarta: Kanisisus.

Fitriani, Sinta. (2011). Promosi Kesehatan .Yogyakarta: Graha Ilmu

Habeahan, J. (2010) ‘Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak-anak Di Yayasan Panti Asuhan Rapha-El Simalingkar Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan Tahun 2009’, Univeritas Sumatera Utara.

Hermawati, H., & Sastrawan, S. (2021). Pengaruh Edukasi Dengan Simulation Game Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Stunting Di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 2019–2022. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2060

Kusumawardhani, A. et al. (2017) ‘Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Mencuci Tangan yang Benar pada Siswa Kelas 1 dan 2 di SDN 2 Karanglo, Klaten Selatan’, Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, 2(1), pp. 184–188.

Maharani, S. A., Wati, L. R., & Sariati, Y. (2019). Perbandingan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Antara Metode Brain Storming Dan Simulation Game (SIG) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mengenai Kanker Payudara Pada Siswi Kelas XII SMAN 4 Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(1), 33–47. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.01.5

Maulana, Heri. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Mubarak, W.I. 2007. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Martin A and Lemon SM, 2016. Hepatitis A virus. From discovery to Vaccines. Hepatology: Vol 45 No.2 Suppl 1, S164-S172.

Mardhiati, Retno. 2019. “Guru Paud : Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Usia Dini” 2 (3): 9.

Mardhiyah A, Henny S.M, & Laili R. 2019. Promosi Kesehatan Kepada Orang Tua Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Mencegah Hepatitis A pada Anak. Jurnal MKK Volume 2 No 1. Bandung : Universitas Padjadjaran.

Nainggolan, L. E. et al. (2020) Belajar dari Covid-19 Perspektif Ekonomi dan Kesehatan. Edited by S. Janner. Yayasan Kita Menulis.

Noer, Sjaifoellah H.M. 2017. Sundoro, Julitasari. Buku Ajar Ilmu Penyakit Hati Edisi Pertama. Editor : H. Ali Sulaiman. Jakarta: Jayabadi.

Nugraheni, H., Indarjo, S. and Suhat (2018) Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Puspa Sari, P. S., Susanti, A. I., Astuti, S., Wijaya, M., & Annisa, E. N. N. (2019). Perbandingan Pengetahuan Remaja Mengenai Pendewasaan Usia Perkawinan Melalui Metode Fasil Dan Simulation Game. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 3(2), 12–19. https://doi.org/10.36749/seajom.v3i2.9

Raharjo, A. S. and Indarjo, S. (2014) ‘Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah pada Tempatnya’, Unnes Journal of Public Health, 3(1), pp. 1–10. doi: ijd823 [pii] ET - 2000/01/29.

Ryadi, A. L. S. (2016) Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Saputra, A., & Fatrida, D. (2020). Edukasi Kesehatan Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Berbasis Audiovisual Di Panti Asuhan Al-Mukhtariyah Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 125–133. khidmah.stikesmp.ac.id

Downloads

Published

12/25/2022

How to Cite

Ferawati, F., & Kurniati, M. F. (2022). Edukasi Kesehatan dengan Metode Simulation Game terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Penyakit Hepatitis Akut Pada Orang Tua. Jurnal Keperawatan, 14(4), 1057–1064. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i4.614