Perilaku Anak Usia Sekolah Dasar sebagai Dampak Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Luh Kompyang Sulisnadewi Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Denpasar
  • I Ketut Gama Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.5

Keywords:

anak usia sekolah, perilaku, pandemi covid-19

Abstract

COVID-19 dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Kasus Covid pada anak di Provinsi Bali semakin hari semakin meningkat. Update hingga 22 Juli 2020, terdapat 161 kasus covid 19 pada usia 0-9 tahun, 223 orang berusia 10-19 tahun. Kasus tertinggi terjadi di Kota Denpasar yaitu 73 orang berusia 0-9 tahun dan 106 orang berusia 10-19 tahun. (Dinas Kesehatan Provinsi Bali, 2020). Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar usia 7-12 tahun di kota Denpasar, Gianyar dan Klungkung yang dipilih dalam klaster berstratifikasi dengan jumlah sampel 280 orang. Data dianalisis secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata usia anak yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah 10,91 tahun, dan sebagian besar berjenis kelamin perempuan. Rata-rata usia orang tua adalah 39,96 tahun, dan sebagian besar berjenis kelamin perempuan, sebagian besar berpendidikan SLTA dan sebagian besar bekerja sebagai ibu rumah tangga. Kebanyakan orang tua menerapkan pola asuh otoritatif dan yang paling sedikit diterapkan adalah pola asuh permisif. Sebagian besar anak memiliki perilaku adaptif dalam bermain (75,7%) dan bersosialisasi (77,5%) selama pandemi. Sebagian besar anak memiliki perilaku kurang adaptif dalam belajar (56,1%) dan PHBS (63%) selama masa pandemi.

References

Agusriani, Ade, and Mohammad Fauziddin. 2021. “Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1729–40.

Dinkes Propinsi Bali. 2020. “Situasi Covid Perkembangan Covid 19.”

Fatmawati, Erna, Erik Aditia Ismaya, and Deka Setiawan. 2021. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring.” Jurnal Educatio 7(1): 104–10.

Kemenkes. 2020. “Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19. Kemenkes.” : 1–30.

Kemenkes. 2020. “Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19.” Pedoman kesiapan menghadapi COVID-19: 0–115.

Kurniasari, Asrilia. dkk. 2020. “Efektivitas Pelaksanaan Proses Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 6(3): 1–8. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.

Muhimmah, Sakinatul. 2021. “Mengenal Berbagai Karakteristik Anak Sekolah Dasar Dan Faktor Pengaruhnya.” https://narmadi.com/id/karakteristik-anak-sekolah-dasar/.

Nurul, Istiqomah, Sutomo Retno, and Hartini Sri. 2020. “Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar.” Sari Pediatri 21(5): 302–9.

Rismawan, Made, I Gusti Ngurah Made Kusuma Negara, and Putu Indrayoni. 2021. “Studi Deskriptif Karakteristik Bermain Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Keperawatan 13(1): 213–26.

Sri Wahyuningsi Laiya & Yenti Juniarti. 2021. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Penerapan 3M Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi.” 6(2): 151–57.

Suharti, Sri, and Edita izni Fauziah. 2021. “Survey Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19 Di Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Virus 2019 Melalui Country Office China Melaporkan Acute Kedaruratan Covid-19 Health Organization ( WHO ) : Dunia Di Covid-19 Di Dunia Menunj.” 1(1): 1–9.

Utami, Febby Anugrah, and Faridah Sani. 2021. “Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Era Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) Di Indonesia.” Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan 1(3): 197–209.

WHO. 2020. “Pesan Dan Kegiatan Utama Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19 Di Sekolah.” Unicef 1: 1–14.

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Sulisnadewi, N. L. K., & Gama, I. K. (2022). Perilaku Anak Usia Sekolah Dasar sebagai Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 39–46. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14iS1.5