Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Perawat

Authors

  • Heldawati Heldawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fiti Arofiati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Giri Widakdo Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

covid19, kinerja perawat, motivasi kompetensi

Abstract

Mutu suatu rumah sakit ditentukan oleh berbagai faktor, salah satu faktor utama suatu rumah sakit adalah sumber daya manusia, sumber daya manusia yang baik dan kompeten merupakan langkah awal lahirnya pelayanan rumah sakit yang prima. mengutamakan motivasi dan kompetensi sebagai tolak ukur pelayanan keperawatan khususnya di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Bangka Belitung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu jenis penelitian yang menekankan waktu pengukuran/pengamatan data pada variabel bebas dan variabel terikat hanya sekali dalam satu waktu. Waktu penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan Juni 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi dan kompetensi terhadap kinerja perawat, rekomendasi dari penelitian ini adalah menjadi acuan utama bagi rumah sakit dan mendorong mereka untuk menjadi referensi penelitian berkelanjutan berdasarkan penelitian sebelumnya.

References

Ahmad ahid Mudayana. (2010). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. KesMas, 4(2), hal. 76–143.

Albert Wibi Rahman. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Prawat Bagian Rawat Inap pada RSUD Petala Bumi Pekanbaru. Jurnal FeKom , 2(1), hal. 1–13.

Betri Evinia. (2020). Analisis Pelaksanaan Retensi Dokumen Rekam Medis di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Delima Harapan, 7, 86–91.

Darmawati, A. (2015). Pengaruh Kepuasana Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen organisasi sebagai variabel mediasi.

Dr. Ir. Harsuko Riniwati M.P. (2016). Manajamen sumber daya manusia (1st ed., Vol. 1). UB Pres.

Esti,Yunitasari.Alfiani,Triningsih.Retna Ayu Pardanik.(2019).Analysis of mother behavior factor in following program of breastfeedings support grupnin region of aemrowo health center Surabaya.(1 st ed.,Vol.4 94-102).Unej Pres.

Hajar Nur Aswad, Eddyman Ferrial. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit UIT Makassar, Jurnal Mirai Management, 1(2), hal. 413–425.

Hasibuan, M. S. . (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (1st ed., Vol. 1). PT. Bumi Aksa.

Laksana I G D, Mayasari N M D A. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat di RSJ Provinsi Bali, Bisma : Jurnal Manajemen , 7(2), hal. 192–200.

Lindanur Sipatu (2019) “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Perawat di Ruangan Rawat Inap RSUD Undata Palu, e-jurnal Katologis , 1, hal. 147–158.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajmen Sumber Daya Manusia (3rd ed., Vol. 5). Remaja Rosdakarya.

Maryam Suryani. (2014). Massa Kerja, Tingkat Pendidikan, dan Rotasi Kerja Meningkatkan Kinerja Perawat di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan, Jurnal Keperawatan Widya Gantari, 1, hal. 35–46

Melly. Singgih Tiwut Atmojo. (2017). Efektifitas Motivasi Kerja Tenaga Kesehatan Rumah Sakit. EJMEVol. 9, No. 1(2017), 9 (Manajemen), 1–8.

Purwanto Ika. (2021). Manajemen Sumber Daya Keperawatan. Gosyen publishing.

Siagan Hotlan, L. L. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melaui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Karyawan PT. Borwita Citra Prima Surabaya. Agora, 5.

Raden R. O. K. Soeprodjo, Chreisye K. F. Mandagi, Sulaemana Engkeng. Hubungan Antara Jenis Kelasmin dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr V. L Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara.

Wibowo. (2014b). Perilaku Dalam Organisasi (1st ed., Vol. 1). Rajawali Press.

Yessy Octa Kurniawati, Nabhani, Wijayanti, Hubungan Karakteristik Perawat dengan Kinerja Perawat.

Downloads

Published

09/09/2022

How to Cite

Heldawati, H., Arofiati, F., & Widakdo, G. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Perawat . Jurnal Keperawatan, 14(3), 597–608. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/425