Pendidikan Teman Sebaya Meningkatkan Praktik SADARI pada Remaja di SMA

Authors

  • Aric Frendi Andriyan Universitas Baiturrahmah
  • Fatimah Fatimah Universitas Baiturrahmah
  • Hendri Devita Universitas Baiturrahmah
  • Nirmala Sari Universitas Baiturrahmah

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i3.3437

Keywords:

kanker payudara, teman sebaya, praktik sadari, remaja putri

Abstract

SADARI adalah salah satu program pencegahan kanker payudara. SADARI  sudah dapat dilakukan saat usia remaja, karena remaja lebih menyukai informasi yang berasal dari teman sebaya daripada orang tua maupun guru. Sehingga materi yang disampaikan dapat meningkatkan Praktik SADARI. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan teman sebaya terhadap praktik SADARI. Penelitian ini  menggunakan design quasi eksperimen melalui pendekatan pretest- posttest with  kontrol grup dengan sampel 240 responden remaja putri. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dia analisa menggunakan uji statistik adalah  uji Wilcoxon. Penelitian menunjukkan bahwa nilai median praktik SADARI responden pada kelompok pre-test praktik SADARI adalah 11,00 dan Post-test intervensi adalah 55,00 sedangkan nilai median pre-test praktik SADARI pada kelompok kontrol adalah 11,00 dan nilai median post-test praktik SADARI responden pada kelompok kontrol adalah 17,00. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara praktik SADARI sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan melalui teman sebaya (P value 0,000 < 0,05). Teman sebaya sangat berpengaruh dalam meningkatkan praktik SADARI sehingga sangat penting dalam deteksi dini kanker payudara. Upaya program yang berkesinambungan perlu untuk dibentuk sehingga program SADARI berjalan

References

Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care, 2, 162–174.

Andriyan, A. F., Murni, A. W., & Fatmadona, R. (2020). Education of Friends as Improves Knowledge and Attitudes of Youth Adolescents. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 451. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.451-460

Anis Nikmatul, N. (2018). Pengaruh Pelatihan SADARI Melalui Pendidik Sebaya (Peer Group) Terhadap Ketrampilan Deteksi Dini Fibroadenoma Mammae (FAM) Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, XI(I), 313–320.

Badan penelitian Dan Pengembangan. (2018). Hasil Utama Riset kesehatan dasar. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

Departemen Kesehatan RI. (2015). Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara. April, 1–47. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

DEWAYANTI, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Pendidik Remaja Sebaya Terhadap Kemampuan Periksa Payudara Sendiri (SADARI). Erpustakaan Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/108687

Hartutik, S., & Pradani, A. D. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Audio Visual ( Video ) Dan Demonstrasi Terhadap Ketrampilan Praktik Sadari Effectifity Of Health Education With Audio Visual Method ( Video ) And Demonstration Of Breast Self Examination Practice. 7(1), 20–26.

Kemenkes RI. (2018). Hari Kanker Sedunia 2019. http://www.depkes.go.id/article/view/19020100003/hari-kanker-sedunia-2019.html

Kholid, A. (2017). Promosi Kesehatan: Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media Dan Aplikasinya (1st ed.). Rajawali pers.

Kwok, C., Ogunsiji, O., & Lee, C. F. (2016). Validation of the Breast Cancer Screening Beliefs Questionnaire among African Australian women Biostatistics and methods. BMC Public Health, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12889-016-2793-7

Milwati, S., Hadi, S., & Utami, N. W. (2015). Penerapan Promosi Kesehatan Metode Demonstrasi Dan Keterampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Kota Malang. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 1(2), 142–147.

Nordqvist, C., & Chun, C. (2017). Breast cancer : Symptoms , risk factors , and treatment (Issue July).

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu PerilakuKesehatan. Rineka Cipta.

Nurlela Mufida, M. K. H. (2016). Pengaruh Pelatihan Model Pengajaran Langsung Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Kader Kesehatan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Di Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(2).

Ouyang, Y. Q., & Hu, X. (2014). The effect of breast cancer health education on the knowledge, attitudes, and practice: A community health center catchment area. Journal of Cancer Education, 29(2), 375–381. https://doi.org/10.1007/s13187-014-0622-1

Provenzano, E., Ulaner, G. A., & Chin, S. F. (2018). Molecular Classification of Breast Cancer. PET Clinics. https://doi.org/10.1016/j.cpet.2018.02.004

Purnani, W. T., & Binti, Q. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Education Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Sadari. Ieee International Conference on Acoustics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2017, 41(2), 84–93.

Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI. (2014). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Siddharth, R., Gupta, D., Narang, R., & Singh, P. (2016). Knowledge, attitude and practice about breast cancer and breast self-examination among women seeking out-patient care in a teaching hospital in central India. Indian Journal of Cancer, 53(2), 226–229. https://doi.org/10.4103/0019-509X.197710

Sun, W. H., Miu, H. Y. H., Wong, C. K. H., Tucker, J. D., & Wong, W. C. W. (2016). Assessing Participation and Effectiveness of the Peer-Led Approach in Youth Sexual Health Education: Systematic Review and Meta-Analysis in More Developed Countries. Journal of Sex Research, 55(1), 31–44. https://doi.org/10.1080/00224499.2016.1247779

Syafitri, N. (2017). Perbedaan Metode Demonstrasi Terhadap Pemeriksaan Sadari Pada Siswi Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Kesehatan “Akbid Wira Buana,” 1(1), 17–22. http://jurnal.akbid-wirabuana.ac.id/index.php/jukes/article/view/5

Tolli, M. V. (2012). Effectiveness of peer education interventions for HIV prevention, adolescent pregnancy prevention and sexual health promotion for young people: A systematic review of European studies. Health Education Research, 27(5), 904–913. https://doi.org/10.1093/her/cys055

Triwibowo, C., & Pusphandani, M. E. (2015). Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika.

Wantini, N. A., & Indrayani, N. (2018). Dampak intervenssi pendidikan kesehatan kanker payudara pada remaja putri di SMA Negri 1 Turi , Sleman, DIY. 3(1). http://journal.unnes.acid/sju/index.php/jhealthedu

World Health Organization; (WHO). (2018). Cancer. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/cancer

Yuliaswati, E., & Kamidah. (2018). Sadari Sebagai Upaya Menurunkan Angka Mortalitas Ca Payudara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Downloads

Published

04/22/2025

How to Cite

Andriyan, A. F., Fatimah, F., Devita, H. ., & Sari, N. . (2025). Pendidikan Teman Sebaya Meningkatkan Praktik SADARI pada Remaja di SMA. Jurnal Keperawatan, 17(3), 493–500. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i3.3437