Manajemen Keselematan Pasien dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pasien

Authors

  • Abdul Ghofar Program Studi D3 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Zuliani Zuliani Program Studi D3 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Wim Banu Ukhrowi Program Studi D3 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.32

Keywords:

manajemen, keselamatan pasien, kualitas pelayanan

Abstract

Keselamatan pasien merupakan inti dari mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Rumah sakit bertanggung jawab untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dalam mengelola keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen keselamatan pasien terhadap mutu pelayanan rumah sakit. Studi ini menggunakan tinjauan literatur dengan pencarian elektronik untuk artikel di PubMed, Science Direct, Google Schoolar dan Pro Quest dengan bibliografi manual termasuk artikel dan jurnal kunci. Kami memasukkan studi dari Amerika, Eropa, Asia dan Afrika yang berfokus pada manajemen keselamatan pasien. Kami secara independen memverifikasi studi memenuhi kriteria inklusi dan menilai kualitas studi secara kritis. Peneliti mengidentifikasi 23 penelitian memenuhi kriteria inklusi. Kajian tersebut mengidentifikasi pengelolaan keselamatan pasien yang berkualitas di rumah sakit, beberapa langkah adalah tata kelola dan pengaturan keselamatan pasien, pendidikan dan pelatihan, keterlibatan pasien, pengukuran dan pemantauan keselamatan pasien, penggunaan teknologi informasi dalam mendukung layanan yang mengutamakan keselamatan pasien yang berkualitas. Faktor yang mempengaruhi manajemen keselamatan pasien adalah sistem organisasi, pendidikan dan pelatihan, melibatkan pasien dan teknologi informasi.

References

Azyabi. (2021). Assessing Patient Safety Culture in Hospital Settings. Int. J. Environ. Res. Public Health 2021, 18, 2466. https://doi.org/10.3390/ijerph18052466

Bailey. (2021). Developing a patient safety culture in primary dental care. journals.sagepub.com/home/PRD. DOI: 10.1177/2050168420980990

Biresaw. (2020). Knowledge and attitude of nurses towards patient safety and its associated factors. International Journal of Africa Nursing Sciences 13 (2020) 100229. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2020.100229

Blondon. (2018). Health Information Technology in Healthcare Quality and Patient. JMIR Medical informatics. ISSN 2291-9694.

Cahyono, A. (2015). Hubungan karakteristik dan tingkat pengetahuan Perawat terhadap pengelolaan keselamatan Pasien di rumah sakit. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1), 97-99.

Elmostri. (2016). Status of patient safety culture in Arab countries: a systematic review. http://dx.doi.org/10.1136/bmjopen-2016-013487.

¬¬________. (2016). Improving Patient Safety in Libya: Insights from the British Health System. Journal of Health Care Quality Assurance.

Erita. (2019). Manajemen Keperawatan. http://repository.uki.ac.id/2715/1/Buku materi pembelajaran manajemen keperawatan.pdf

Firawati. (2012). Pelaksanaan Program Keselamtan pasien di RSUD Solok. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6 (2), 74-77.

Harus, B., D., & Sutriningsih, A. (2015). Pengetahuan Perawat Tentang Keselamatan Pasien dengan Pelaksanaan Prosedur Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS) di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. 3(1), 25-27.

Hatlie, et al. (2020). Lessons Learned from a Systems Approach to Engaging Patients and Families in Patient Safety Transformation. The Joint Commission Journal on Quality and Patient Safety 2020; 46:158-166. https://doi.org/10.1016/j.jcjq.2019.12.001

Herawati, Y., T. (2015). Budaya Keselamatan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Kabupaten Jember. Jurnal Ikatan Kesehatan Masyarakat. 11(1), 54-58.

Huber, D. (2010). Leadership and nursing care management (4rd ed). USA. Kuntoro, A. (2010). Buku ajar manajemen keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Iriviranti, 2015. Analisis Budaya Organisasi dan Budaya Keselamatan Pasien Sebagai Langkah Pengembangan Keselamatan Pasien. Jurnal ARSI. httpsjournal.fkm.ui.ac.idarsiarticleview2184

Iskandar, E. (2017). Tata Kelola dan Kepatuhan Penerapan Standar Patient Safety Penyakit troke di Rumah Sakit Dr Kanujoso Djatiwibowo. Jurnal Administrasi Rumah Sakit. 3(3), 169-170.

Ismainar, H. (2019). Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Yogyakarta : Deepublish.

Kemenkes RI. (2011). Permenkes RI No.1691/Menkes/VIII/2011 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit.

Kementerian kesehatan RI. (2019). Laporan Insiden Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Diakses dari sirs.yankes.kemkes.go.id/sp2rs/dashboard.php

Kim NY, Jeong SY (2021) Perioperative patient safety management activities: A modified theory of planned behavior. PLoS ONE 16(6): e0252648. https://doi.org/10.1371/journal.

Kim,et al. (2021). Patient safety culture and handoff evaluation of nurses in small and medium-size.https://www.elsevier.com/journals/international-journal-of-nursing-sciences/2532-0132 hopitals.

Mahrous. (2018). Patient Safety culture as a quality indicator for a safe health system:experience from Almadinah Almunawarah, KSA. Journal of Taibah University Medical Sciences13(4),377-383. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2018.04.002

Mandriani. (2019). Analisis Dimensi Budaya Keselamatan Pasien Oleh Tenaga Kesehatan di RSUD dr Rasidin Padang. 131 http://jurnal.fk.unand.ac.id Jurnal Kesehatan Andalas. 2019; 8(1)

Marquis, B.L & Huston C.J. (2013). Kepemimpinan dan manajemen keperawatan. Alih bahasa Widyawati, dkk. Jakarta: EGC. www.nitropdf.com http://jurnal.unpad.ac.id/mkk/article/view/22765/11610

Mayeng. (2015). Patient safety culture in a district hospital in South Africa: An issue of quality. Curationis 38(1), Art. #1518, 7 pages.http://dx.doi.org/10.4102/curationis.v38i1.1518.

Mesaric. (2021). Variation In Perception Of Safety Culture In Out-Of-Hours Family Medicine Service In Croatia, Zdr Varst. 2021;60(3):152-157. doi: 10.2478/sjph-2021-0022.

Milton, et al.(2020). Safety attitudes and working climate after organizational change in a major emergency department in sweden. International emergency International Emergency Nursing 53 100830. www.elsevier.com/locate.aaen.

Mohammed F, Taddele M, Gualu T. (2021). Patient safety culture and associated factors among health care professionals at public hospitals in Dessie town, north east Ethiopia, 2019. PLoS ONE 16(2): e0245966. https://doi.org/10.1371/journal.

Najihah. (2018). Budaya Keselamatan Pasien dan Insiden Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit: Literature Review. Journal Of Islamic Nursing. 3 (1), 1-4. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/join/article/view/5469/4836

Neri, R., A., Lestari, Y., & Yetty, H. (2018). Analisis Sasaran Pelaksanaan Keselamatan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. Jurnal Kesehatan Andalas. 7 (4), 48-50.

Nursalam.(2020). Penulisan literature review dan systematic review pada Pendidikan Kesehatan. Surabaya:Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Airlangga.

Pagala, I., Shaluhiyah, Z., & Widjasena, B. (2017). Perilaku Kepatuhan Perawat Melaksanakan SOP Terhadap Kejadian Keselamatan Pasien di Rumah Sakit X Kendari. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 12(1), 138-141.

Putri, S., Santoso, S., &Rahayu, E. P. (2018).Pelaksanaan Keselamatan Pasien dan Kesehatan Kerja terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja Perawat Rumah Sakit. Jurnal Endurance: KajianIlmiahProblemaKesehatan, 3(2), 271-277

Qomariah, S. N., & Lidiyah, U. A. (2015). Hubungan Faktor Komunikasi Dengan Insiden Keselamatan Pasien (Correlation of Communication Factor with Patient Safety Incident). Journals of Ners Community, 6(2), 166-170.

Rehder. (2020). Associations Between a New Disruptive Behaviors Scale and Teamwork, Patient Safety, Work-Life Balance, Burnout, and Depression. The Joint Commission Journal on Quality and Patient Safety; 46:18-26. https://doi.org/10.1016/j.jcjq.2019.09.004

Rivai, F., Sidin, A., I., & Kartika, I. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Implementasi Keselamatan Pasien Di Rsud Ajjappannge Soppeng Tahun 2015. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 5(4), 152-154.

Rumyana, Dimova R, Tornyova B, Mavrov M, Elkova H. (2021). Perception of patient safety culture among hospital staff. Zdr Varst. 2021;60(2):97-104. doi: 10.2478/sjph-2021-0015

Sakinah, S., dkk. (2017). Analisis Sasaran Keselamatan Pasien Dilihat dari Aspek Pelaksanaan Identifikasi Pasien dan Keamanan Obat di RS Kepresidenan RSPAD GatotSubroto Jakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-journal), Vol 5, No4. Hal.145

Simamora, R. H. (2018). Buku Ajar Keselamatan Pasien Melalui Timbang Terima Pasien Berbasis Komunikasi Efektif: SBAR.

Simamora , R.H. (2019). Buku Ajar : Pelaksanaan Identifikasi Pasien. Ponorogo, Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Simamora , R. H. (2019). Documentation of Patient Identification into the Electronic System to Improve the Quality of Nursing Services . INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH , 1884-1886.

Simamora , R. H. (2019). Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasien dengan Menggunakan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Rawat Inap . Jurnal Keperawatan Silampari Vol 3 No 1, 342-351.

Sitorus & Panjaitan. (2011). Manajemen keperawatan: manajemen keperawatan di ruang rawat. Jakarta: EGC.

Tevjic.(2021). The safety culture of the Ljubljana Community Health Centre’s employees. Zdr Varst. 2021;60(3):145-151. doi: 10.2478/sjph-2021-0021.

Torrente.(2021). Questionnaire for assessing patient safety culture in emergency services: an integrative review. Rev Bras Enferm. 2021;74(2):e20190693. doi: http://dx.doi.org/10.1590/0034-7167-2019-0693

Triwibowo, C., Yuliawati, S., & Husna, N., A. (2016). Handover sebagai Upaya Peningkatan Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Soedirman. Vol.11 (2). Hal 77-79.

Wake.(2021). Knowledge, attitude, practice and associated factors towards patient safety among nurses working at Asella Referral and Teaching Hospital, Ethiopia: A cross-sectional study. PLoS ONE 16(7): e0254122. https://doi.org/10.1371/journal.

Wardhani, V. (2017). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Malang : UB Press.

World Health Organization. (2019). Patient Safety. Diakses dari https://www.who.int/patientsafety/medication-safety/campaign/en/.

Wulandari, dkk. (2019). Peningkatan Budaya Keselamatan Pasien Melalui Peningkatan Motivasi Perawat dan Optimalisasi Peran Kepala Ruang. Jurnal kepemimpinan dan keperawatan. httpsjournal.ppnijateng.orgindex.phpjkmkarticleview327

Yasmi, Y., & Thabrany, H. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Karya Bhakti Pratiwi Bogor Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit. 4 (2), 99-103

Zhang. (2019). Quality control circle: a tool for enhancing perceptions of patient safety culture among hospital staff in Chinese hospitals. International Journal for Quality in Health Care, 2020, 32(1), 64–70 doi: 10.1093/intqhc/mzz094.

Zhong. (2019). Patient safety culture in Peking University Cancer Hospital in China: baseline assessment and comparative analysis for quality improvement. BMC Health Services Research (2019) 19:1008 https://doi.org/10.1186/s12913-019-4837-z

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Ghofar, A., Zuliani, Z., & Ukhrowi, W. B. (2022). Manajemen Keselematan Pasien dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pasien. Jurnal Keperawatan, 14(1), 79–86. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.32