Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Berbasis Media Audio Visual terhadap Pengetahuan tentang Tuberkulosis pada Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i3.2634Keywords:
anak sekolah dasar, audiovisual, pencegahan TB, pengetahuanAbstract
Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan dunia. TB tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Pemberian terapi TB pada anak masih ditemukan adanya ketidakberhasilan pengobatan, meliputi: pengobatan yang tidak benar, kegagalan pengobatan, dan putus pengobatan sehingga diperlukan edukasi yang tepat dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan berbasis media audiovisual terhadap pengetahuan tentang tuberkulosis pada anak. Penelitian ini merupakan pra-eksperimen dengan rancangan one group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI yang berjumlah 60 orang diambil dengan metode simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistic paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan berbasis media audio visual (p-value = 0,001). Jumlah responden yang memiliki pengetahuan baik sebelum intervensi sebanyak 23 orang (38,3%) meningkat menjadi 58 orang (96,7%) setelah intervensi, sedangkan responden yang memiliki pengetahuan cukup sebelum intervensi berjumlah 33 orang (55%) mengalami penurunan menjadi 2 orang (3,3%) setelah intervensi. Setelah intervensi, tidak ada responden yang termasuk kategori pengetahuan yang kurang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan dengan media audio visual berpengaruh terhadap pengetahuan tentang tuberkulosis pada anak di SDN Gedawang 01 Kota Semarang.
References
Addo, J., Pearce, D., Metcalf, M., Lundquist, C., Thomas, G., Barros-Aguirre, D., Koh, G. C. K. W., & Strange, M. (2022). Living with tuberculosis: A qualitative study of patients’ experiences with disease and treatment. BMC Public Health, 22(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s12889-022-14115-7
Astari. (2022). Mengenal gejala TBC pada anak [Internet]. Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/mengenal-gejala-tbc-pada-anak (Accessed: April 28, 2023).
Céspedes, M. P., Bagiella, E., Moreno, Z., Carvajal, I., Fuster, V., & D, P. H. (2020). Sustainability of and adherence to preschool health promotion among children 9 to 13 years old. Journal of the American College of Cardiology, 75(13), 1-13. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.01.051
Chakaya, J., Khan, M., Ntoumi, F., Aklillu, E., Fatima, R., Mwaba, P., Kapata, N., Sayoki, M., Ehtesham, S., Katoto, P. D. M. C., Bulabula, A. N. H., Sam-agudu, N. A., Nachega, J. B., Tiberi, S., Mchugh, T. D., & Abubakar, I. (2021). Global tuberculosis report 2020 – Reflections on the global TB burden, treatment and prevention efforts. International Journal of Infectious Diseases, 102, S1-S7. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2021.02.107
Cheng, G., Yang, F., Xiong, F., Zhao, L., Zhang, L., & Wang, Y. (2020). Comparison of nutrition education policies and programs for children in China and other selected developed countries. Global Health Journal, 4(3), 72–78. https://doi.org/10.1016/j.glohj.2020.08.002
Donkor, F. (2011). Assessment of learner acceptance and satisfaction with video-based instructional materials for teaching practical skills at a distance. International Review of Research in Open and Distance Learning, 12(5), 74–92. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i5.953
Giannakos, M. N. (2013). Exploring the video-based learning research: A review of the literature. British Journal of Educational Technology, 44(6), 191–195. https://doi.org/10.1111/bjet.12070
Giannakos, M. N., Sampson, D. G., & Kidziński, Ł. (2016). Introduction to smart learning analytics: Foundations and developments in video-based learning. Smart Learning Environments, 3(12). https://doi.org/10.1186/s40561-016-0034-2
Harefa, K., Utama, I., Brahmana, N. E., Wandra, T., & J, M. E. (2023). Pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah terhadap peningkatan perilaku pengobatan pasien tuberkulosis di Puskesmas Lotu tahun 2023. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 16062–16071.
Hartiningsih, S. N. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan media booklet terhadap perilaku caregiver dalam mencegah tuberkulosis pada anggota keluarga. Health Sciences and Pharmacy Journal, 2(3), 97–102. https://doi.org/10.32504/hspj.v2i3.43
Holst, C., Sukums, F., Ngowi, B., My Diep, L., Kebede, T. A., Noll, J., & Winkler, A. S. (2021). Digital health intervention to increase health knowledge related to diseases of high public health concern in Iringa, Tanzania: Protocol for a mixed methods study. JMIR Research Protocols, 10(4), 1–13. https://doi.org/10.2196/25128
Julianta. (2009). Media audiovisual. Jakarta: ECG.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Kemenkes catat kasus TBC pada anak melonjak 200 persen. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230317131928-20-926365/kemenkes-catat-kasus-tbc-pada-anak-melonjak-200-persen
Lolong, D. B., Pangaribuan, L., Tobing, K. L., Simarmata, O. S., Tarigan, I., Isfandari, S., Aryastami, N. K., & Kusrini, I. (2021). Health seeking behavior among pulmonary tuberculosis suspects in the community in Indonesia. Journal of Infection and Public Health, 14(12), 647–653.
Maemunah, N., Metrikayanto, W. D., & Helly, C. (2021). Pemberian edukasi melalui animasi tentang TB (tuberculosis) paru terhadap pengetahuan anak sekolah dasar negeri Merjosari 02 Kota Malang. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 7(1), 35-41. https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i1.245
Notoatmodjo, S. (2013). Promosi dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Fundamentals of nursing: Fundamental keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Purba, E., Ruben, S., & Mebri, E. (2022). Penyuluhan dengan media video meningkatkan pengetahuan tentang upaya pencegahan tuberkulosis di SD Inpres Bertingkat Perumnas 1 Waena. Gema Kesehatan, 14(2), 215–226. https://gk.jurnalpoltekkesjayapura.com/index.php/gk/article/view/276
Sari, E. D., Lisum, K., & Susilo, W. H. (2021). Pengaruh edukasi kesehatan berbasis Youtube terhadap pengetahuan siswa SMA tentang pencegahan tuberkulosis. Jurnal Keperawatan, 13(2), 395–402.
Sartika, & Mulyono, S. (2022). Pencegahan tuberkulosis dalam keluarga melalui media rekaman video. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 311–319.
Shapu, R. C., Ismail, S., Ahmad, N., Lim, P. Y., & Njodi, I. A. (2020). Systematic review: Effect of health education intervention on improving knowledge, attitudes and practices of adolescents on malnutrition. Public Health Review, 47(1), 1–19.
Swastika, K. P., Herliana, I., & Yuliza, E. (2024). Efektivitas pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan kemampuan remaja putri dalam melakukan SADARI di SMP Taruna Mandiri Tangerang Selatan. Journal of Health Education, 2(2), 25-32.
Yanti, B., Heriansyah, T., & Riyan, M. (2022a). Penyuluhan dengan media audio visual dan metode ceramah dapat meningkatkan pencegahan tuberkulosis. Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(3), 135–144. https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i1.27147
Yanti, B., Heriansyah, T., & Riyan, M. (2022b). Penyuluhan dengan media audio visual dan metode ceramah dapat meningkatkan pencegahan tuberkulosis. Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(3), 145–155. https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i1.27147
World Health Organization. (2022). Global tuberculosis report 2022. WHO.
World Health Organization. (2020). Tuberkulosis [Internet]. Available from: https://www.who.int/indonesia/news/campaign/tb-day-2022/fact-sheets (Accessed: April 28, 2023).
Wong, D. L., & Whaley, L. F. (2009). Buku ajar keperawatan pediatrik. Jakarta: EGC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.