Analisis Analisis Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien, Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Pasien

Authors

  • Adriyani Nahak Seran Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Joko Prasetyo Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Rahmania Ambarika Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i1.2232

Keywords:

kepuasan pasien, kualitas pelayanan, lingkungan kerja, sasaran keselamatan pasien

Abstract

Salah satu pendekatan yang cukup efektif untuk menjaga kualitas pelayanan di rumah sakit adalah kepuasan pasien. Semakin tinggi tingkat kepuasan pasien, semakin baik layanan dan kualitas yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan keselamatan pasien, kualitas pelayanan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penilitian termasuk penilitian korelasional dengan pendekatan cross sectional dan random sampling berjumlah 276 pasien di ruang rawat inap. Penilitian berlangsung selama bulan November 2023 sampai dengan Desember 2023. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan 259 responden (93,8%) menjawab baik dan 17 responden (6,2%) menjawab cukup untuk penerapan sasaran keselamatan pasien; lingkungan kerja 263 responden (95,3%) menjawab baik, 12 responden (4,3%) menjawab cukup, dan 1 responden (0,4%) menjawab kurang; untuk kepuasan pasien, 173 responden (62,7%) menjawab sangat puas dan 103 responden (37,3%) menjawab cukup. Hasil uji chi-square menunjukkan nilai p-value 0,169 untuk kepuasan pasien dengan penerapan sasaran keselamatan pasien, nilai p-value 0,115 untuk kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan, dan nilai p-value 0,2 untuk kepuasan pasien dengan lingkungan kerja. Rumah sakit harus terus meningkatkan kepatuhan karyawan untuk mencapai sasaran keselamatan pasien.

References

Abida, S 2011, Level of job satisfaction among nurses working in tertiary care hospitals of Rawalpindi. Rawal Medical Journal, 36(2): 150-154.

AbuAlRub, R, El-Jardali, F, Jamal, D & Al-Rub, NA 2016, Exploring the relationship between work environment, Job Satisfaction And Intent To StayOf Jordanian Nurses in Underserved Areas.

Adi U & Djasri, 2015, Keselamatan pasien dan mutu pelayanan kesehatan menuju kemana?, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, vol 15, no 4.

Ahsan & Pradyanti, AYC 2015, Stress kerja dan kepuasan kerja perawat di rumah sakit daerah (RSD) Mardi Waluyo kota Blitar, Jurnal Ners vol. 10 No 2, 318-323.

Aiken LH, Sloane DM, Bruyneel L, et al. 2014, Nurse staffing and education and hospital mortality in nine European countries: A retrospective observational study. The Lancet 383(9931): 1824–1830

Almotairi, T 2017, Patient safety and quality healthcare, Journal Pat Care, 3:3,doi: 10.4172/2573-4598-C1-002

Armellino, D, Griffin, M & Fitzpatrick, J 2010, Structural empowerment and patient safety culture among registered nurses working in adult critical care units, Journal of Nursing Management, 18, 796-803.

Asegid, A., Belachew, T., & Yimam, E 2014, Factors influencing job satisfaction and anticipated turnover among nurses in Sidama Zone public health facilities, South Ethiopia, Nursing Research and Practice, 2014, Article 909768. doi:dx.doi.org/10.1155/2014/909768

Baker, Gary 2000, Marketing management. 12th ed, New York: MC Graw Hill, Inc.

Bawafaa, E., Wong, CA., & Laschinger, H 2015, The influence of resonant leadership on the structural empowerment and job satisfaction of registered nurses, Journal Of Research In Nursing, vol 20(7) 610-622, doi 10.1177/1744987115603441.

Beginta, R 2012, Pengaruh Keselamatan Pasien, Gaya Kepemimpinan, Tim Kerja, Terhadap Persepsi Pelaporan Kesalahan Pelayanan Oleh Perawat Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Kabupaten Bekasi Tahun 2011, tesis magister, universitas Indonesia.

International Council of Nurses 1987, Definition of Nursing, diakses 5 November 2017 dari http://www.icn.ch/who-we-are/icn- definition-of-nursing/.

Jardali, F, Sheikh, F, Garcia, N, Jamal, D, Abdo, A 2014, Patient Safety Culture in a Large Teaching Hospital in Riyadh: Baseline Assessment, Comparative Analysis And Opportunity for Improvement, BMC Health

Services Research, 14:122, diakses tanggal 17 Oktober 2017, http://www.biomedcentral.com/1472-6963/14/122.

Kementerian Kesehatan, 2011, Permenkes RI Nomor 1691/Menkes.Per/VIII/2011Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit.

Galleryzki, A. R., Hariyati, R. T. S., & Afriani, T. (2021). Hubungan sikap keselamatan dengan implementasi sasaran keselamatan pasien oleh perawat di rumah sakit. Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 4(1), 11-22.

Bauw, J. F. (2019). Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rawat Inap

Salsabila, A. N., & Dhamanti, I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perawat Dalam Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Ners, 7(1), 524-530.

Hasanah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perawat Dalam Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit.

Mastuty, A., Suhamdani, H., Yulandasari, V., & Achmalona, T. (2021). Analisis Faktor Penerapan Budaya Sasaran Keselamatan Pasien di Rumah Sakit: A Literature Review. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9(1), 71-77.

Zakaria, F. M. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan sasaran keselamatan pasien terhadap kepuasan pasien rumah sakit prima husada malang. Jurnal Ilmu Manajemen Unisma, 2(2), 107-98.

IIkafah, (2022). Patient satisfaction towards healthcare quality in Indonesian Public Hospital dari unair news https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S11308621 21001.

Downloads

Published

05/13/2024

How to Cite

Seran, A. N., Prasetyo, J. . ., & Ambarika, R. . (2024). Analisis Analisis Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien, Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan, 17(1), 185–192. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v17i1.2232

Most read articles by the same author(s)