Hubungan Peran Perawat sebagai Edukator dengan Pengetahuan dan Kesadaran pada Pasien Diabetic Retinopathy
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.19Keywords:
diabetes mellitus, diabetic retinopathy, peran perawat sebagai edukatorAbstract
Diabetic retinopathy (DR) adalah salah satu komplikasi kronis dari diabetes mellitus terhadap mata. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka DR dapat menyebabkan kebutaan. Peran perawat yaitu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guna melakukan pengontrolan terhadap penyakitnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara peran perawat sebagai educator dengan pengetahuan dan kesadaran pada pasien diabetic retinopathy di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan di instalasi rawat jalan rumah sakit rujukan tersier. Sumber data berupa data primer melalui kuesioner peran perawat sebagai edukator dan kuesioner Knowledge and Awareness of Patients With Diabetic Retinopathy dan data sekunder berupa data pasien diabetic retinopathy tahun 2020. Responden terdiri dari 97 pasien DR. Penelitian dilakukan bulan April sampai dengan Juni 2021 di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara peran perawat sebagai edukator dengan pengetahuan dan kesadaran pada pasien DR (p = 0,003). Semakin tinggi nilai peran perawat sebagai edukator maka semakin tinggi pengetahuan dan kesadaran pada pasien DR. Penelitian ini mengungkapkan bahwa perawat harus dapat mengoptimalkan pendidikan kesehatan untuk pasien DR sehingga pasien dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
References
Ali Riza Cenk CELEBI. (2018). Knowledge and Awareness of Glaucoma in Subjects with Glaucoma and their Normal First-Degree Relatives. Medical Hypothesis, Discovery &Innovation Ophthalmology Journal.
Assem, A. S., Tegegne, M. M., Alemu, D. S., & WOewdwkal, A. T. (2020). Knowledge about diabetic retinopathy, eye check-up practice and associated factors among adult patients with diabetes mellitus attending at debark hospital, Northwest BMC Ophthalmology, 20:453. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12886-020-01730-4
Atkinson-Briggs, S., Jenkins, A., Keech, A., Ryan, C., & Brazionis, L. (2021). A model of culturally-informed integrated diabetes education and eye screening in indigenous primary care services and specialist diabetes clinics: Study protocol. J Adv Nurs, 77(3), 1578-1590. https://doi.org/10.1111/jan.14734
Dahlan, M. S. (2016). Besar Sampel Dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan (4 ed.). Sagung Seto.
Dahlan, M. S. (2018). Langkah-langkah Membuat Proposal Penelitian Bidang Kedokteran dan Kesehatan (2 ed.). Sagung Seto.
Dinesh Venugopal, Barsha Lal, Shawnicka Fernandes, & Gavde, D. (2020). Awareness and knowledge of diabetic retinopathy and associated factors in Goa: A hospital-based cross-sectional study. Indian Journal of Ophthalmology. https://doi.org/10.4103/ijo.IJO_1218_19
Dumit, N. (2014). Role of the Nurse as Educator : Patient Teaching. Pertinence, 61-69. https://doi.org/10.12816/0014049
Economics, L. D. I. o. H. (2015). Increasing the Value of Health Care: The Role of Nurses. Interdisciplinary Nursing Quality Research Initiative.
Fahra, R. U., Widayati, N., & Sutawardana, J. H. (2017). Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator dengan Perawatan Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Bina Sehat Jember. NurseLine Journal, 2 No 1.
Hosseini, S. S., Shamsi, M., Khorsandi, M., & Moradzadeh, R. (2021). The effect of educational program based on theory of planned behavior on promoting retinopathy preventive behaviors in patients with type 2 diabetes: RCT. BMC endocrine disorders, 21(1), 17-17. https://doi.org/10.1186/s12902-021-00680-2
José Wicto Pereira Borges, Thereza Maria Magalhães Moreira, & Dalton Franscisco de Andrade. (2017). Nursing Care Interpersonal Relationship Questionnaire: elaboration and validation. Rev. Latino-Am. Enfermagem. https://doi.org/10.1590/1518-8345.2128.2962
Khalaf, F. R., Fahmy, H. M., Ibrahim, A. K., Mohamed, G. A., El Sayed Ez Eldeen, M., Elkady, A., & Hetta, H. F. (2019). Does a diabetic retinopathy educational program raise awareness among elderly diabetic patients? Diabetes, metabolic syndrome and obesity : targets and therapy, 12, 1867-1875. https://doi.org/10.2147/DMSO.S208072
María Begoña Martos-Cabrera, José Luis Gómez-Urquiza, Guillermo Cañadas-González, José Luis Romero-Bejar, & Luis Albendín-García. (2021). Nursing-Intense Health Education Intervention for Persons with Type 2 Diabetes: A Quasi-Experimental Study. Healthcare, 832. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/healthcare9070832
Safwat, A., Mohamed, R., Abdullah, I., & Abdulmutalib, M. (2021). Effect of Nursing Guidelines on Improving Knowledge and Relieve Anxiety of Diabetic Patients with Retinopathy.
Sharma, P., Raina, B., & Bharti, A. (2020). Knowledge, attitude and practice of diabetic retinopathy amongst diabetic patients in a tertiary care hospital of Jammu. International Journal of Research in Medical Sciences, 8. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20200480
Shaw, M. E., & Lee, A. (2017). Ophthalmic Nursing. CRC Press Taylor & Francis Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Keperawatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.