Kecerdasan Emosional Berhubungan dengan Manajemen Konflik Perawat

Authors

  • King Deston Sitanggang Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utara
  • Arlina Nurbaity Lubis Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara
  • Sri Eka Wahyuni Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.18

Keywords:

kecerdasan emosional, konflik, manajemen konflik

Abstract

Konflik merupakan salah satu yang sering didapatkan di lingkungan kerja dan dapat menghambat suatu  pekerjaaan. Manajemen konflik merupakan hal yang sangat penting dalam menyelesaikan masalah di tempat kerja. Buruknya manajemen konflik perawat di RSUP H. Adam Malik Medan terkait dengan kecerdasan emosional perawat dalam membangun serta mempertahankan kerja sama agar menghasilkan resolusi yang diingiinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan manajemen konflik perawat di Rumah Sakit umum Pusat Haji Adam Malik. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional  dalam penelitian kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 945 perawat. Pengambilan sampel dengan menggunakan power analysis (1-β) = .80, effect size (γ) = .30, dan α = .05, maka sampel penelitian ini sebanyak 88 perawat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada maret sampai april 2020. Hasil penelitian dengan menggunakan uji person product moment correlation didapatkan α = 0,002 dengan p value < 0,05. Hal ini berarti dapat di simpulkan bahwa ada hubungan kecerdasan emosional terhadap manajemen konflik perawat.

References

Ardiana, A. (2010). Universitas indonesia hubungan kecerdasan emosional perawat dengan perilaku. 1–177.

Baharudin, Fauziah Nuraini Kurdi, A. L. (2015). Analisis Perbedaan Tipe Kepribadian a Dan B Terhadap Manajemen Konflik Interpersonal Pada Pegawai Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan Analysis of Differences Among Type a and B Personality Toward Interpersonal Management Conflict on the Empl. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 25–33. http://jurnal.radenfatah.ac.id/

Başoğul, C., & Özgür, G. (2016). Role of Emotional Intelligence in Conflict Management Strategies of Nurses. Asian Nursing Research, 10(3), 228–233. https://doi.org/10.1016/j.anr.2016.07.002

Brinkert, R. (2011). Conflict coaching training for nurse managers: A case study of a two-hospital health system. Journal of Nursing Management, 19(1), 80–91. https://doi.org/10.1111/j.1365-2834.2010.01133.x

Chow, C. M., Ruhl, H., & Buhrmester, D. (2013). The mediating role of interpersonal competence between adolescents’ empathy and friendship quality: A dyadic approach. Journal of Adolescence, 36(1), 191–200. https://doi.org/10.1016/J.ADOLESCENCE.2012.10.004

Devipriya; Sripirabaa; Benazir. (2017). Investigating The Competency Mapping Among The Operators In An Auto Component Organisation. July.

George, & Ealias. (2012). Emotional Intelligence and Job Satisfaction. Asia Pacific Business Review, 5(2), 109–115. https://doi.org/10.1177/097324700900500209

Higazee, M. (2015). Types and Levels of Conflicts Experienced by Nurses in the Hospital Settings. Health Science Journal, 12(6), 1–6. www.hsj.gr/archive

Huber, D. (2010). Leadership and Nursing Care Management (Fourth).

Iglesias, M. E. L., & Vallejo, R. B. D. B. (2012). Confl ict resolution styles in the nursing profession. Contemporary Nurse, 43(1), 73–80. https://doi.org/10.5172/conu.2012.43.1.73

Improvement, Q., Pavlakis, A., Kaitelidou, D., Theodorou, M., Galanis, P., Sourtzi, P., & Siskou, O. (2011). Pavlakis_et_al-2011-International_Nursing_Review. 242–248.

Kumala, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Pada Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Gaya Manejemen Konflik Kolaborasi dan Kompromi (Studi pada Karyawan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah). Skripsi Tidak Dipubikasikan.

Lahana, E., Tsaras, K., Kalaitzidou, A., Galanis, P., Kaitelidou, D., & Sarafis, P. (2019). Conflicts management in public sector nursing. International Journal of Healthcare Management, 12(1), 33–39. https://doi.org/10.1080/20479700.2017.1353787

Mohamed, F. R., & Yousef, H. R. (2014). Emotional intelligence and conflict among nurse managers at Assiut University Hospital. Journal of Education and Practice, 5(5), 160–165. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/10967

Nurita, M. (2012). Hubungan Antara Kecerdasan Emosioanal (EQ) dengan Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta-Selatan. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma.

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan (Aplikasi dalam Praktik Keperawatan) (5th ed). Salemba Medika.

Paomey, Mulyadi, & Rivelino, H. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Di Irina A RSUP PROF. DR.R.D. KANDOU MANADO. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Prasad, P. N., & Road, H. (2012). A Study on Employees ’ Emotional Intelligence and Customer Retention in the Banks at Bangalore. 134–140.

Reni, S. S. (2015). Analisis Konflik Pelayanan Keperawatan Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2014. Universitas Andalas.

Ritonga, E. Y. (2017). Stress, Konflik dan Komunikasi Organisasi. Fakultas Dakwah Dan KOmunikasi UIN Sumatera Utara, 135–157.

Rusdiana, H. A. (2015). Manajemen Konflik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sahdat, M., Sajjad, S. I., Farooq, M. U., & Rehman, K. (2011). Emotional Intelligence and Organizational Productiviy : A Conceptual Study Ms Scholar Iqra University Islamabad , Pakistan. 15(6), 821–825.

Satrianegara, M. F. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan (T.Utami, Ed.). Jakarta : Salemba Medika.

Tapas Lata Sahu, & Prof. R. P. Das. (2016). Emotional Intelligence as a Predicator of Managing Patient Relationship in Nursing Profession- A Study. SUMEDHA Journal of Management, Vol.5, 74–83.

Wijayanti, E. T. (2019). Gaya Manajemen Konflik Perawat Pelaksana Di RSM Ahmad Dahlan Kota KEDIRI. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8, 1.

Yadav, N. (2011). Emotional Intelligence and Its Effetcs on Job Performance : a Comparative Study on Life Insurance Sales Professionals. International Journal of Multidisciplinary Research, 1(8), 248–260.

Ylitörmänen RN, MSc, PhD (c), T., Kvist RN, PhD, T., & Turunen RN, PhD, H. (2015). A Web-Based Survey of Finnish Nurses’ Perceptions of Conflict Management in Nurse-Nurse Collaboration. International Journal of Caring Sciences, 8(2), 263–273. http://search.proquest.com.ezp.waldenulibrary.org/docview/1685874219?accountid=14872%5Cnhttp://sfxhosted.exlibrisgroup.com/waldenu?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=unknown&sid=ProQ:ProQ%3Ahealthcompleteshell&atitle=A+Web-

Downloads

Published

03/28/2022

How to Cite

Sitanggang, K. D., Lubis, A. N., & Wahyuni, S. E. (2022). Kecerdasan Emosional Berhubungan dengan Manajemen Konflik Perawat . Jurnal Keperawatan, 14(1), 61–70. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v14i1.18