Prenatal Class sebagai Upaya untuk Meningkatkan Self Efficacy Ibu Hamil

Authors

  • Nanik Handayani Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Annif Munjidah Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siska Nurul Abidah Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Jessica Puspa Kencana Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Erfina Miftakhul Zannah Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1665

Keywords:

ibu hamil, pernatal class, self efficacy

Abstract

Kurangnya kepercayaan diri dan kemampuan ibu hamil terutama pada ibu dengan kehamilan primigravida dalam menjalani masa kehamilan hingga persalinan merupakan hal yang perlu diperhatikan karena akan menentukan kesiapan ibu menjadi orang tua. Tujuan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh prenatal class sebagai upaya untuk meningkatkan self efficacy ibu hamil. Dalam penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Quasy-Experimental one group pre test-post test. Sampel penelitian ini ibu hamil sebanyak 52 responden yang diambil menggunakan teknik Consecutive sampling, Kuesioner penelitian ini menggunakan Instrumen untuk mengukur variabel dependent Self Efficacy ibu hamil menggunakan instrument General Self Efficacy Scale (GSES). Analisis data menggunakan Wilcoxon rank test. Hasil dari penelitian  sebelum ibu hamil mengikuti prenatal class sebagian besar tingkat self efficacy dalam kategori sedang sebesar 57.7%, sedangkan sesudah mengikuti prenatal class, sebagian besar tingkat self efficacy ibu hamil dalam kategori baik sebesar 76.9%. Uji statistic Wilcoxon didapatkan p value (0.000) < (0.05) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh prenatal class terhadap peningkatan self efficacy ibu hamil. Pelaksanaaan prenatal class dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatn diri selama masa kehamilan, proses persalinan, menyusui, perawatan bati yang bertujuan untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan ibu dan kesiapan untuk menjadi orang tua. Dengan mengikuti prenatal class ibu hamil dapat meningkatkan self efficacy dan kesiapan ibu menjadi orang tua.

References

Afranika, A., & Pratama, R. M. K. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Muaro Tembesi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 12(1), 156. https://doi.org/10.36565/jab.v12i1.622

AlSomali, Z., Bajamal, E., & Esheaba, O. (2023). The Effect of Structured Antenatal Education on Childbirth Self-Efficacy. Cureus, 15(5). https://doi.org/10.7759/cureus.39285

Anggasari, Y., Laili, U., & Masuroh, N. (2022). Pregnancy care and the relationship between psychological factors and selfcare for pregnant women during the COVID-19 pandemic. Bali Medical Journal, 11(2), 939–945. https://doi.org/10.15562/BMJ.V11I2.3424

Barreiro, R. G., Lopes, M. V. de O., & Cavalcante, L. D. P. (2020). Middle-Range Theory for the Nursing Diagnosis of Low Self-Efficacy in Health. Revista Brasileira de Enfermagem, 73(5), 1–10. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2019-0370

Carolina Awad, D., Zaiter, A., Ghiya, P., Zaiter, K., Louka, J. G., Fakih, C., & Chahine, M. N. (2020). COVID-19: Pregnant Women’s Knowledge, Perceptions & Fears. First National Data from Lebanon. Obstetrics and Gynecology Research, 03(04), 220–234. https://doi.org/10.26502/ogr044

Depkes. (2009). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Diotaiuti, P., Valente, G., Mancone, S., Falese, L., Corrado, S., Siqueira, T. C., & Andrade, A. (2022). A Psychoeducational Intervention in Prenatal Classes: Positive Effects on Anxiety, Self-Efficacy, and Temporal Focus in Birth Attendants. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(13). https://doi.org/10.3390/ijerph19137904

Dwiarini, M. (2022). Factors related to childbirth self-efficacy among primigravida in Yogyakarta. JNKI (Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia) (Indonesian Journal of Nursing and Midwifery), 10(2), 151. https://doi.org/10.21927/jnki.2022.10(2).151-157

Elmeida, I. F., Nurlaila, Nurchairini, & Isnawati, D. S. (2023). Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Deteksi Dini Tanda Bahaya Kehamilan. 3(1), 4837–4846.

Handayani, L., Nurhesti, A., Wijaya, C. S., Maelan, R., & Jamko, M. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kelas Ibu Hamil Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Seyegan Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 103–108. https://doi.org/10.48144/jiks.v13i2.257

Herinawati, H., Heryani, N., Susanti, S., Danaz Nst, A. F., Imelda, I., & Iksaruddin, I. (2021). Efektivitas Self Efficacy terhadap Pemahaman Tanda Bahaya Kehamilan menggunakan Video dan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 109. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.290

Hikmah, N., Naimah, & Yuliani, I. (2019). Self Efficacy Ibu Hamil Trimester III dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 5(2), 123–132.

Iwanowicz-Palus, G., Zarajczyk, M., Bień, A., Korżyńska-Piętas, M., Krysa, J., Rahnama-Hezavah, M., & Wdowiak, A. (2022). The relationship between social support, self-efficacy and characteristics of women with diabetes during pregnancy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1). https://doi.org/10.3390/ijerph19010304

Léniz-Maturana, L., Vilaseca, R., & Leiva, D. (2022). Maternal self-efficacy and emotional well-being in Chilean adolescent mothers: the relationship with their children’s social-emotional development. PeerJ, 10, 1–31. https://doi.org/10.7717/peerj.13162

Mandasari, M., Yusriani, & Patimah, S. (2021). Media Buku Kesehatan Ibu dan Anak Mempengaruhi Self Efficacy Ibu Hamil dalam Pemanfaatan Antenatal Care. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(April), 83–88. http://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/view/1257

Mardiana, N., Sipasulta, G. C., & Albertina, M. (2018). Faktor yang Berhubungan dengan Self Efficacy dalam Memeriksakan Kehamilan di Kota Balikpapan. Mahakam Midwifery Journal, 2(4), 277–291.

Patriajati, S., & Sriatmi, A. (2019). Determinants of Mothers’ Participation in Antenatal Classes. Indonesian Journal of Health Administration, 7(2), 139–146. https://doi.org/10.20473/jaki.v7i2.2019.139-146

Putri, A. M. S., Mahindra, M. P., Mapindra, M. P., Sampurna, M. T. A., Aryananda, R. A., & Khotima, F. K. (2022). Effectiveness of Participation in Pregnancy Classes to Reduce the Incidence of Obstetric Labor Complications and Cesarean Section. Indonesian Journal of Obstetrics and Gynecology, 10(4), 229–234. https://doi.org/10.32771/inajog.v10i4.1548

Putri, N. R., Amalia, R., & Kusmawati, I. I. (2022). Kelas Ibu Hamil Terhadap Kesehatan Psikologis Ibu Hamil dan Persiapan Persalinan: Systematic Review. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 5(1), 29. https://doi.org/10.35473/ijm.v5i1.1427

Ratmawati, Y. N., Suryantara, B., & Wahyuningsih, H. P. (2023). The Effectivenes of the Use of Maternity Classes on Decision Making in Maternal and Child Health Service in Klaten Regency. Journal of Health (JoH), 10(1), 95–108.

Rosalinda, Meiranny, A., & Rosyidah, H. (2023). Intervensi Peningkatan Parenting Self-Efficacy Ibu Hamil : Literature Review. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia The Indonesian Journal of Health Promotion), 6(5), 772–780.

Schwartz, L., Toohill, J., Creedy, D. K., Baird, K., Gamble, J., & Fenwick, J. (2015). Factors associated with childbirth self-efficacy in Australian childbearing women. BMC Pregnancy and Childbirth, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12884-015-0465-8

Suratmi, S., & Mariani, N. N. (2023). The Effect Modification of Pregnancy Mother ’ s Class on Parent Readiness on Primigravida at Upt Puskesmas Beber , Cirebon Regency in 2022. 6(1), 206–214.

Winangrum, C., & Hutasoit, M. (2022). Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Berhubungan dengan Self Efficacy dalam Melakukan Pemeriksaan Antenatal Care ( ANC ). Jurnal Indonesia Sehat, 1(2), 166–174.

Yuksel, A., Bayrakci, H., & Yilmaz, E. B. (2019). Self-efficacy, Psychological Well-Being and Perceived Social Support Levels in Pregnant Women. International Journal of Caring Sciences, 12(2), 1120–1129.

Yusnidar, & Suriati, I. (2021). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Pada Ibu Primigravida Terhadap Pengetahuan Tentang Perawatan Kehamilan. Jurnal JKFT, 6(1), 1–6.

Downloads

Published

10/10/2023

How to Cite

Handayani, N. ., Munjidah, A. ., Abidah, S. N. ., Kencana, J. P. ., & Zannah, E. M. . (2023). Prenatal Class sebagai Upaya untuk Meningkatkan Self Efficacy Ibu Hamil. Jurnal Keperawatan, 16(2), 527–534. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i2.1665