Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emsional Anak Prasekolah

Authors

  • Rahmadaniar Aditya Putri Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nurul Kamariyah Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ima Nadatien Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tasya Sal Sabilla Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Nur Hasina Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1505

Keywords:

anak praseolah, perkembangan emosional, pola asuh orang tua

Abstract

Pola asuh orang tua dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sering kali menjadi permasalahan emosional pada interaksi orang tua dengan anak. meliputi otoriter, demokratis dan permisif. Perkembangan emosional meliputi perasaan anak seperti senang, sedih, marah, takut, tanggapan mengejutkan, cinta dan benci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain uji analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Besar populasi 76 orang, sampel diambil secara Purposive Sampling dengan besar sampel 64 responden di TK Tunas Jepara Surabaya. Instrumen menggunakan kuesioner (PSDQ) dan (SDQ). Analisa data menggunakan uji Rank Spearman, α = 0,05.  Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (68,8%) orang tua memiliki kecenderungan pola asuh demokratis. Anak usia prasekolah sebagian besar (65,6%) memiliki perkembangan emosional normal. Hasil uji analisis membuktikan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosional pada anak usia prasekolah (ρ=0.000). Kecenderungan pola asuh demokratis dapat mempengaruhi anak tidak mengalami permasalahan perkembangan emosional. Orang tua perlu menghargai pendapat anak dengan memberikan pemahaman mengenai cara mengemukakan pendapat untuk meminimalisir terjadinya permasalahan perkembangan emosional pada anak. Pada fase usia prasekolah disarankan untuk mendidik sesuai dengan kondisi anak. 

Author Biography

Rahmadaniar Aditya Putri, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

References

Azwi, A. I., Yenni, Y., & Vianis, O. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gadget Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal, 5(1), 24. https://doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507

Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

DHIU, K. D. . & F. Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Konstantinus Dua Dhiu 1 , Yasinta Maria Fono 2 Program Studi PGPAUD STKIP Citra Bakti. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61.

Hapsari, E. T., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 870–873. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.145

Haryanti, R. E., & Siswanto, H. (2021). Pola Asuh Permisif Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Nusa Indah SKB Mojokerto. J+Plus UNESA, 10(2), 1–11.

Hidaayah, N., & Putri, R. A. (2022). Edukasi Seksual Pada Orangtua Anak Usia Dini dan Pelatihan Edukasi Mandiri Pelecehan Seksual Pada Bunda PAUD. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 327–335. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.819

Indanah, & Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–228.

Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. Jurkessutra (Jurnal Kesehatan Surya Nusantara), 8(1), 35–44. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/download/1087/683

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Kulawiak, P. R., Wilbert, J., Schlack, R., & Börnert-Ringleb, M. (2020). Prediction of child and adolescent outcomes with broadband and narrowband dimensions of internalizing and externalizing behavior using the child and adolescent version of the Strengths and Difficulties Questionnaire. PLoS ONE, 15(10), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0240312

Kundre, R., & Bataha, Y. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Bekerja Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4 - 5 Tahun) Di Tk Gmim Bukit Moria Malalayang. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.25202

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Mahmud, M., & Fajri, A. (2021). Strategi Pengendalian Emosi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Mendukung Kecerdasannya. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2479

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122

Maulinda, R., Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 300–313.

Mayasari, A. T., Wasirah, S., Ati, P. D., Malinda, H., Khotipah, S., & Soresmi, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Prasekolah. Journal of Current Health Sciences, 1(2), 63–68. https://doi.org/10.47679/jchs.202110

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Salemba Medika.

Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92.

Purnama, N. L. A. (2022). Relationship of Parenting Paterrns With the Self Confidence of Pre school Children in The Pandemic COVID 19. Cientific Journal of Nursing, 8(2), 486–494.

Putri, R. A., Hidaayah, N., & Masithah, D. (2022). Positive Parenting untuk Orang Tua Serta Latihan Self Control untuk Anak dalam Upaya Mengurangi Kecenderungan Internet Gaming Disorder. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 283–291. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.813

Rahmadani, E., Sutrisna, M., & Ramlis, R. (2019). Dampak penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(2), 127–134. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i4.1182

ridha hidayat, yoana agnesia. (2021). JURNAL NERS Research & Learning in Nursing Science Abstrak. Jurnal NERS, 5(23), 1–7.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Sholikha, J., Irwanto, I., & Fardana N, N. A. (2021). Kualitas Interaksi Orang Tua Dan Anak Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(3), 243–248. https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.243-248

Subekti, N., & Nurrahima, A. (2019). Gambaran Keadaan Mental Emosional. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 3(2), 10–15.

Suharno, B., & Tristanti, L. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Emosioal Anak Usia Pra Sekolah (4-6 Tahun). MIKIA: Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak (Maternal and Neonatal Health Journal), 47–52. https://doi.org/10.36696/mikia.v3i1.23

Susilowati, E., & Surani, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Mental Emosional Anak Usia Pra Sekolah Di Kelurahan Gebangsari Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 7(2), 54. https://doi.org/10.29406/jkmk.v7i2.2035

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Widakdo, G., Rita, E., Saputri, I. N., Permatasari, T. A. E., & Kurniaty, I. (2020). Masalah Emosi dan Perilaku pada Penderita TB Anak. Health Care : Jurnal Kesehatan, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.36763/healthcare.v9i1.75

Downloads

Published

08/13/2023

How to Cite

Aditya Putri, R. ., Kamariyah, N. ., Nadatien, I., Sabilla, T. S. ., & Hasina, S. N. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emsional Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan, 16(1), 189–202. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v16i1.1505