Pengembangan Prototipe Website “BLS Sriwijaya” sebagai Inovasi Media Pembelajaran Asynchronous Bantuan Hidup Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1183Keywords:
bantuan hidup dasar, media pembelajaran, mahasiswa keperawatanAbstract
Perawat sering menjadi orang pertama yang hadir dan menolong pasien dalam kondisi darurat di dalam dan di luar rumah sakit, seperti henti napas dan henti jantung. Pengetahuan bantuan hidup dasar yang dimiliki perawat sangat menentukan angka kelangsungan hidup pasien dan tingkat kecacatan yang mungkin dialami pasien dalam kondisi kegawatdaruratan. Teknologi informasi dan komunikasi dapat diterapkan untuk membuat inovasi website media pembelajaran bantuan hidup dasar yang memungkinkan belajar secara asynchronous atau belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe media pembelajaran berbasis website, mengetahui tingkat kelayakan materi dan media, fungsionalitas input dan output, serta tingkat kegunaan prototipe. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan prototipe yang telah dikembangkan memiliki tingkat kelayakan dari segi materi dan media tergolong sangat tinggi, yaitu 90,0% dan 84,0%. Fungsionalitas input dan output berjalan sesuai dengan reaksi sistem, dan tingkat kegunaan prototipe ini secara keseluruhan sudah sangat tinggi (84,1%).
References
American Heart Association. (2015). 2015 AHA guidelines update for CPR and ECC. In Circulation (Vol. 132, Issue 18).
At Taufiq, M. H., & Hidayati, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Biro Travel dengan SMS Gateway dan Google Maps API. Multinetics, 2(1), 43. https://doi.org/10.32722/vol2.no1.2016.pp43-48
Febrian, V., Ramadhan, M. R., Faisal, M., & Saifudin, A. (2020). Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 61. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i1.4340
Ghirardini, B. (2021). E-learning methodologies and good practices. In E-learning methodologies and good practices (2nd Editio). FAO. https://doi.org/10.4060/i2516e
Holmberg, M. J., Ross, C. E., Fitzmaurice, G. M., Chan, P. S., Duval-Arnould, J., Grossestreuer, A. V., Yankama, T., Donnino, M. W., & Andersen, L. W. (2019). Annual incidence of adult and pediatric in-hospital cardiac arrest in the United States. Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes, 12(7), 1–8. https://doi.org/10.1161/CIRCOUTCOMES.119.005580
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 198). http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
Khoury, A. H., Eddeen, L. M. N., Saadeh, D. S., & Harfoushi, O. K. (2011). E-learning: Justifications and Obstacles. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 6(3), 53–56. https://doi.org/10.3991/ijet.v6i3.1610
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya.
Lenjani, B., Baftiu, N., Pallaska, K., Hyseni, K., Gashi, N., Karemani, N., Bunjaku, I., Zaimi, T., Jakupi, A., & Elshani, B. (2014). Cardiac arrest – cardiopulmonary resuscitation. Journal of Acute Disease, 3(1), 31–35. https://doi.org/10.1016/S2221-6189(14)60007-X
Montgomery, C., Kardong-Edgren, S. E., Oermann, M. H., & Odom-Maryon, T. (2020). Student Satisfaction and Self Report of CPR Competency: HeartCode BLS Courses, Instructor-Led CPR Courses, and Monthly Voice Advisory Manikin Practice for CPR Skill Maintenance. International Journal of Nursing Education Scholarship, 9(1). https://doi.org/10.1515/1548-923X.2361
Nidhra, S., & Dondeti, J. (2012). Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review. International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA), 2(2). https://doi.org/10.5121/ijesa.2012.2204
Priyaungga, B. A., Aji, D. B., Syahroni, M., Aji, N. T. S., & Saifudin, A. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(3), 150. https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i3.5343
Rusydiyah, E. atimatur. (2015). Media Pembelajaran: Implementasi Untuk Anak Di Madrasah Ibtidaiyah. In IAIN Sunan Ampel Press (Issue November). IAIN Sunan Ampel Press.
Sabir, M. (2017). Identify Knowledge of Basic Cardiac Life Support among Nursing Student. International Journal of Scientific and Research Publications, 7(6), 733–738. www.ijsrp.org
Santoso, H. (2019). Rekayasa perangkat lunak. Program Studi Komputer USU.
Sauer, J., Sonderegger, A., Heyden, K., Biller, J., Klotz, J., & Uebelbacher, A. (2019). Extra-laboratorial usability tests: An empirical comparison of remote and classical field testing with lab testing. Applied Ergonomics, 74(April 2018), 85–96. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2018.08.011
Sugiyarto, S., & Sulistyowati, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Basic Life Support (BLS) Melalui Pelatihan BLS Pada Perawat dan Bidan. (Jkg) Jurnal Keperawatan Global, 5(2), 56–63. https://doi.org/10.37341/jkg.v5i2.100
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. In Pedagogja. Pedagogja.
Tobase, L., Peres, H. H. C., Gianotto-Oliveira, R., Smith, N., Polastri, T. F., & Timerman, S. (2017). The effects of an online basic life support course on undergraduate nursing students’ learning. International Journal of Medical Education, 8, 309–313. https://doi.org/10.5116/ijme.5985.cbce
Zulkarnain. (2015). Beginner’s Guide to website design and development. https://www.researchgate.net/publication/314245161_Beginner’s_Guide_to_Website_Design_and_Development
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keperawatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.