Faktor Determinan Self-Efficacy Perawat Pelaksana dalam Pelaksanaan Discharge Planning

Authors

  • Ni Luh Putu Mira Santana Sari Fakultas Kesehatan, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • I Gede Putu Darma Suyasa Fakultas Kesehatan, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • I Kadek Nuryanto Fakultas Kesehatan, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • Putu Noviana Sagitarini Fakultas Kesehatan, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1164

Keywords:

burnout, discharge planning, self-efficacy, self-esteem

Abstract

Self-efficacy pada perawat pelaksana merupakan keyakinan dan kemampuan seorang perawat dalam melaksanakan discharge planning untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang secara tidak langung berpengaruh pada keberlanjutan perawatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidetifikasi faktor determinan self-efficacy perawat pelaksana dan menganalisis faktor yang paling dominan terhadap pelaksanaan discharge planning. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 187 perawat pelaksana yang dipilih melalui simple random sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Sebelum kuesioner diberikan kepada responden dilakukan uji face validity dan reliability untuk validitas dan reliabilitas kuesioner kemudina baru dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Data dianalsis secara univariat, bivariat dengan uji chi square, dan multivariat dengan uji binary logistic regression. Hasil analisis bivariate variabel burnout (p 0,002) dan self esteem (p<0,001) memiliki pengaruh yang signifikan dalam pelaksanaan discharge planning sedangkan hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel burnout dan self esteem memiliki pengaruh yang paling dominan dalam pelaksanaan discharge planning.

References

Asmuji, A., Faridah, F., & Handayani, L. T. (2018). (Peer Review+ Similarity) Implementation Of Discharge Planning In Hospital Inpatient Room By Nurses.

Bandura, A. (2008). Toward An Agentic Theory Of The Self. Greenwich: Information Age Publishing. Belas. Jakarta: Kencana.

Deniati, K., Anugrahwati, R., & Suminarti, T. (2018). Pengaruh Berfikir Kritis Terhadap Kemampuan Perawat Pelaksana Dalam Melakukan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Hermina Bekasi Tahun 2016. Holistik Jurnal Kesehatan, 12(1), 21-25

Iqbal, M., & Agritubella, S. M. (2017). Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Rawat Inap RS PMC. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(3), 285-293.

Paomey, C. J., Mulyadi, N., & Hamel, R. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan Di Irina A Rsup Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 4(1).

Reski, J., Hamzah, W., & Andayanie, E. (2021). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba. Window Of Public Health Journal, 590-598.

Sari, N. L. P. D. Y. (2015). Hubungan Beban Kerja, Faktor Demografi, Locus Of Control Dan Harga Diri Terhadap Burnout Syndrome Pada Perawat Pelaksana IRD RSUP Sanglah. COPING NERS (Community Of Publishing In Nursing), 3(2), 51-60.

Sinaga, (2016). Pengaruh Self-Esteem, Kematangan Emosi, Dan Kematangan Social Perawat Dan Tenaga Medis Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Di RS SOS Tembagapura. Tugas Akhir Program Magister. Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka Jakarta.

Suroso, J. (2015). Penataan Sistem Jenjang Karir Berdasar Kompetensi Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit. Eksplanasi, 6(2).

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial (Edisi Kedua)

Utami, E. S., & Supratman, S. (2020). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Pada Aspe Self Esteem Dengan Motivasi Perawat Pelaksana. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 13(1), 48-53

Widodo, W. N., Wungow, H., & Hamel, R. S. (2016). Hubungan Peran Ketua Tim Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Irina F Rsup Prof Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 4(2).

Wirdah, H., & Yusuf, M. (2016). Penerapan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 1(1).

Wulandari, D. F., & Hariyati, R. T. S. (2019). Optimizing The Implementation Of Discharge Planning In X General Hospital Jakarta. International Journal Of Nursing And Health Services (IJNHS), 2(1), 70-81.

Downloads

Published

06/09/2023

How to Cite

Sari, N. L. P. M. S. ., Suyasa, I. G. P. D., Nuryanto, I. K. ., & Sagitarini, P. N. (2023). Faktor Determinan Self-Efficacy Perawat Pelaksana dalam Pelaksanaan Discharge Planning. Jurnal Keperawatan, 15(4), 1641–1650. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i4.1164

Most read articles by the same author(s)