Faktor Hambatan dalam Akses Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas di Indonesia: Scoping Review

Authors

  • Cindy Kinanti Rahmayani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.991

Keywords:

akses pelayanan kesehatan, hambatan, puskesmas

Abstract

Setiap orang memiliki hak terhadap status kesehatan termasuk mendapatkan akses dalam pelayanan kesehatan. Di Indonesia, persebaran fasilitas kesehatan seperti sarana prasarana puskesmas yang belum  memadai secara merata yang menyebabkan sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan. Perbaikan kualitas dalam hal akses pelayanan kesehatan diperlukan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya faktor hambatan pada masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu puskesmas. Metode penelitian yang digunakan adalah scoping review dengan penelusuran artikel melalui Google Scholar, ResearchGate, dan Portal Garuda. Kata kunci dalam artikel yaitu “hambatan” AND “akses pelayanan kesehatan” AND “puskesmas”. Kriteria inklusi penelitian adalah artikel original full paper dan open access yang terbit dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yaitu 2019-2022 serta membahas mengenai hambatan akses pelayanan kesehatan pada puskesmas di Indonesia yang berbahasa Indonesia. Hasil penelusuran didapatkan sejumlah 181 artikel dan hanya terdapat 4 artikel sesuai dengan kriteria yang dianalisis menggunakan matriks scoping review. Berdasarkan hasil artikel yang dianalisis, menunjukkan hambatan akses pelayanan kesehatan meliputi aspek kondisi geografis, ketersediaan pelayanan, kondisi ekonomi, sarana prasarana fasilitas kesehatan, dan ketersediaan tenaga kesehatan. Kesimpulannya adalah adanya faktor hambatan baik dari segi internal maupun eksternal dalam akses pelayanan kesehatan pada puskesmas.

References

Anita Betri, Dkk. (2019). Puskesmas dan Jaminan Kesehatan Nasional. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa K.P. dan K.R.I. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan. (2020). Panduan Layanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jakarta: BPJS.

Badan Pusat Statistik. (2022). Profil Kemiskinan di Indonesia. Jakarta: BPS.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI.

Efron, Sara E., & Ruth R. (2019). Writing the Literature Review: A Practical Guide. New York: The Guilford Press.

Fatimah, S. (2019). Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat) , 3 (1), 121-131.

Halim, B., Girsang, E., Nasution, S. L. R., & Manalu, P. (2020). Hambatan Akses Pelayanan Infertilitas pada Pasien dari Kawasan Urban dan Rural yang Berobat di Klinik Bayi Tabung Halim Fertility Center RSIA Stella Maris. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 19(4), 272–278. https://doi.org/10.14710/mkmi.19.4.272-278

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Bersama Selesaikan Masalah Kesehatan. https://www.kemkes.go.id/article/view/18012900004/bersama-selesaikan-masalah-kesehatan.html

Kementerian Kesehatan RI. (2019) Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Laksono, A. D. (2016). Aksesibilitas Pelayanan Kesehatan. In Health Care Accessibility (Issue January 2016). Kanisius.

Lukmayani, Z. F., Palutturi, S., & Rahmadani, S. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Aksesibilitas Pasien BPJS Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19. Hasanuddin Journal of Public Health, 2(3), 238–250.

Maulany, R.F., Dianingati, R.S. and Annisaa’, E. (2021) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Akses Kesehatan’, Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product, 4(2). Available at: https://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijpnp/article/view/1161.

Megatsari, H., Laksono, A. D., Ridlo, I. A., Yoto, M., & Azizah, A. N. (2019). Perspektif Masyarakat Tentang Akses Pelayanan Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 247–253. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.231

Napitupulu, T. F., & Prasetyo, S. (2021). Akses Pelayanan Pengobatan Tuberkulosis Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Abadijaya Kota Depok Tahun 2021. NERSMID : Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 4(2), 207–226. http://nersmid.unmerbaya.ac.id/index.php/nersmid/article/view/107

Nopiani, C. S. (2019). Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 1–7.

Nurlinawati, I., & Putranto, R. H. (2020). Factors Related to Health Workers Placement in First Level Health Care Facilities in Remote Areas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 4(1), 31–38.

Pamungkas, G., & Kurniasari, N. (2020). Hubungan Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Puskesmas Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Melong Asih Kota Cimahi Tahun 2019. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 13(2), 60–69. https://doi.org/10.36051/jiki.v13i2.92

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Riyadi, M. (2018). Teori Iknemook dalam Mediasi Malapraktik Medik. Prenadamedia Group.

Su’udi, A., Putranto, R. H., Harna, H., Irawan, A. M. A., & Fatmawati, I. (2022). Analisis Kondisi Geografis dan Ketersediaan Peralatan di Puskesmas Terpencil/Sangat Terpencil di Indonesia. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(2), 132–138. http://dx.doi.org/10.33860/jik.v16i2.1246%0Ahttps://jurnal.poltekkespalu.ac.id/index.php/JIK/article/download/1246/476

Triratnawati, A., & Arista, Y. A. (2019). Hambatan akses pelayanan kesehatan orang cebol. Berita Kedokteran Masyarakat, 35(4), 113–119.

Trisnalanjani, N. L. Y., & Kurniati, D. P. Y. (2022). Persepsi Ibu Hamil Dalam Mengakses Pelayanan Antenatal Di Puskesmas Karangasem I Pada Masa Pandemi Covid-19. Archive of Community Health, 9(2), 307. https://doi.org/10.24843/ach.2022.v09.i02.p09

Utami, MC, Jahar, AS, & Zulkifli, Z. (2021). Tinjauan Scoping Review dan Studi Kasus. Radial: Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa dan Teknologi, 9 (2), 152-172 https://stitek-binataruna.e-journal.id/radial/article/view/231.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Cindy Kinanti Rahmayani. (2023). Faktor Hambatan dalam Akses Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1337–1344. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.991