Pengaruh Sosiodemografi terhadap Tingkat Pengetahuan Penggunaan Obat Tradisional pada Masyarakat

Authors

  • Dwi Joko Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Kiki Puspitasary Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Ummu Salamah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.911

Keywords:

obat tradisional, sosiodemografi, tingkat pengetahuan

Abstract

Pengetahuan obat tradisional pada masyarakat Dukuh Kadirejo berbeda-beda. Latar belakang yang berbeda dapat mempengaruhi keadaan sosiodemografi terhadap penggunaan obat tradisional sebagai pengobatan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosiodemografi terhadap pengetahuan penggunaan obat tradisioanl pada masyarakat Dukuh Kadirejo Desa Kadipaten Kabupaten Boyolali. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian observasional menggunakan desain cross sectional yang dilakukan di Desa Kadirejo dengan menggunakan alat bantu kuisioner. Hasil penelitian yaitu adanya hubungan antara jenis kelamin dengan pengetahuan masyarakat terkait obat tradisional dengan nilai  p value 0,040. Hasil nilai antara faktor sosiodemografi usia dengan pengetahuan nilainya lebih besar dari pada nilai p value yaitu 0,408 > 0,05 yang bermakna bahwa usia tidak mempengaruhi terhadap pengetahuan seseorang akan obat tradisional. Nilai antara faktor sosiodemografi pekerjaan dengan pengetahuan nilainya lebih kecil dari pada nilai p value yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara pekerjaan dengan pengetahuan seseorang tentang obat tradisional. Nilai antara faktor sosiodemografi pendidikan dengan pengetahuan seseorang tentang obat tradisional di mana nilainya lebih kecil dari p value yaitu 0,003 < 0,05. Faktor sosiodemografi yang mempengaruhi tingkat pengetahuan penggunaan obat tradisional pada penelitian ini adalah jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan di masyarakat Dukuh Kadirejo.

 

References

Afriliana, N.I.P. 2019. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tradisional di Kecamatan Mlati. Skripsi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Sleman, Yogyakarta.

Desni, F., Wibowo, T.A., Rosyidah, 2013. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Perilaku Kepala Keluarga Dengan Pengambilan Keputusan Pengobatan Tradisional Di Desa Rambah Tengah Hilir Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Kes Mas J. Fak. Kesehat. Masy. 5.

Ismail, I. 2015. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Memilih Obat Tradisional di Gampong Lam Ujong. Idea Nursing Journal Vol VI (1): 7- 14.

Kristina, S. A., Prabandari, Y. S., & Sudjaswadi, R. 2007. Perilaku pengobatan sendiri yang rasional pada masyarakat. Berita Kedokteran Masyarakat, 23(4), 176-183.

Maja, P. K. 2021. Profil Penggunaan Obat Tradisional Pada Masyarakat Desa Wae Ia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Skripsi. Fakultas Farmasi Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.

Maryani, L.J. 2016. Kajian Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Penggunaan Obat Tradisional untuk Pengobatan Mandiri di Kalangan Masyarakat Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Notoatmodjo, S. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:PT. Rineka Cipta

Noviana, F. 2011. Kajian Pengetahuan dan Alasan Pemilihan Obat Herbal pada Pasien Geriatri di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Oktarlina, R. Z., Tarigan, A., Carolia, N., dan Utami, E. R. 2018. Hubungan Pengetahuan Keluarga dengan Penggunaan Obat Tradisional di Desa Nunggalrejo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. JK Unila, 2 (1), 42–46.

Patty, Y. F. P. 2017. Profil Penggunaan Obat dan Perilaku Pengobatan Mandiri di Kalangan Ibu-Ibu Desa Oelnasi Nusa Tenggara Timur. Skripsi. Fakultas Farmasi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

PDSPK Kemdikbud. 2016. Analisis Kearifan Lokal Ditinjau dari Keragaman Budaya. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rinda, P.M., 2014. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mengenai Obat Tradisional dan Modern dengan Tindakan Pemilihan Obat Untuk Pengobatan Mandiri di Kalangan Masyarakat Desa Bantir, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Setiawan, I., Suharyanto, S., & Dianto, R. 2018. Peningkatan Pengetahuan Tentang Jamu Pada Siswa-Siswi di Sekolah Dasar Negeri 1 Boyolali.Jurnal Surya Masyarakat, 1(1), 54-58.

Supardi S, dan Syusanty A.L. 2010. Penggunaan obat tradisional dalam upaya pengobatan sendiri di Indonesia (Analisis Data Susenas Tahun 2007).Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 38, No. 2: 80-89.

Supardi S, dkk. 2003. Beberapa faktor yang berhubungan dengan penggunaan obat tradisional dalam pengobatan sendiri di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 31.1, Maret.

Wahab, S., Hatria, N., Idrus, I., Muliana, H., & Azzahra, N. 2022. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat RT 22 Di Kelurahan Tangga Takat Palembang Tentang Penggunaan Obat Tradisional Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Health Science, 2(1), 28-34.

Widiyanto, A., Murti, B., & Soemanto, R. B. (2018). Multilevel analysis on the Socio-Cultural, lifestyle factors, and school environment on the risk of overweight in adolescents, Karanganyar district, central Java. Journal of Epidemiology and Public Health, 3(1), 94-104.

Widiyanto, A., Peristiowati, Y., Ellina, A. D., Duarsa, A. B. S., Fajria, A. S., & Atmojo, J. T. (2022). Peningkatan Imunitas Tubuh melalui Konsumsi Vitamin dalam Menghadapi Covid-19: Systematic Review. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 95-104.

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Yulianto, D. J., Puspitasary, K. ., & Salamah, U. . (2023). Pengaruh Sosiodemografi terhadap Tingkat Pengetahuan Penggunaan Obat Tradisional pada Masyarakat. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2), 437–442. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.911