Persepsi Pasien terhadap Implementasi Keselamatan Pasien yang Dilindungi Perawat: Analisis

Authors

  • Syamsiah Rauf Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Nur Hidayah Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Nurul Khusnul Khotimah Universitas Islam Negeri Alauddin
  • A.Adriana Amal Universitas Islam Negeri Alauddin

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i1.675

Keywords:

keperawatan , mutu pelayanan, pasien safety

Abstract

Keselamatan pasien merupakan bagian penting dari asuhan keperawatan yang masih membutuhkan perhatian. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis persepsi pasien terhadap pelaksanaan pasien safety oleh perawat. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Sampel didapatkan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Data dikumpulkan dari 67 pasien di rumah sakit Labuang Baji Makassar dengan menggunakan instrument pasien safety yang valid dan reliabel. Penelitian ini telah lulus uji etik dari komite etik FKIK UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian menunjukkan penerapan keselamatan pasien di rumah sakit berdasarkan persepsi pasien dalam kategori kurang sebanyak 55,9 % dan kategori baik 44,1%. Dari analisis perdomaian didapatkan domain yang memiliki rata-rata penerapan keselamatan pasien yang tertinggi yaitu pada domain pencegahan resiko jatuh (3,50), benar lokasi, benar pasien, dan benar prosedur pembedahan (3,45), pengurangan resiko infeksi (3,43), peningkatan keamanan obat (3,41) dan yang paling rendah identifikasi pasien dan komunikasi efektif (3,37).  Hal ini menunjukkan penerapan keselamatan pasien di rumah sakit masih perlu ditingkatkan.

References

Cavalcante, E. F. de O., Pereira, I. R. B. de O., Leite, M. J. V. de F., Santos, A. M. D., & Cavalcante, C. A. A. (2019). Implementation of patient safety centers and the healthcare-associated infections. Revista Gaucha de Enfermagem, 40(spe), e20180306.

Dalfian, D. (2021). persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan dalam Penerapan Patient Safety. HJK (Holistik Jurnal Kesehatan), 16 No 2, 118–127.

Dingley, C., Daugherty, K., Derieg, M. K., & Persing, R. (2008). Improving Patient Safety Through Provider Communication Strategy Enhancements. Advances in Patient Safety: New Directions and Alternative Approaches (Vol. 3: Performance and Tools), 1–18. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21249923

Dwi Yudhawati, D., & Listiowati, E. (2015). EVALUASI PENERAPAN IDENTIFIKASI PASIEN DI BANGSAL RAWAT INAP RSI SITI AISYAH MADIUN (Program Pasca Sarjana Inversitas Muhammaddiyah Yogyakarta). Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Gunawan, I. M. A., Wirawan, I. M. A., & Lubis, D. S. (2021). Implementation of six patient safety goals at a public health centre with in-patient services in Bali, Indonesia: A qualitative case study. Public Health and Preventive Medicine Archive, 9(1), 17. https://doi.org/10.15562/phpma.v9i1.285

Insani, T. H. N., & Sundari, S. (2018). Analisis Pelaksanaan Keselamatan Pasien oleh Perawat. JHeS (Journal of Health Studies), 2(1), 84–95. https://doi.org/10.31101/jhes.436

Kemenkes. (2010). Profil kesehatan Indonesia 2009. Jakarta: Kepala Pusat Data dan Surveillance Epidemologi.

Kemenkes. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien. Jakarta.

Mawardi, A., Asriwati, A., & Jamaluddin, J. (2020). Analisis Pelaksanaan Ketepatan Identifikasi Pasien Berdasarkan Standar Sasaran Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Surya Insani Pasir Pengaraian. Jurnal Kesehatan Komunitas, 6(2), 248–254. https://doi.org/10.25311/keskom.vol6.iss2.546

Mudayana, A. A., Sari, N., Rusmitasari, H., Fatonah, S., & Setyaningsih, D. A. (2019). The Implementation of Patient Safety in Indonesia. (January 2019). https://doi.org/10.2991/adics-phs-19.2019.19

Nadia, P., & Yulianty Permanasari, V. (2018). Compliance of the Nurse for Fall Risk Assessment as a Procedure of Patient Safety: A Systematic Review. KnE Life Sciences, 4(9), 207. https://doi.org/10.18502/kls.v4i9.3573

Sandhes Barus, D., Sari Mutia, M., & Ulina Karo-karo. (2022). Implementation Of Patient Safety Program In The Surgical Room By Nurses Based On The Rules Of The Royal Prima Medan Hospital In 2021. International Journal of Health and Pharmaceutical (IJHP), 2(2), 330–335. https://doi.org/10.51601/ijhp.v2i2.46

Silalahi, Y., Wahyuni Nasution, S., & Novalinda Ginting, C. (2022). The Effect Of Implementation Of Patient Identification Based On The Pall Accreditation Standards On Improving The Patient Safety Program At Royal Prima General Hospital In 2022. International Journal of Health and Pharmaceutical (IJHP), 2(4), 765–769. https://doi.org/10.51601/ijhp.v2i4.88

Sitohang, D. (2019). Kepuasan Pasien terhadap Penerapan Keselamatan Pasien oleh Perawat di Rumah Sakit.

Sugianto, K. M., & Handiyani, H. (2020). Fall Prediction and Prevention System using a Technology : A Literature Review. 3(1), 430–436. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i1.288

Widiasari, W., Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43–52. https://doi.org/10.7454/jki.v22i1.615

Zakaria, F. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sasaran Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Pria Husada Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Unisma, 2(2), 98–107.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Rauf, S. ., Hidayah, N., Khotimah, N. K., & Amal, A. (2022). Persepsi Pasien terhadap Implementasi Keselamatan Pasien yang Dilindungi Perawat: Analisis. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(1), 185–192. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i1.675