Refleksi Dua Tahun Pandemi Covid-19: Dampak Pembelajaran Daring pada Lulusan Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v13i1.630Keywords:
ansietas, Covid-19, diploma tiga keperawatan, kepuasan metode belajar, nomophobiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memotret gambaran lulusan Diploma Tiga (D3) Keperawatan yang menjalani proses pendidikan selama Pandemi Covid-19 yaitu dengan pembelajaran baik sepenuhnya dilakukan daring ataupun dilakukan dengan metode pemebelajaran campuran antara daring dan luring pada perkuliahan teori, praktikum, dan klinik. Sebanyak 444 responden lulusan D3 Keperawatan, pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengolahan dengan menggunakan uji univariate yaitu dengan uji distribusi frekuensi dan tendensi sentral. Penelitian ini menggunakan Student Satisfaction Self Confidence in learning Scale (SCLS), Kuesioner penilaian kinerja perawat, The Generalized Anxiety Disorder dan Nomophobia Quesionaire (NMP-Q). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan dan kepercayaan diri lulusan dengan metode pembelajaran yang digunakan yaitu kepuasan tingkat sedang 71,8%, tingkat rendah yaitu17,1% dan tingkat kepuasan tinggi hanya 11%. Kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan dalam kategori baik dengan kejadian ansietas yang terjadi mayoritas adalah ansietas ringan sebesar 41,7%. Nomophobia atau adiksi smartphone/Gadget yang dialami 59% nomophobia yang sangat berat, serta dari data tersebut juga tidak ada satupun responden yang tidak mengalami nomophobia. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan untuk institusi vokasi dalam pengembangan penggunaan metode pembelajaran daring, meskipun Pandemi Covid-19 sudah rmengalami penurunan kejadian, tetapi ini bisa menjadi langkah antisipasi terhadap kejadian yang sama dan adanya perkembangan teknogi informasi yang semakin pesat semakin menuntut pelaksanaan pendidikan yang lebih fleksibel dan tidak terbatas ruang dan waktu. Tingginya kejadian nompphobia dibutuhkan adanya intervensi kesehatan kejiwaan dalam upaya pencegahan terhadap adiksi smartphone atau gadget.
References
Abdous, M. (2019). Influence of satisfaction and preparedness on online students’ feelings of anxiety. The Internet and Higher Education, 41, 34–44. https://doi.org/10.1016/J.IHEDUC.2019.01.001
Fardiana, A. (2019). Hubungan Quality Of Nursing Work Life dengan Kinerja Perawat Di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan.
Fitria, D., Puspasari, J., & Lestari, P. H. (2021). The Effect of Thinking Like a Nurse Simulation as an Online Clinical Learning Method on Nursing Students’ Satisfaction and Confidence during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ners, 16(2), 111–118. https://doi.org/10.20473/JN.V16I2.25701
Franklin, A. E., Burns, P., & Lee, C. S. (2014). Psychometric testing on the NLN Student Satisfaction and Self-Confidence in Learning, Simulation Design Scale, and Educational Practices Questionnaire using a sample of pre-licensure novice nurses. Nurse Education Today, 34(10), 1298–1304. https://doi.org/10.1016/J.NEDT.2014.06.011
Missen, K., McKenna, L., & Beauchamp, A. (2016). Graduate Nurse Program Coordinators’ perspectives on graduate nurse programs in Victoria, Australia: A descriptive qualitative approach. Collegian, 23(2), 201–208. https://doi.org/10.1016/j.colegn.2015.03.004
Odachi, R., Takahashi, S., Sugawara, D., Tabata, M., Kajiwara, T., Hironishi, M., & Buyo, M. (2022). The Big Five personality traits and the fear of COVID-19 in predicting depression and anxiety among Japanese nurses caring for COVID-19 patients: A cross-sectional study in Wakayama prefecture. PloS One, 17(10), e0276803. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0276803
Porter, J. E., Barbagallo, M. S., Peck, B., Allen, L., Tanti, E., & Churchill, A. (2020). The academic experiences of transitioning to blended online and digital nursing curriculum. Nurse Education Today, 87. https://doi.org/10.1016/J.NEDT.2020.104361
Rathakrishnan, B., Singh, S. S. B., Kamaluddin, M. R., Yahaya, A., Nasir, M. A. M., Ibrahim, F., & Rahman, Z. A. (2021). Smartphone Addiction and Sleep Quality on Academic Performance of University Students: An Exploratory Research. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(16), 8291. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph18168291
Reinckens, J., Philipsen, N., & Murray, T. L. (2014). Nurse practitioner: Is online learning for you? Journal for Nurse Practitioners, 10(9), 700–705. https://doi.org/10.1016/J.NURPRA.2014.07.015
Shih, H.-F., Chen, S.-H. E., Chen, S.-C., & Wey, S.-C. (2013). The Relationship among Tertiary Level EFL Students’ Personality, Online Learning Motivation and Online Learning Satisfaction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1152–1160. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2013.10.442
Spitzer, R. L., Kroenke, K., Williams, J. B. W., & Löwe, B. (2006). A brief measure for assessing generalized anxiety disorder: the GAD-7. Archives of Internal Medicine, 166(10), 1092–1097. https://doi.org/10.1001/ARCHINTE.166.10.1092
Stuart, G. . (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing. Elsevier Mosby.
WHO. (2020). WHO Director-General’s opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. https://www.who.int/director-general/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020
Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior, 49, 130–137. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2015.02.059
Yuan, H. Bin, Williams, B. A., & Man, C. Y. (2014). Nursing students’ clinical judgment in high-fidelity simulation based learning: A quasi-experimental study. Journal of Nursing Education and Practice, 4(5). https://doi.org/10.5430/JNEP.V4N5P7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.