Faktor Predisposing yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Sekolah Lansia pada Kelompok Posyandu Lansia

Authors

  • Dwi Endah Kurniasih Universitas Respati Yogyakarta
  • Rizky Erwanto Universitas Respati Yogyakarta
  • Thomas Aquino Erjinyuare Amigo Universitas Respati Yogyakarta
  • Afrezah Afrezah Indonesia Ramah Lansia
  • Agustinus Agustinus Indonesia Ramah Lansia

Keywords:

motivasi sekolah lansia, pengetahuan, posyandu lansia, sekolah lansia

Abstract

Yogyakarta merupakan provinsi dengan persentase lansia tertinggi (13,7%). Perlu upaya untuk meningkatkan pendidikan kesehatan lansia dan salah satu melalui sekolah lansia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi peserta didik dalam mengikuti sekolah lansia pada kelompok posyandu lansia dilihat dari aspek pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan peserta didik tentang sekolah lansia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan rancangan yang digunakan yaitu Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling jumlah sampel 35 yang merupakan kelompok posyandu lansia. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji chi square. Pengambilan data dilakukan pada tanggal Januari-Februari 2020. Hasil penelitian menunjukkan sebagian responden (51,4%) memiliki pengetahuan tentang sekolah lansia yang baik, Sebagian besar responden (54,3%) tidak memperoleh dukungan yang baik dari keluarga, sebagian besar responden (57,1%) memiliki motivasi yang baik. Secara statitsik terdapat hubungan antara pengetahuan tentang sekolah lansia dengan motivasi lansia mengikuti sekolah lansia (p value 0,0001 < 0,05) dan tidak terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi lansia mengikuti sekolah lansia (p value 0,433 > 0,05). Kesimpulan ada hubungan antara pengetahuan tentang sekolah lansia dengan motivasi lansia dan tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi lansia mengikuti sekolah lansia.

References

Atu, R. L., Yudiernawati, A., & Nurmaningsari, T. (2017). Hubungan Pengetahuan dengan Motivasi Ibu dalam Meningkatkan Status Gizi pada Balita dengan Status Gizi Kurang di Wilayah Kerja Puskesmas Bareng. Nursing News, 2.

Cahyono, A. D., & Safitri, H. D. (2016). Hubungan Pengetahuan tentang Posyandu Lansia dengan Motivasi Berekunjung ke Posyandu Lansia. Jurnal AKP, 7.

Dewi, N. (2018). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi untuk Sembuh pada Pasien TB Paru di Puskesmas Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10.

Dinarohmayanti, Keintjem, F., & Losu, F. N. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Ibu Hamil Melakukan Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Kauditan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Bidan, 2.

Endah, D., & Afrezah. (2018). Dusun Ramah Lansia. Yogyakarta: Citra Sehat Production.

Erwanto, R., Kurniasih, D. E., & Amigo, T. A. (2018). Sekolah Lansia Model Pendidikan Non Formal untuk Lanjut Usia. Sleman: Yayasan Indonesia Ramah Lansia.

Hastuti, L., Wardani, N. S., & Nurmansyah, A. S. (2016). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Motivasi Lansia untuk Datang ke Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pal Tiga Pontianak. JKK, 7.

Kemenkes. (2017). Analisis Lansia di Indonesia. Jakarta Selatan: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kustantya, N., & Anwar, M. S. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Lansia. Jurnal Keperawatan, 4, 29-35.

Linasta, R. A. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA.

Nations, U. (2017). World Population Ageing 2017. New York: United Nations.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

P.Siagian, S. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyarti, I., Djarot, H. S., & Nurjanah, S. (2011). Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Manfaat ASI Eksklisif dengan Motivasi untuk memberikan ASI Eksklusif . http://jurnal.unimus.ac.id.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tamher, & Noorkasiani. (2009). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998. tentang Kesejahteraan Lanjut usia.

Willyana, M. A. (2015). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMA.

Wulandhani, S. A., Nurchayati, S., & Lestari, W. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Lansia Hipertensi dalam Memeriksa Tekanan Darahnya. JOM PSIK, 1, 1-10.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Kurniasih, D. E., Erwanto, R., Amigo, T. A. E., Afrezah, A., & Agustinus, A. (2022). Faktor Predisposing yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Sekolah Lansia pada Kelompok Posyandu Lansia . Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 307–316. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/59