Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Manajemen Precaution Disease Covid-19

Authors

  • Susi Darma Yanti Universitas Sahid
  • Ekayana Sangkasari Universitas Sahid
  • Sugiarto Sugiarto Universitas Sahid

Keywords:

COVID-19, motivasi, pengetahuan, perilaku, precaution disease

Abstract

Precaution diseases adalah upaya pencegahan penyakit/infeksi yang harus dilaksanakan di semua pelayanan kesehatan bagi pasien, petugas kesehatan dan pengunjung rumah sakit. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen precaution disease COVID-19 di Alnoor Hospital Makkah, Saudi Arabia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif corelasi menggunakan desain cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang berasal dari negara Indonesia, Filipina, India, Mesir, Saudi Arabia dan Pakistan yang ada di Alnoor Hospital Makkah, Saudi Arabia sebanyak 114 perawat. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling atau sampling jenuh (sensus) yaitu metode pengambilan sampel yang menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan terhadap implementasi manajemen precaution disease COVID-19, ada pengaruh perilaku terhadap implementasi manajemen precaution disease COVID-19, tidak ada pengaruh motivasi terhadap implementasi manajemen precaution disease COVID-19 dan perilaku merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap implementasi manajemen precaution disease COVID-19. Diharapkan bagi perawat untuk selalu mengimplementasikan manajemen precaution disease COVID-19 di rumah sakit untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 dan diharapkan bagi manajemen rumah sakit di Alnoor Hospital Makkah, Saudi Arabia untuk menyediakan fasilitas dan sarana yang memadai untuk mendukung implementasi manajemen precaution disease COVID-19 di kalangan perawat Alnoor Hospital Makkah, Saudi Arabia.

References

Aeni, W. N., Virgiani, B. N. and Mulyana, A. (2022) ‘Hubungan Motivasi dan Supervisi dengan Kepatuhan Perawat Melakukan Hand Hygiene’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), pp. 9–16.

Archika, N. D. (2020) Makalah Corona Virus Disease 2019. Medan: SMA N 3 Medan.

En, L. et al. (2020) ‘Unintended Consequences of Infection Prevention and Control Measures During COVID-19 pandemic’, American Journal of Infection Control, 49(4), pp. 469–477.

Gultom, A., Umboh, J. M. L. and Polii, B. (2016) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Kewaspadaan Universal (Universal Precaution) oleh Perawat di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam (Irina C) RSUP. PROF. Dr. R. D. Kandau Manado’, Paradigma Sehat, 4(3).

Lelonowati, D., Koeswo, M. and Rokhmad, K. (2015) ‘Faktor Penyebab Kurangnya Kinerja Surveilans Infeksi Nosokomial di RSUD Dr . Iskak Tulungagung’, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), pp. 186–194.

Madamang, I., Sjattar, E. L. and Kadar, K. (2021) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit: Literatur Review’, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(April), pp. 163–166.

Nasiri, A. et al. (2019) ‘Knowledge, Attitude, Practice, and Clinical Recommendation Toward Infection Control and Prevention Standards Among Nurses: A Systematic Review’, American Journal of Infection Control.

Notoatmodjo, S. (2014) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peter, D. et al. (2018) ‘Strategies to Promote Infection Prevention and Control in Acute Care Hospitals With The Help Of Infection Control Link Nurses: A Systematic Literature Review’, American Journal of Infection Control.

Robbins, S. P. and Judge, T. A. (2011) Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education.

Runtu, L., Haryanti, F. and Rahayujati, T. (2013) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Perawat Dalam Penerapan Universal Precautions di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado’, Jurnal Ilmiah Perawat Manado, 2(1), p. 92770.

Sitorus, A. M. S. (2018) ‘Penerapan Tindakan Precaution Oleh Tenaga Kesehatan Sebagai Upaya Memutus Rantai Infeksi di Rumah Sakit’, 5(1).

Susilo, A. et al. (2020) ‘Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini’, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), p. 45. doi: 10.7454/jpdi.v7i1.415.

WHO (2020) Coronavirus Disease 2019 (COVID 19). Indonesia: World Health Organization.

Wibowo (2020) Covid-19 Diagnosa dan Penatalaksanaan di Indonesia. Jakarata: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Wijaya, C. (2017) Perilaku Organisasi. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Yanti, S. D. ., Sangkasari, E., & Sugiarto, S. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Manajemen Precaution Disease Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 963–970. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/452