Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Booklet Berpengaruh terhadap Sikap dan Praktik Kader dalam Penyuluhan Pencegahan
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v15i3.3572Keywords:
booklet, HIV/AIDS, praktik kader, sikapAbstract
Prevalensi pengidap HIV/AIDS terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, pada tahuan 2023 prevalensi diperkirakan 39,9 juta pengidap HIV, dengan jumlah kasus baru 1,3 juta setiap tahunnya. Pemerintah menggalakkan program edukasi demi mencegah penularan HIV. Program edukasi ini agar lebih menarik minat dari peserta edukasi perlunya pengembangan media Pendidikan kesehatan. Media Pendidikan kesehatan memberikan manfaat lebih mudah dalam menyapikan pesan kesehatan, karena membuat peserta edukasi tidak bosan. Media video dianggap lebih menarik karena menampilkan suara, gambar dan tulisan bergerak. Media booklet juga media yang menarik karena menampilkan warna dan tulisan yang menarik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video dan booklet terhadap sikap dan praktik kader dalam penyuluhan pencegahan HIV/AIDS. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimen dengan pendekatan rancangan one group Pretest Post-Test Design. Populasi penelitian ini berjumlah 26 kader, mengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Instrument yang digunakan tensi meter dan lembar kuesioner sikap dengan hasil uji validitas dan relibilitas dengan hasil 0,860 dan ceklist praktik kader, dengan menggunakan uji analisis parametik yaitu uji paired t-test. Hasil: Setelah diberikan Pendidikan kesehatan dengan media video dan booklet dapat meningkatkan skpr sikap sebesar 13,26 dengan nilai p value, praktik kader dalam penyuluhan pencegahan HIV dalam meningkatkan skor sebesar 47, 03 dengan nilai p value 0,000. Kesimpulan : Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media video dan booklet terhadap penceghan HIV/AIDS.
References
Dwi Kusumawati, D., & Septiyaningsih, R. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan. Sains Indonesiana : Jurnal Ilmiah Nusantara, 1 No 3, 191–198. https://sainsindonesiana.id/index.php/sainsindonesiana/article/view/12/10
Hartiningsih, S. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual dan media booklet terhadap perilaku caregiver dalam mencegah tuberkulosis pada anggota. In Health Sciences and Pharmacy Journal: Vol. ISSN (Issue 3). Online. http://journal.stikessuryaglobal.ac.id
Hartiningsih, S. N., Timiyatun, E., Nuhayati, P., Program, N. S., Tinggi, S., Kesehatan, I., Global, S., Perjuangan, J. M., & Lor, B. (2024). The Impact Of Health Education Using Video And Booklet Media On Knowledge Of Hiv/Aids Prevention Among Health Cadres: A Pre Experimental STUDY. Indonesian Juornal Of Global Health Research, 6 No S5, 365–370. https://doi.org/10.37287/ijghr.v6iS5.4437
Indrawati, N., Aryastuti, N., Ekasari, F., & Muhani, N. (2023). Effectiveness of IEC Using Booklet and Video Media on Diarrhea Prevention Efforts on the Knowledge of Posyandu Cadres. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8873–8878. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4200
Kemenkes RI. (2023). Laporan Ekssekutif Perkembangan HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) triwulan I Tahun 2023. https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fhivaids-pimsindonesia.or.id%2Fdownload%2Ffile%2FLaporanTW_I_2023.pdf&psig=AOvVaw1bYpkOGCE4ii5GhlOKZNWZ&ust=1728847841583000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAcQr5oMahcKEwiIy5-eyomJAxUAAAAAHQAAAAAQBA
Nursalam & Ninuk. (2018). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Terinfeksi. Edisi Pertama (2nd ed.). Salemba Medika.
Pujiati, H. *. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Posyandu.
Safrudin, Sariana. E. (2022). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Pengembangan Media Promosi Kesehatan Di Wilayah Rw 6 Kelurahan Jatiwarna Safrudin, Erna Sariana Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta III.
SN Hartiningsih. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Dan Booklet terhadap Sikap Caregiver Dalam Mencegah Penularan Tuberkulosis Pada Anggota Keluarga. Jurnal Perspektif Pendidikan , 1 No 1, 85–95. Jurnal Perspektif Pendidikan P-ISSN0216-9991 Vol 12 No 1 Juni 2018 http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP
spiritia. (2016). Hidup dengan HIV-AIDS (Vol. 6866, Issue 10). https://spiritia.or.id/cdn/files/dokumen/hidup-dengan-hiv_5c34da84e3e40.pdf
Sumartini, S., & Maretha, V. (2020). Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.21130
WHO. (2023). HIV & AIDS. Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Hiv-Aids?Gad_source=1&gclid=CjwKCAjwvKi4BhABEiwAH2gcwyQ9Nx7lqfxrOcnVtRUNyGUwH2EynUPiUs3Ae0v26fR-7PmL0JyMTxoCi3UQAvD_BwE.
Zeluf-Andersson, G., Eriksson, L. E., Schönnesson, L. N., Höijer, J., Månehall, P., & Ekström, A. M. (2019). Beyond viral suppression: the quality of life of people living with HIV in Sweden. AIDS Care - Psychological and Socio-Medical Aspects of AIDS/HIV, 31(4), 403–412. https://doi.org/10.1080/09540121.2018.1545990
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.