Instalasi Sistem Informasi Manajemen Klinik - Doctor Tool di Amal Usaha Kesehatan ‘Aisyiyah sebagai Bentuk Kontribusi FKK UMJ terhadap Penguatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer

Authors

  • Oktarina Oktarina Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dayu Swasti Kharisma Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Farsida Farsida Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Pitut Aprilia Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rike Syahniar Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Salma Mardhiyana Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Septiana Cahya Nugraha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

fasilitas kesehatan tingkat primer, klinik, sistem informasi manajemen

Abstract

Sejak diterapkannya Jaminan Kesehatan Nasional, Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dituntut untuk bekerjasama dengan BPJS. Selain itu, FKTP Amal Usaha Kesehatan ‘Aisyiyah (AUKESA) perlu menunjukkan kinerjanya kepada PP ‘Aisyiyah. Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan salah satu prasarana utama dalam penyelenggaraan pelayanan untuk menunjukkan kinerja disertai bukti yang otentik, valid, dan real time. Instalasi SIM Klinik Doctor Tool dipilih karena memberikan fitur bridging dengan kebutuhan PCare-BPJS sekaligus dapat menyajikan laporan berkala untuk pemantauan performa oleh PP ‘Aisyiyah. Kegiatan ini dilakukan selama 1 tahun oleh inisiasi FKK UMJ dengan kegiatan rapat koordinasi, instalasi SIM Klinik Doctor Tool, dan pelatihan SDM. Modul Doctor Tool yang diinstalasi ini adalah pendaftaran pasien, layanan antrian, pemeriksaan awal, rekam medis dokter, depo farmasi, dan billing. Modul Rekam Medis Dokter sudah mengadopsi Problem Oriented Medical Record mencakup assesmen sesuai ICD10, ICPC2, serta mengakomodir diagnosis holistik, tindakan medis, peresepan, pemeriksaan lab, surat sehat/sakit, rujukan/rujuk balik, dan perencanaan lainnya. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh PP ’Aisyiyah adalah Dashboard yang dirancang untuk melihat performa dan utilisasi klinik. Laporan yang diterbitkan meliputi rekapitulasi peserta terdaftar, statistik kunjungan, demografi, obat, laba-rugi, dan laporan sesuai ketentuan BPJS. Manfaat yang diperoleh bagi FKTP adalah meningkatknya produktifitas, terbukanya kanal pasien baru, efisiensi waktu kerja, integrasi dengan PCare-BPJS, dan kesesuaian dengan standar akreditasi klinik. Sedangkan, manfaat yang diterima oleh PP ‘Aisyiyah adalah pemantauan performa AUKESA dan deteksi dini apabila diperlukan pendampingan teknis lebih lanjut. AUKESA yang baik dapat dimanfaatkan secara mutual bersama institusi pendidikan untuk menjadi wahana pendidikan pelayanan kesehatan tingkat primer.

 

References

Anshari, M. (2019). Redefining Electronic Health Records (EHR) and Electronic Medical Records (EMR) to Promote Patient Empowerment. IJID (International Journal on Informatics for Development), 8(1), 35. https://doi.org/10.14421/ijid.2019.08106

Bayu Aji, M. (2017). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Menejemen Rumah Sakit RSIA Bhakti Persada Magetan Menggunakan TAM. 12(April), 31–56.

Bhardwaj, A., & Kumar, V. (2021). Electronic Healthcare Records: Indian vs. International Perspective on Standards and Privacy. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology (IJSSMET), 12(2), 44-58.

Doctor Tool. (2022). https://doctortool.id/

Gatiti, P., Ndirangu, E., Mwangi, J., Mwanzu, A., & Ramadhani, T. (2021). Enhancing Healthcare Quality in Hospitals through Electronic Health Records: A Systematic Review. Journal of Health Informatics in Developing Countries, 15(2), 1.

Febriana, S. (2021). EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA RUANG PERAWATAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT TK. IV MADIUN (Doctoral dissertation, STIKES BHAKTI HUSADA MULIA).

Kusumapradja, R., Livinus, V., Adhikara, M. A., & Nugraha, U. (2021). Usefulness of Hospital Management Information System at Teaching Hospital. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 1280-1293.

Peraturan Menteri Kesehatan RO Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi, (2015).

Pimpinan Pusat ’Aisyiyah. (2022). https://aisyiyah.or.id/profile/

Soetono, G., & Oktarina. (2014). Sistem Pelayanan Kesehatan Nasional. In Sistem Otot.

Widiyanto, A., Murti, B., & Soemanto, R. B. (2018). Multilevel analysis on the Socio-Cultural, lifestyle factors, and school environment on the risk of overweight in adolescents, Karanganyar district, central Java. Journal of Epidemiology and Public Health, 3(1), 94-104.

Widiyanto, A. (2017). Hubungan Kepatuhan Minum Obat dengan Kesembuhan Pasien Tuberkulosis Paru BTA Positif di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 7-12.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Oktarina, O., Kharisma, D. S. ., Farsida, F., Aprilia, P., Syahniar, R., Mardhiyana, S. ., & Nugraha, S. C. (2022). Instalasi Sistem Informasi Manajemen Klinik - Doctor Tool di Amal Usaha Kesehatan ‘Aisyiyah sebagai Bentuk Kontribusi FKK UMJ terhadap Penguatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 449–456. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/350