Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Penurunan Kadar Gula Darah

Authors

  • Edy Bachrun Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Mega Arianti Putri Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun

Keywords:

diabetes militus, diet makanan, pendidikan kesehatan

Abstract

Pendidikan Kesehatan yang dapat merubah perilaku sehingga dapat mempengaruhi kadar gula darah, dan dapat mempengaruhi metabolism tubuh.Diabetes mellitus dapat dikatakan kelainan metabolisme, terhadap kemampuan tubuh untuk memanfaatkan glukosa, lemak dan protein terganggu karena defisiensi insulin atau resistensi insulin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadappenurunankadar gula darah. Desain penelitian menggunakan Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian one group pretest posttest. Teknik analisa data menggunakan wilcoxon signed rank test untuk mengukur kadar gula darah sebelum dan sesudah diberikanintervensi. Pada 44 responden dengan sampel yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling dan alat ukur kadar gula darah dengan menggunakan GCU. Hasil penelitian kadar gula darah sebelum dengan rerata 245,11 mg/dL, dan setelah rerata228,25 mg/dL, didapat nilai p value0,000 yang berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang diet makanan terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus Di Desa Plumpung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan.

References

Damayanti, S., Amestiasih, T., Luh, N., & Setianingsih, A. 2019. the Effectiveness of Dry Cupping Towards Blood.

Damayanti, S. 2015. Diabetes Mellitus dan Penatalaksanaan Keperawtan. Yogyakarta :NuhaMedika.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. 2018. Profil Kesehatan KabupatenMagetan.Magetan: Dinkes Kabupaten Magetan.

Efriliana., Diani, N & Setiawan, H. 2018. Karakteristik Pasien Diabetes Melitus Dengan Pengetahuan Tentang Perawatan Kaki Diabetes Melitus. Dinamika Kesehatan, 9(1), 655-668, https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.php/dksm/article/view/314/2 42.

Gresty Massi Vandri Kallo. 2018. Efektifitas Pemberian Edukasi Dengan Metode Video Dan Focus Group Discussion (Fgd) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Dm Tipe 2 Di Klinikdiabetes Kimia Farma Husada Manado. e-journal keperawatan (e-Kep), 6(1).

Kurniawan, Hendra Dwi dkk. 2015. “Hubungan Albumin Serum Awal Perawatan dengan Perbaikan Klinis Infeksi Ulkus Kaki Diabetik di Rumah Sakit di Jakarta”. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol.2, No 1

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Nakamireto. (2015). Hubungan pengetahuan diet diabetes mellitus dengan kepatuhan diet pada pasien diabetes mellitus tipe 2 di wilayah kerja puskesmas gamping II sleman. Diperoleh dari http://repository.stikesayaniyk.ac.id/596 /1/Ghannissa%20Putri%20Nakamireto_ 2_nonfull%20resize.pdf.

Price, S & Wilson, L. 2005.Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Edisi 6. Jakarta: EGC

Riskesdas 2018. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehat Republik Indonesia.

Sumarlan.2018. Edukasi Kesehatan Terhadap Kepatuhan Diet Diabetes Melitus Di Puskemas Wara Barat.Jurnal Kesehatan Luwu Raya.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Bachrun, E., & Putri, M. A. . (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Penurunan Kadar Gula Darah. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 803–808. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/239