Hubungan Status Pekerjaan Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Anak dengan Tingkat Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Cilacap

Authors

  • Diaz Febriaty Universitas Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap
  • Rusana Rusana Universitas Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap
  • Ida Ariani Universitas Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap
  • Ahmad Subandi Universitas Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap

Keywords:

kecerdasan emosional, status pekerjaan orang tua, tingkat kemandirian belajar

Abstract

Anak usia sekolah merupakan anak yang sedang berada pada periode usia pertengahan (6-12 tahun) dan masih memerlukan bimbingan orangtua. Peran orangtua sangat penting terutama dalam pendampingan anak belajar khususnya di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status pekerjaan orang tua dan kecerdasan emosional anak dengan tingkat kemandirian belajar anak usia sekolah dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di Cilacap. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan rancangan pengambilan data cross sectional, data dikumpukan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara status pekerjaan orang tua dan  kecerdasan emosional dengan tingkat kemandirian belajar anak usia sekolah dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di Cilacap (p= 0,295; p=  0,817; α= 0,05).

References

Afero, B & Adman. (2016). Peran kecerdasan emosional sebagai faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa (The role of emotional intelligence as a factor in affecting student independence learning. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215–223.

Afni, N.F.L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Malang 1. http://etheses.uin-malang.ac.id/9284/1/13130112.pdf

Ariska, E. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang [Universitas Negeri Semarang].https://lib.unnes.ac.id/23714/1/1401412275.pdf

Buana, N. P. (2018). Kemandirian Anak Usia Prasekolah Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/39606/1/SKRIPSII.pdf

Dianah, L. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan modal sosial terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Social Science Education Journal, 4(2), 13–20.

Fansen (2020). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Paud Yasporbi Kota Bengkulu skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4391/

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayati, F. N. (2019). Hubungan Kemampuan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PKN Kelas IV di SD Negeri 2 Kemling Permai Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8731

Maulina, F. (2014). Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini ditinjau dari Status Kerja Ibu di Kecamatan Reban Kabupaten Batang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22767/1/1601410009.pdf

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246

Nofianti, R. (2020). Daring Anak Usia Dini Di Msa Pandemic Covid 19 Di Tk Islam Ibnu Qoyyim. 13(2), 19–30.

Rahmawati. D., Jayadi, J. & Rahmawati, N. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 3 Sampit. 9 (1). Jurnal Paedagogie Media Pendidikan, Keilmuan dan Keagamaan. DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v9i1.157

Rizki, Q. (2019). Dampak Orang Tua Bekerja Terhadap Kemandirian Anak di Kawasan Perkebunan PTPN XII Sumberjambe Kabupaten Banyuwangi [Universitas Jember]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98201

Suardani, L. (2016). Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun dilihat dari Status Pekerjaan Ibu di Kelurahan Banyuning. 4(2).https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7765/5299

Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2),1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Febriaty, D., Rusana, R., Ariani, I., & Subandi, A. . (2022). Hubungan Status Pekerjaan Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Anak dengan Tingkat Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Cilacap. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 629–636. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/236