Hubungan Status Pekerjaan Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Anak dengan Tingkat Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Cilacap
Keywords:
kecerdasan emosional, status pekerjaan orang tua, tingkat kemandirian belajarAbstract
Anak usia sekolah merupakan anak yang sedang berada pada periode usia pertengahan (6-12 tahun) dan masih memerlukan bimbingan orangtua. Peran orangtua sangat penting terutama dalam pendampingan anak belajar khususnya di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status pekerjaan orang tua dan kecerdasan emosional anak dengan tingkat kemandirian belajar anak usia sekolah dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di Cilacap. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan rancangan pengambilan data cross sectional, data dikumpukan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara status pekerjaan orang tua dan kecerdasan emosional dengan tingkat kemandirian belajar anak usia sekolah dalam pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di Cilacap (p= 0,295; p= 0,817; α= 0,05).
References
Afero, B & Adman. (2016). Peran kecerdasan emosional sebagai faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa (The role of emotional intelligence as a factor in affecting student independence learning. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215–223.
Afni, N.F.L. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Malang 1. http://etheses.uin-malang.ac.id/9284/1/13130112.pdf
Ariska, E. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang [Universitas Negeri Semarang].https://lib.unnes.ac.id/23714/1/1401412275.pdf
Buana, N. P. (2018). Kemandirian Anak Usia Prasekolah Ditinjau dari Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/39606/1/SKRIPSII.pdf
Dianah, L. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan modal sosial terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Social Science Education Journal, 4(2), 13–20.
Fansen (2020). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Paud Yasporbi Kota Bengkulu skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4391/
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hidayati, F. N. (2019). Hubungan Kemampuan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PKN Kelas IV di SD Negeri 2 Kemling Permai Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8731
Maulina, F. (2014). Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini ditinjau dari Status Kerja Ibu di Kecamatan Reban Kabupaten Batang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/22767/1/1601410009.pdf
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Nofianti, R. (2020). Daring Anak Usia Dini Di Msa Pandemic Covid 19 Di Tk Islam Ibnu Qoyyim. 13(2), 19–30.
Rahmawati. D., Jayadi, J. & Rahmawati, N. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 3 Sampit. 9 (1). Jurnal Paedagogie Media Pendidikan, Keilmuan dan Keagamaan. DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v9i1.157
Rizki, Q. (2019). Dampak Orang Tua Bekerja Terhadap Kemandirian Anak di Kawasan Perkebunan PTPN XII Sumberjambe Kabupaten Banyuwangi [Universitas Jember]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98201
Suardani, L. (2016). Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun dilihat dari Status Pekerjaan Ibu di Kelurahan Banyuning. 4(2).https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7765/5299
Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. 5(2),1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.