Efikasi Diri Berhubungan dengan Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap

Authors

  • Afrida Afrida Universitas Megarezky Makassar
  • Rosnania Rosnania Universitas Megarezky Makassar
  • Nurnainah Nurnainah STIKES Gunung Sari Makassar

Keywords:

efikasi diri, perawat, perilaku caring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan perilaku caring perawat di ruang rawat inap RSUD Labuang Baji. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat di ruang perawatan dengan jumlah sampel sebanyak 46 perawat. Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling sesuai dengan sesuai kriteria inklusi. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan lembar observasi dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan nilai kemaknaan α (0.05). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki efikasi diri tinggi sebanyak 36 (78,3%) dan responden dengan perilaku caring tinggi 23 (50%) dan caring rendah  23 (50%). Hasil uji bivariat menunjukkan ada hubungan efikasi diri dengan perilaku caring perawat di RSUD Labuiang Baji Makaassar dengan nilai p-value (0,012).

References

Aminuddin. (2017). Hubungan Iklim Kerja Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Yunus Bengkulu

Darmini, Y., Susanti, D., & Kamaryati, P. (2017). Gambaran Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Caring Perawat Di Rumah Sakit Daerah Badung, Bali. Jurnal Keperawatan Komprehensif Vol. 3 No. 2, Juli 2017: 94-100 .

Dewi, Y. K. (2018). Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Ruang Pavilum Dan Ruang Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. 12-30.

Drama, S.M., Yulia, & Muliady. (2019). Hubungan Self efficacy Dengan Perilaku Caring Perawat Diruang Rawat Inap.Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 13(1), 40-47.

Intan, W. P., Sendy, M. A., & Muhadi. (2020). Hubungan Karakteristik Perawat dan Self-Efficacy Terhadap Kepatuhan hand Hygiene Perawat Rawat Inap di Rumah Sakit Jiwa Menur. Indonesia Journal Of Hospital Administration.

Jauharotunisa. (2018). Bab II Self- Efficacy.

Lianto. (2019). Self efficacy: A brief literature review. Jurnal Manajemen Motivasi.

Martifitriyah. (2017). Hubungan Karakteristik Petugas Kesehatan Terhadap Kepatuhan Cuci Tangan Di Rawat Inap Marwah 1 Dan Marwah 4 Rumah Sakit Umum Haji Surabaya.

Ningsih, Hilda, R., Bayhakki, & Woferst. (2018). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kepatuhan Diet Pada Penderita DM.

Rini, S., & Indasari. (2022, Maret). Analisis Perilaku Caring Tenaga Keperawatan Dalam Menerapkan Budaya Pasien Safety Risiko Jatuh Di Ruang Perawatan Bedah Rsud Prof. Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Journal of Health Research, 5 no 1, 87-90.

Saragih. (2018). Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Tingkat kepatuhan Perawat melakukan Cuci tangan Di Rumah sakit Colombia Asia medan.

Shelfy, D. M., Yulia, & Muliyadi. (2019). Hubungan Self efficacy dengan Peilaku Caring Di Rumah sakit XX. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, Vol.13 (1), 40-47.

Sugiono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Sutria, E., Ashar, M. U., & Syisnawati. (2017). Faktor Yang Berhubungan dengan Perilaku Caring Perawat. Journal Of Islamic Nursing, 83-89.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Afrida, A., Rosnania, R., & Nurnainah, N. (2022). Efikasi Diri Berhubungan dengan Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(3), 563–568. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/227