Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja

Authors

  • Muhammad Ihzario Ibrahim Akbar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • Mohammad Zainal Fatah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

Keywords:

perilaku bullying, pola asuh orang tua, peran orang tua

Abstract

Bullying adalah perilaku yang menyimpang dari kekuasaan, perilaku tersebut dilakukan oleh individu atau berklompok yang memiliki tujuan untuk menyakiti perasan seseorang yang di lakukan berulang-ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pola asuh yang otoriter dengan perilaku bullying pada remaja. Pola asuh merupakan ikatan anak dengan orang tua dalam hal pemberian kasih sayang, mengajarkan etika dalam kehidupan serta mendampingi perkembangan anak dalam hal fisik, psikis maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja. Jenis penelitian ini adalah Literature review ini menganalisis artikel yang relevan. Adapun artikel yang digunakan pada literature review ini adalah artikel yang didapatkan dengan menggunakan database Google Scholar dengan memasukkan kata kunci “pola asuh”, “Perilaku bullying” “pola asuh orang tua”, dan “peran orang tua”. Artikel yang digunakan adalah 30 artikel yang diterbitkan lima tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pola asuh orang tua yang tidak baik akan mempengaruhi perilaku remaja seperti perilaku bullying.

References

Alparizi, A. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pelaku Bullying Siswa Kelas IX Di Smpn 2 Praya Timur. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(1),1- 16.

Arisandy, W. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Konferensi Nasional (Konas) Keperawatan Kesehatan Jiwa, 4(1), 133-139.

Broll, R., & Reynolds, D. (2020). Parental Responsibility, Blameworthiness, and Bullying: Parenting Style and Adolescents’ Experiences With Traditional Bullying and Cyberbullying. Criminal Justice Policy Review.

Bun, Y., Taib, B., & Ummah, D. M. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Cahaya Paud, 2(1).

De María Sánchez Aguirre, F., Chunga, P. M.G., Vargas, I. M., Hernández, Y. C. U., Aburto, L. L. G., & Pacora, A. A. A. (2020).Parenting and bullying style in basic education students. Psychology andEducation, 57(2), 131–134.

Fauzi, rahmawati nur. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja di smp muhammadiyah 2 gamping sleman yogyakarta. Skripsi.

Febrianti, R. (2017). HUBUNGAN ANAK RETARDASI MENTAL DENGAN DEPRESI ORANG TUA (Doctoral dissertation, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang).

Georgiou, S. N., Ioannou, M., & Stavrinides,P. (2017). Parenting styles and bullying at school: The mediating role of locus of control. International Journal of School and Educational Psychology, 5(4), 226–242.

Georgiou, S. N., Ioannou, M., & Stavrinides, P. (2018). Cultural values as mediators between parenting styles and bullying behavior at school. Social Psychology of Education, 21(1), 27–50.

Gómez-Ortiz, O., Apolinario, C., Romera, E. M., & Ortega-Ruiz, R. (2019). The role of family in bullying and cyberbullying involvement: Examining a new typology of parental education management based on adolescents’ view of their parents. Social Sciences, 8(1).

Hong, J. S., Kim, D. H., deLara, E. W., Wei,H. S., Prisner, A., & Alexander, N. B. (2020).Parenting Style and Bullying and Victimization: Comparing Foreign- Born Asian, U.S.-Born Asian, and White American Adolescents. Journal of Family Violence.

Hestina, Yusmansyah, & Mayasari, S. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kecenderungan Bullying Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(6), 1–14.

Kurniati, R., Menanti, A., & Hardjo, S. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMP Negeri 2 Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 59-68.

Krisnana, I., Rachmawati, P. D., Arief, Y. S., Kurnia, I. D., Nastiti, A. A., Safitri, I. F. N., & Putri, A. T. K. (2019). Adolescent characteristics and parenting style as the determinant factors of bullying in Indonesia: A cross-sectional study. International Journal of Adolescent Medicine and Health.

Maria, I., & Novianti, R. (2016). Pengaruh Pola Asuh dan Bullying terhadap Harga Diri(Self Esteem) pada Anak Kelompok B Tk di Kota Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 6(1), 61-69.

Manalu, L. O., Patimah, S. S., & Haryono, M.S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Bullying Di SMA Al- Mas’ udiyah Cigondewah Hilir Kabupaten Bandung. JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH, 8(02), 147-153.

Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22-25.

Mota, C. P., & Pinheiro, M. (2018). Parental styles, bullying and the mediational role of psychopathological symptoms in adolescents and young adults. PSICOLOGIA, 32(2), 41–55.

Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2016). Hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan bullying di sekolah pada siswa SMP. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(1).

Ntobuo, F. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Di SMA N 1 Bolangitang.

Putri, F. R. (2018). Hubungan Pola Asuh Otoriter Terhadap Perilaku Perundungan Pada Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(2), 101-108.

Putri, W. K. (2017). Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Perilaku Bullying Di SMPN 5 Samarinda. MOTIVASI, 4(1), 31-44.

Ramadia, A., & Putri, R. K. (2019). AnalisisPola Asuh Orang Tua Terhadap Kejadian Perilaku Bullying Pada Remaja di SMK Negeri Kota Bukittinggi. MenaraIlmu, XIII(3), 1–9.

Ratnawati, D. (2020). Hubungan Fungsi Keluarga dan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMAN 5 Depok. Bali Medika Jurnal, 7(2), 234–244.

Sari, C. W. P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 76-80.

Syofiyanti, D. (2016). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Remaja. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(1).

Syukri, M. (2020). Hubungan Pola Asuh dengan Perilaku Bullying pada Remaja SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 243.

Tujuwale, A., Rottie, J., Wowiling, F., &Kairupan, R. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi PadaSiswa Kelas X di SMA Negeri 1 Amurang. Jurnal Keperawatan, 4(1).

Yanti, D. E., Pribadi, T., Putra, A. J. (2020). Tipe pola asuh orang tua yang berhubungan dengan perilaku bullying pada pelajar SMP. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(1), 155-162.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Muhammad Ihzario Ibrahim Akbar, & Mohammad Zainal Fatah. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 863–870. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/209