Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review

Authors

  • Nabila Safira Khairina Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • ‪Oedojo Soedirham‬ Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

Keywords:

anak, kepercayaan diri, orang tua, pola asuh

Abstract

Tingkat kepercayaan diri pada anak didasari dan dibentuk oleh pola asuh orang tua yang baik. Pola asuh yang baik juga akan menghindarkan anak dari masalah kesehatan mental sejak usia dini. Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi kesehatan serta pendidikan yang baik pada anak, hal ini sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan nomor 3 dan 4 yaitu kesehatan dan pendidikan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kepercayaan diri pada anak. Jenis penelitian ini adalah Literature review ini menganalisis artikel yang relevan dan berfokus pada pola asuh orang tua serta tingkat kepercayaan diri. Adapun artikel yang digunakan pada literature review ini adalah artikel yang didapatkan dengan menggunakan database Google Scholar dengan memasukkan kata kunci “pola asuh”, “kepercayaan diri”, “pola asuh orang tua”, “kepercayaan diri anak”, dan “peran orang tua”. Penelitian ini menggunakan 23 artikel yang diterbitkan pada tahun 2017-2022. Hasil dari penelitian pada 23 artikel bahwa pola asuh orang tua memiliki hubungan terhadap kepercayaan diri, sehingga bisa mengembangkan diri dengan optimal.

References

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494-505.

Asih, S. W. (2019). Pola Asuh Orang Tua Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Terpadu Amanah Sumbersari Jember. Journals of Ners Community, 10(2), 243-250.

Banstola, R. S., Ogino, T., & Inoue, S. (2020). Impact of Parents’ Knowledge about the Development of Self-Esteem in Adolescents and Their Parenting Practice on the Self-Esteem and Suicidal Behavior of Urban High School Students in Nepal. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(17), 6039.

Dashiell, J. (2018). How First-Generation Caribbean American Adults Describe Their Experience Being Raised in an Authoritarian Household (Doctoral dissertation, Capella University).

Eberly-Lewis, M. B., Vera-Hughes, M., & Coetzee, T. M. (2018). Parenting and adolescent grandiose narcissism: Mediation through independent self-construal and need for positive approval. The Journal of genetic psychology, 179(4), 207-218.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 40-47.

Fitasari, N. P. D., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404-412.

Hani, Y. P. (2021). Pola Asuh Orangtua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Tunanetra Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Disabilitas, 1(1), 38-42.

Hidayati, R., Hidayah, N., Ramli, M., Hambali, I. M., & Santoso, S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Anak Desmigratif (Desa Migra Inovatif) Pati. Buletin Konseling Inovatif, 1(1), 24-31.

Indri Amelia, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 129-133.

Jadon, P. S., & Tripathi, S. (2017). Effect of authoritarian parenting style on self esteem of the child: A systematic review. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(3), 909-913.

Kartika, A. D., Malik, L. R., & Wildan, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education (Vol. 3, p. 2020).

Larasani, N., Yeni, I., & Mayer, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak- Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368-2374.

Mohammadi, Y., Alipour Moqaddam, K., Ganjifard, M., & Kazemi, S. (2017). The Relationship of Parenting Styles, Self-confidence and Students’ Academic Achievement. Future of Medical Education Journal, 7(3), 9-13.

Novita, A. R., & Syuraini, S. (2019). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri pada Anak Menurut Orang Tua di TK. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2), 175-182.

Pangestu, C., Sujati, H., & Herwin, H. (2020). Pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa. FOUNDASIA, 11(1).

Putu Putri Dena Laksmi, Ni Wayan Suniasih, Komang Ngurah Wiyasa. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Efikasi Diri . Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2 (1) pp. 81-87.

Setiawati, N. K. A., Febianingsih, N. P. E., Cakra, S. Y., & Gentok, D. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak SD Negeri 2 AAN. Jurnal Kesehatan Medika Udayana, 3(02), 48-55.

Shaidurov, O. V., Goncharevich, N. A., Rostov Tseva, M. V., Kovalevich, I. A., Pogadaev, O. N., & Shestakov, V. N. (2019). Development of adolescents’ positive self-attitude: The influence of parenting style. Science for Education Today, 9(3), 28-41.

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N.T. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dan rasa percaya diri terhadap hasil belajar IPA kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Whittingham, K., Sanders, M. R., McKinlay, L., & Boyd, R. N. (2019). Parenting intervention combined with acceptance and commitment therapy: processes of change. Journal of Child and Family Studies, 28(6), 1673-1680.

Yuliani, F., Awalya, A., & Suminar, T. (2019). Influences of Parenting Style on Independence and Confidence Characteristics of Pre- School Children. Journal of Primary Education, 8(7), 83 - 87.

Yovita, Y. (2020). Hubungan Metode Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Dengan Perkembangan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Anak Usia 6-7 Tahun Di Anak Air Kelurahan Batipuh Panjang Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 281-292.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Nabila Safira Khairina, & ‪Oedojo Soedirham‬. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853–862. Retrieved from https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/208