Perbandingan Keluhan Muskuloskeletal Pengemudi Bus Rapid Transfer di Kota Denpasar pada Shif Pagi dan Shif Siang

Authors

  • Ni Luh Gede Aris Maytadewi Negara Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Komang Angga Prihastini Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Agus Ditha Sastrawan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v14i2.1770

Keywords:

keluhan muskuloskeletal, pengemudi bus, shift pagi dan siang

Abstract

Sistem penjadwalan kerja dengan menggunakan shift kerja berpotensi meningkatkan produktivitas juga dapat berpotensi menyebabkan keluhan kesehatan seperti kelelahan dan keluhan muskuloskeletal bagi karyawan khususnya pada karyawan yang bekerja di bidang transportasi. Tujuan: tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keluhan muksuloskeletal pengemudi Bus Rapid Transit (BRT) di kota denpasar pada shift pagi dan shift siang. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada Juni 2022 dengan jumlah responden 35 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data keluhan musculoskeletal dievaluasi menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM) Hasil: Musculoskeletal disorder (MSDs) lebih tinggi dirasakan pada pengemudi bus yang shif siang dibandingkan shif pagi, dimana rerata keluhan MSDs pengemudi bus pada shif pagi 65,40±3.63, sedangkan rerata keluhan MSDs pengemudi bus pada shif siang adalah 69,65±2.58. Penelitian ini menunjukkan MSDs lebih tinggi dialami oleh pengemudi bus pada shif siang. Kesimpulan: MSDs lebih tinggi dirasakan pengemudi bus pada shif siang dikarenakan jalur yang dilalui merupakan daerah yang sering mengalamai kemacetan pada sore hari, selain itu pengemudi bus sebelum bekerja umumnya melakukan aktivitas lain yang dapat mencetuskan keluhan MSDs

References

Abidin, M. Z. (2019). Hubungan Shift Kerja Terhadap Gejala Musculosceletal Disorders (Msds) Pada Tni Penjaga Pos Dikodim 0830 Surabaya Utara. Universitas Nadhalatul Ulama Surabaya.

Aditya, R. (2010). Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Gangguan Nyeri Punggung Bawah pada Pengemudi Bus (Studi kasus pengemudi bus di Perum DAMRI Ponorogo). Universitas Airlangga.

Akriyanto, R. (2012). Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Pemahaman Good Governanve Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris Pada Auditor di KAP Wilayah Surakarta dan Yogyakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Indonesia. (2019). Laporan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan .

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2021). Banyaknya Kecelakaan Lalu Lintas Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.

International Labour Organization. (2014). Kesehatan dan Keselamatan Kerja di tempat kerja.

Kristianti, I., & Tualeka, A. R. (2018). HUBUNGAN Safety Inspection Dan Pengetahuan Dengan Unsafe Action Di Departemen Rolling Mill. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(3).

Lal, S. K. L., & Craig, A. (2001). A critical review of the psychophysiology of driver fatigue. Biological Psychology, 55, 173–194.

Marchelia, V. (2014). Stres Kerja Ditinjau Dari Shift Kerja Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1).

Negara, N. L. G. A. M., & Suarjana, I. W. G. (2023). Evaluasi Kelelahan Subjektif Sopir Bus Rapid Transfer (BRT) di Kota Denpasar. Jurnal INTECH Universitas Serang Raya, 9(2).

Nurmianto, E. (2004). Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya.

Pastor, G., Tejero, P., Chóliz, M., & Roca, J. (2006). Rear-view mirror use, driver alertness and road type: An empirical study using EEG measures. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 9(4), 286–297. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.trf.2006.01.007

Siswanto, A. (2006). Low Back Pain. Buku Ajar. Universitas Airlangga.

Surani, S. (2011). Sleep & Safety (Salim Surani & Shyamsunder Subramanian, Eds.). Bentham E Book.

Tarwaka., Solikhul HA, Bakri, & Sudiajeng L. (2004). Ergonomi Untuk Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Produktivitas. Uniba Press.

Zang, G., Yau, K. K. W., Zhang, X., & Li, Y. (2016). Traffic accidents involving fatigue driving and their extent casualities. Accident Analysis of Prevention, 87, 34–42.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Negara, N. L. G. A. M. ., Prihastini, K. A. ., & Sastrawan, A. D. . (2023). Perbandingan Keluhan Muskuloskeletal Pengemudi Bus Rapid Transfer di Kota Denpasar pada Shif Pagi dan Shif Siang. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(2), 707–712. https://doi.org/10.32583/pskm.v14i2.1770