Analisis Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan BPJS
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v14i1.1431Keywords:
jaminan kesehatan, kualitas pelayanan, rumah sakitAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan permasalahan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah KRMT Wongsonegoro Kota Semarang, dan mengidentifikasi faktor yang mendukung dan menghambat dari pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit kepada pasien pengguna BPJS Kesehatan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan yang terdapat dalam dimensi bukti fisik (tangibles) masih perlu dilakukan perbaikan berupa penanaman pohon disekitar areal parkir, dan meminimalisir dari adanya ancaman banjir pada saat musim penghujan. Selain itu juga perlu perbaikan pada peningkatan dan penambahan Sumber Daya Manusia, khususnya di bagian farmasi. Dikarenakan pasien yang berkunjung ke RSUD KRMT Wongsonegoro selama periode 2016-2020 adalah sebanyak 932.578 orang, dimana dari 714.451 (77%) pasien tersebut adalah pengguna BPJS Kesehatan baik dari golongan PBI ataupun Non PBI. Sedangkan 218.127 (33%) lainnya adalah pasien umum. Banyaknya pasien yang ada di rumah sakit, maka hal itu menyebabkan pasien menunggu lama pada saat mereka akan mengambil obat setelah proses pemeriksaan dokter selesai dilakukan.
References
Ayu Astuti, Ade. 2022. “An Analysis of Indonesian Public Service Reform Through National Public Service Complaint Management Policy.” Journal of Public Policy and Administration 6(1). doi: 10.11648/j.jppa.20220601.12.
Ayunda, Rahmi, Nertivia Nertivia, Laode Agung Prastio, and Octa Vila. 2021. “Kebijakan Online Single Submission Sebagai E-Government Dalam Mewujudkan Good Governance Di Indonesia.” Journal of Judicial Review 23(1). doi: 10.37253/jjr.v23i1.4359.
Basith, Ziana Aubi, and Galuh Nita Prameswari. 2020. “Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas.” Higeia Journal of Public Health Research and Development 4(1).
Budiati, Ayuning. 2019. “E-Government And E-Governance: Can Its Improve Indonesian Public Service Deliveries?” Iapa Proceedings Conference. doi: 10.30589/proceedings.2018.212.
DeVault, Marjorie L., Norman Denzin, and Yvonna Lincoln. 1995. “Handbook of Qualitative Research.” Contemporary Sociology 24(3):418. doi: 10.2307/2076551.
Djunawan, Achmad. 2018. “Pengaruh Jaminan Kesehatan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Primer Di Perkotaan Indonesia: Adilkah Bagi Masyarakat Miskin?” Berita Kedokteran Masyarakat. doi: 10.22146/bkm.37474.
Hasanah, Dera Izhar. 2019. “Moral Dan Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 3(1).
Hauhnafi, Mamd. 2015. “Konsep Dasar Dan Perkembangan Teori Manajemen.” Managemen 1(1).
Ilmi, Muhammad Hafizul, Nita Pujianti, and Ayu Riana Sari. 2021. “Litertur Review: Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Di Rumah Sakit.” Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia 8(1).
KEMENKES RI. 2021. Profil Kesehatan Indonesia 2020.
Kemenkes RI Ditjen P2P. 2021. “Profil Kesehatan Indo-Nesia.” Pusdatin.Kemenkes.Go.Id Kementrian Kesehat. Republik Indones.
Laia, Otanius, Odaligoziduhu Halawa, and Palindungan Lahagu. 2022. “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Pelayanan Publik.” Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi 1(1). doi: 10.56248/jamane.v1i1.15.
Mansur, Jumria. 2021. “Implementasi Konsep Pelaksanaan Kebijakan Dalam Publik.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam 6(2). doi: 10.30829/ajei.v6i2.7713.
Maros, Hikmah, and Sarah Juniar. 2016. “Konsep Pengetahuan.” Jurnal Tingkat Pengetahuan Clarissa, 2018 1–23.
McLaren, Helen, Cassandra Star, and Ida Widianingsih. 2019. “Indonesian Women in Public Service Leadership: A Rapid Review.” Social Sciences 8(11).
Parasuraman, A. .., Ziethaml, and &. Berry, L. V. 1985. “SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Journal of Retailing 62(1):12–40.
Riska Chyntia Dewi, and Suparno Suparno. 2022. “MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK.” Jurnal Media Administrasi 7(1). doi: 10.56444/jma.v7i1.67.
Risnawan, Wawan. 2017. “Fungsi Birokrasi Dalam Efektivitas Pelayanan Publik.” Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 4(1).
Sari, Ririn Kuncaraning, and Dwini Handayani. 2020. “Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Anak Indonesia: Pengaruh Kemiskinan Dan Karakteristik Ibu.” Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 16(3). doi: 10.30597/mkmi.v16i3.9709.
Sugiono, Edi, Suryono Efendi, and Cindi Feriani Saragih. 2021. “The Influence of Leadership Style, Work Discipline, and Organization Commitment on Employee Performance: Case Study on Indonesian Public Service.” INFLUENCE : International Journal of Science Review 3(1). doi: 10.54783/influence.v3i1.125.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 1st ed. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wahyuningsih, Sri, Rachmi Yulianti, and Rethorika Berthanilla. 2021. “Effect of E-Government on Improving the Quality of Public Services in Serang Municipality.” Sawala : Jurnal Administrasi Negara 9(2). doi: 10.30656/sawala.v9i2.4035.
Wastuhana, Yudha, and Rini Werdiningsih. 2021. “Reformasi Birokrasi Era Informasi Teknologi.” Jurnal Media Administrasi 3(1).
Wihartati, Wening. 2022. Psikologi Kesehatan Berbasis Unity of Science.
Winarsih, Ratminto, and Atik Septi. 2015. “Manajemen Pelayanan.” Pustaka Belajar, Yogyakarta 4:1–20.
Yolanda, D. R. 2019. “Analisis Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Pasien BPJS Di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sultan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba Tahun 2018.” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.