Evaluasi Implementasi Kebijakan Kualitas Pelayanan Kegawatdaruratan di Instalasi Gawat Darurat
DOI:
https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1403Keywords:
instalasi gawat darurat, kebijakan gawat darurat, pelayanan kegawatdaruratanAbstract
Pelayanan Kegawatdaruratan merupakan tindakan medis yang dibutuhkan oleh pasien gawat darurat dalam waktu cito untuk menyelamatkan nyawa dan penegahan kecacatan dan perlu ditingkatkan standar pelayanan gawat darurat agar dapat memenuhi harapan masyarakat yang selalu menginginkan kualitas pelayanan yang bermutu tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi kebiajakan kualitas pelayanan kegawatdaruratan di Instalasi gawat darurat RSUD Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah kepala bidang pelayanan medik dan kepala ruangan IGD sebagai Informan kunci serta bagian humas, dokter dan perawat IGD sebagai informan biasa (pendukung). Penelitian menunjukkan bahwa tata letak hubungan ruang dan kebutuhan ruang masih belum sesuai dengan kebijakan yang berlaku ditandai belum adanya ruang radiologi, ruang tindakan operasi dan ruang farmasi khusus di IGD, serta standar tenaga kesehatan masih terdapat sebagian perawat di IGD yang belum memiliki seertiikasi khusus. Sarana dan prasarana pelayanan yang telah disediakann di IGD telah sesuai dengan kebijakan yang berlaku didukung dengan adanya ketersediaan fasilitas penunjang yang memadai. Implementasi kebijakan pelayanan kegawatdaruratan dalam tata letak hubumgan ruang, kebutuhan ruang, sumber daya manusia dan sarana prasarana di IGD RSUD Kota Makassar secara garis besar telah sesuai dengan kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan.
References
Abdul, H., Rottie, J., & Karundeng, M. Y. (2016). Analisis Perbedaan Response Time Perawat Terhadap Pelayanan Gawat Darurat Di Unit Gawat Darurat Di Rsu Gmim Pancaran Kasih Dan Di Rsu Tk.Iii Robert Wolter Monginsidi Kota Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 4(2)., 1, 1–476.
Arisjulyanto, D., & Hikmatushaliha, B. T. (2018). Home Visiting dan Layanan Antar Jemput ke Rumah Sakit Lapangan untuk Korban Gempa : Usulan Dalam Pengembangan Rumah Sakit Lapangan. Berita Kedokteran Masyarakat, 51(2), 7504.
Arisjulyanto, D., Ikhtiar, R. W., Hendry, Z., Hidayat, R., & Puspita, N. I. (2022). Hubungan Budaya Kerja Dengan Kelengkapan Data Pelayanan Pasien pada Simkes Puskesmas Wajageseng. Jurnal Sains & Kesehatan Terapan, 1(1), 1–6.
Astuti, S. W., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2017). Analisis Proses Perencanaan Dan Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gawat Darurat Di Rsud Dr. R. Soetijono Blora. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 137–144.
Bahari, Z. K., Suwaryo, P. A. W., & Setyaningsih, E. (2019). Penerapan ESI (Emergency Severity Index) terhadap Response Time Pasien di IGD PKU Muhammadiyah Gombong. The 10th University Research Qolloquium: Peran Muhammadiyah Dalam Riset Sains Dan Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Ketercapaian SDG’s, 307–319. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/623/608
Ernawati, Y. (2016). Perancangan Ulang Tata Letak Gedung RSUD dr. Soeroto Ngawi dengan Menggunakan Pendekatan Systematic Layout Planning (SLP) Jawa Timur.
Gobel, Y., Wahidin, W., & Muttaqin, M. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara, 24(3), 177–188. https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.420
Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Gosyen Publishing. Yogyakarta. Gosyen Publishing, 6(2), 2016.
Indriono, A. (2018). Implementasi Kepmenkes Ri No. 856/Menkes/Sk/Ix/2009 Tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Di Rsud Bendan Kota Pekalongan. Unika Soegijapranata Semarang.
Indriono, A. (2020). Implementasi Standar Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Minimal Kesehatan di Kota Pekalongan. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum, 19(1), 72–81. https://doi.org/10.31941/pj.v19i1.1136
Karokaro, T. M., Hayati, K., Sitepu, S. D. E. U., & Sitepu, A. L. (2020). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tanggap (Response Time) Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Grandmed. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(2), 172–180. https://doi.org/10.35451/jkf.v2i2.356
Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2022.
Lestari, E., & Amaliyah, E. (2019). Persepsi Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan di Instalansi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Serang. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1), 9–13.
Makisurat, J. G., Sarwo, Y. B., & Wibowo, D. B. (2018). Pelaksanaan Pelayanan Gawat Darurat Bagi Peserta Bpjs Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Aji Putri Botung Ditinjau Dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 856/Menkes/Sk/Ix/2009 Tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit. Soepra, 4(1), 112. https://doi.org/10.24167/shk.v4i1.1472
Meilando, R. (2020). Analisa Kemampuan Perawat dalam Mengklasifikasi Pasien Cedera Kepala Berdasarkan Nilai Glasgow Coma Scale (GCS). Citra Delima : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.33862/citradelima.v4i1.107
Nursanti, D. M. Y., & Dinaryanti, R. S. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Triage Dengan Pelaksanaan Respon Time Perawat Dalam Pelaksanaan Triage Di Igd Rumah Sakit Dr Suyoto. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(1), 193–199. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i1.979
Raffa, R., Anggreini, Y. D., & Amaliyah, N. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support) Dengan Penanganan Primary Survey Di IGD RSU “X” Provinsi Kalimantan Barat. Khatulistiwa Nursing Journal, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.53399/knj.v2i1.40
Ramli, R. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Unit Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Makassar. Politeknik STIA LAN Makassar.
Sahrawati. (2022). Penerapan Pelayanan Emergency Saverity Index Di Igd Rsud H.Padjonga Dg.Ngalle Kabupaten Takalar. UNISMUH.
Surtiningsih, D., Cipto, S., & Hamid, M. A. (2016). Penerapan Response Time Perawat Dalam Pelaksanaan Penentuan Prioritas Penanganan Kegawatdaruratan Pada Pasien Kecelakaan Di Igd Rsd Balung. The Indonesian Journal of Health Science, 6(2), 124–132.
Vermasari, A., Masrul, M., & Yetti, H. (2019). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal (Spm) Di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rsu Mayjen Ha Thalib Kabupaten Kerinci. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 275. https://doi.org/10.25077/jka.v8i2.1002
Virgo, G. (2018). Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (Igd) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rsud Bangkinang Tahun 2018. Jurnal Ners, 2(1), 72–85. https://doi.org/10.31004/jn.v2i1.712.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.