Perbedaan Projected Motion dan Projected Still Media terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Non-Kesehatan tentang CPR

Authors

  • Nurshiva Firdasari Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Bagus Rahmat Santoso Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Eirene E.M Gaghauna Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1402

Keywords:

cpr, pengetahuan, projected motion media, projected still media

Abstract

Pemberian simulasi CPR kepada orang awam sangat penting dan bermanfaat untuk membantu korban henti jantung karena melakuan CPR dengan benar memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup korban henti menjadi lebih baik. Masyarakat awam yang menemukan korban perlu mengetahui tindakan CPR terlebih dahulu. Pengetahuan seseorang sangat berpengaruh oleh model pembelajaran yang berasal dari menerima informasi informasi tentang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan bermakna antara media pembelajaran projected motion dengan projected still media terhadap tingkat pengetahuan tentang CPR. Penelitian ini merupakan pre-experimental designs dengan rancangan intact-group comparison. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi 15 orang kelompok kontrol dan 15 orang kelompok perlakuan, yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling kuota. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji t tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan CPR dengan pemanfaatan media projected motion dan projected still mahasiswa non-kesehatan Fakultas Humaniora dan Saintek tentang CPR. Hasil uji t tidak berpasangan didapatkan p-value 0,922 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kedua metode belajar ini.

References

Andersen, L. W., Holmberg, M. J., Berg, K. M., Donnino, M. W., & Granfeldt, A. (2019). In-Hospital Cardiac Arrest: A Review. JAMA, 321(12), 1200–1210. https://doi.org/10.1001/jama.2019.1696

Aprilliani, F. N., Utomo, A. P. Y., Rahmawati, W., & Malikha. (2023). Penerapan Media Shorby dalam Teks Artikel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA 1 Semarang. Jupendis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 31–44.

Batubara, A. K. (2011). Diktat Media Komunikasi. In Diktat Media Komunikasi. Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Capilupi, M. J., Kerath, S. M., & Becker, L. B. (2020). Vagus Nerve Stimulation and the Cardiovascular System. Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine, 10(2). https://doi.org/10.1101/cshperspect.a034173

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 95–107.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint Dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., … Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (Pertama). Tahta Media Group.

Irianti, D. N., Irianto, M. G., & Jausal, A. N. (2018). Henti Jantung Intra Operatif. Majority, 7(3), 217–221.

Khairunnisa, Sofia, R., & Magfirah, S. (2021). Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19Pada Masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 7(1), 53. https://doi.org/10.29103/averrous.v7i1.4395

Kurniayanti, M. A. (2012). Peran Tenaga Kesehatan dalam Penanganan Manajemen Bencana. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MEDIA HUSADA, 1(1), 85–92.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Nurmalia, I., Rahman, F., Nugroho, A., Neka, E., Nur, L., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Keseahtan (I). Surabaya: Airlangga University Press.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(1), 171–187.

Oktarina, Y., & Nurhusna. (2019). Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan Henti Jantung Bagi Kader Dan Masyarakat. Medic, 2(1).

Parish, D. C., Goyal, H., & Dane, F. C. (2018). Mechanism of death: there’s more to it than sudden cardiac arrest. Journal of Thoracic Disease, 10(5), 3081–3087. https://doi.org/10.21037/jtd.2018.04.113

Paryanta, & Henoch. (2019). Projected Motion sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Anak Usia Dini. Go Infotech: Jurnal Ilmiah Stmik Aub, 25(2), 167–176. https://doi.org/10.36309 /goi.v25i2.114

Pawiliyah, Fernalia, & Aprioni, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Tentang Bantuan Hidup Dasar Pada Tim Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Bengkulu. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 947–953. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.5123

Pratiwi, L. (2018). Media Video: Solusi Pembelajaran Ips Bagi Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” (pp. 337–350).

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rahmah, S., & Khojir. (2021). Hakekat Teori Pengetahuan dan Kebenaran dalam Konteks Pendidikan Islam. Cross-Border: Journal of International Border Studies, 4(2), 685–708.

Setyawan, A. (2018). Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Projected Motionmedia Dan Pembelajaran Menggunakan Projected Still Media Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bolavoli. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (pp. 1–6).

Sidabutar, Y. A., & Manihuruk, L. M. E. (2022). Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1923–1928. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2385

Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. In The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang (pp. 305–314). Magelang: URECOL.

ULIN News. (2022). Sindroma Brugada Salah Satu Penyebab Kematian Dini Karena Penyakit Jantung. Media Informasi RSUD Ulin Banjarmasin.

Wagner, P., Schloesser, S., Braun, J., Arntz, H.-R., & Breckwoldt, J. (2020). In out-of-hospital cardiac arrest, is the positioning of victims by bystanders adequate for CPR? A cohort study. BMJ Open, 10(9), e037676. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2020-037676

Wahyuningsih, I., Rifa’i, V. A., Herlianita, R., & Pratiwi, I. D. (2022). Pengaruh Metode Self Direct Video dan Simulasi Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Resusitasi Jantung Paru ( RJP ) pada Relawan. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(1), 155–170.

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Firdasari, N. ., Santoso, B. R. ., & Gaghauna, E. E. . (2023). Perbedaan Projected Motion dan Projected Still Media terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Non-Kesehatan tentang CPR. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1601–1608. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1402